September 20 2017 0Comment
CHILLER

CHILLER

Instalasi AC Central mencakup banyak bagian salah satunya pada unit pendingin atau chiller yang menganut system kompresi uap, komponennya terdiri dari kompresor, kondensor, alat ekspansi dan evaporator. Pada chiller biasanya tipe kondensornya adalah water-cooled condenser. Air untuk mendinginkan kondensor dialirkan melalui pipa yang kemudian outputnya didinginkan kembali secara evaporative cooling pada cooling tower.

Pada komponen evaporator, jika sistemnya indirect cooling maka fluida yang didinginkan tidak langsung udara melainkan air yang dialirkan melalui system pemipaan. Air yang mengalami pendinginan pada evaporator dialirkan menuju system penanganan udara (AHU) menuju koil pendingin.

Sistem chiller yang dapat dikategorikan sebagai water cooled chiller dan air cooled chiller adalah sistem refrigrasi yang digunakan untuk mendinginkan cairan atau dehumidify udara baik untuk keperluan air conditioning maupun industri. Sistem yang berskala besar ini cocok untuk dipublikasikan ke ruangan fasilitas yang berukuran besar atau proses-proses pendinginan pada mesin-mesin pabrik.

Fungsi Chiller dalam sistem tata udara adalah mendinginkan media air, dimana air disinggungkan pada bagian evaporator chiller. Air kemudian dialirkan ke AHU (Air Handling Unit) untuk diambil dinginnya dan dihembuskan ke ruangan.

admin

Write a Reply or Comment