Cara Instalasi AC Split Di Rumah Dengan Mudah Dan Aman

Cara Instalasi AC Split Di Rumah Dengan Mudah Dan AmanCara Instalasi AC Split – Sebagai orang awam yang baru membeli ac split untuk rumah anda. Anda pasti bingung bagaimana cara pemasangan atau instalasi ac split ini?

Karena tidak tahu cara instalasi ac split ini akhirnya anda pun harus menelpon tukang atau anda terlebih dahulu mengatakan kepada pemilik toko agar teknisinya bisa sekaligus memasangkan ac anda setelah tiba dirumah.

Namun sebenarnya bila anda tahu cara instalasi ac split tersebut berdasarkan pengalaman anda sebagai tukang. Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Karena ini bukan seperti instalasi ac central yang membutuhkan banyak orang dan bagian – bagian berukuran besar yang sulit di kerjakan sendirian. Anda bisa measang ac ini sendiri.

Pertama – tama anda harus menentukan posisi di mana ac split akan di pasang. Setelah itu anda harus menyiapkan alat dan perkakas yang dibutuhkan untuk pemasangan ac ini antara lain:

  • Gergaji pendorong atau gergaji lubang
  • Selotip listrik
  • 2 kunci pas
  • Pengikat kabel
  • Pompa vakum
  • Waterpas
  • Bor dengan mata bor
  • Jangkar plastic
  • Sekrup
  • Penutup dan selotip isolasi
  • Pengikat
  • Busa puliuretan mengembang

Setelah menentukan posisi ac split yg cocok, buka dus yg berisi indoor unit yg didalamnya terdapat indoor unit, bracket indoor, kabel power supply untuk ke outdoor unit dan remote control.

AC indoor sebaiknya pilih tempat yang berbalikan dengan luar ruangan.  Hindari juga cahaya matahari langsung dan sumber panas karena hal ini akan mengganggu sistem kerja AC. Unit Indoor AC membutuhkan 15 cm ruang terbuka mengelilingi bagian atas dan sisi-sisinya.

Untuk AC Indoor atau yang berada di dalam ruangan harus ditempelkan minimal 2,13 m di atas tanah. Lalu, pasang AC dekat sumber listrik maksimal 2 meter dari AC. Permukaan dinding harus yang halus serta harus cukup kuat untuk menahan berat unit AC. Tambahkan bingkai dari besi atau minimal kayu untuk tambahan agar kedudukannya lebih kuat.

Kemudian, gunakan waterpas untuk memastikan bingkai berbentuk kotak secara horizontal dan vertikal. Lalu, bor ke dalam dinding pada titik yang pas untuk memasang lempengan di dinding. Dan yang terakhir, masukkan jangkar plastik ke dalam lubang. Kencangkan lempengan pada dinding dengan sekrup.

Setelah terpasanga langkah selanjutnya adalah membuat lubang untuk pipa saluran pembuang. Untuk melakukannya, pertama, temukan titik untuk lubang pipa pembuangan air. Pertimbangkan juga panjang pipa dan jarak yang AC Outdoor. Hal ini agar pas antara pipa dengan jarak ac indoor dan outdoor.

Serta untuk menghindari kebocoran usahakan barang elektronik lainnya tidak anda letakkan di sepanjang jalur pipa tersebut untuk menghindari terjadinya korsleting kalau-kalau pipa bocor dan menetes ke mana – mana. Karena jika terjadi akan menyebabkan kebakaran.

Kemudian, bor dinding dengan diameter 7.5 cm. Lubang seharusnya melandai turun menuju AC outdoor untuk memastikan drainase yang cukup. Sisanya, Anda hanya perlu memasukkan pinggiran pipa ke dalam lubang. Dan persiapkan hal lainnya seperti pipa.

Setelah semuanya terpasang, selanjutnya Anda hanya perlu menghubungkan pipa, memilih tempat untuk memasang unit indoor, menyambungkan listrik, dan mengeluarkan udara dan kelembaban dari sirkuit pendingin. Demikianlah Cara Instalasi AC Split dengan benar dan aman di rumah Anda.

Silahkan baca artikel berikut kami berikut tentang tips merawat ac sendiri  jika anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai perawatan ac dan service ac split duct dan yang lainnya.

admin

Write a Reply or Comment