May 27 2019 0Comment

Definisi PK Dalam AC yang Harus Anda Ketahui

Kontraktorhvac.com – Air conditioner atau yang biasa disebut AC oleh orang-orang adalah sebuah teknologi yang mampu mendinginkan ruangan. Teknologi layaknya AC ini amat sesuai sekali terkecuali digunakan di negara tropis layaknya Indonesia. Produsen AC banyak berasal berasal dari luar negeri layaknya Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Merek AC yang terkenal terhitung tersedia banyak layaknya Panasonic, Daikin, Carrier, dan lain sebagainya. Saat membeli AC, akan tersedia banyak sekali pertimbangan seperti, merek ac, fitur yang diberikan, kehematan daya, hingga PK. Apa itu PK?

Mungkin Anda udah mendengar istilah ini dan sadar sedikit berkenaan konsepnya hingga Anda mampu menjelaskan terkecuali ruangan ini tidak sesuai bersama dengan PK sekian namun, tidak banyak sadar arti sebenarnya berasal dari PK dan bagaimana cara menghitung PK yang benar.

Apa Arti Kata PK Dalam Air Conditioner?

Arti Istilah PK

PK adalah kata berasal dari singkatan Paard Kracht yang di dalam Bahasa Inggris berarti Horse Power atau tenaga kuda di dalam Bahasa Indonesia. Secara luas, PK berarti kekuatan yang dihasilkan oleh pendingin ruangan tersebut untuk mampu mendinginkan ruangan. Karena itu, banyak orang menjelaskan “Ruangannya tidak dingin, tentu AC ini hanya 1 PK” yang berarti AC tersebut tidak miliki lumayan tenaga untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Ukuran PK

Dalam 1 PK, umumnya akan memakan kekuatan sebesar 750 watt dan 1 PK mirip bersama dengan 0,986 Horse Power. Ukuran PK di dalam AC tersedia banyak, pada lain ½ PK atau setara bersama dengan 5 ribu BTU/h, ¾ PK yang mirip bersama dengan 7 ribu BTU/h, 1 PK yang kurang lebih 9 ribu BTU/h, 1½ PK yang setara bersama dengan 12 ribu BTU/h, dan 2 PK yang nyaris mirip bersama dengan 18 ribu BTU/h. Lalu apa itu BTU?

Arti BTU

BTU adalah singkatan berasal dari British Termal Unit yang menyatakan satuan sebagai kesejukan hawa yang dihasilkan berasal dari suatu AC sedang BTU/h berarti British Termal Unit per Hour atau kesejukan yang dihasilkan AC di dalam satu jam. Hasil BTU per jam mampu diamati berasal dari ukuran PK layaknya yang udah dijelaskan di atas. Batas maksimal BTU yang dimiliki oleh AC adalah sebesar 18 ribu BTU/h bersama dengan 2 PK.

Rumus Menghitung PK Dengan Benar

Menentukan PK AC untuk sebuah ruangan tidak mampu asal saja. Ada perhitungan yang kudu Anda lakukan agar mendapatkan kekuatan sejuk yang sesuai untuk ruangan yang idamkan Anda pasangkan AC. Rumusnya sangatlah ringan di mana Anda hanya kudu menghitung nilai BTU saja.

Lalu, Bagaimana rumus menghitung BTU tersebut? Berikut adalah rumusnya:

BTU = luas ruangan x 500

Contoh, luas ruangan Anda adalah 5 x 4 meter. Maka perhitungannya adalah:

BTU = p x l x 500 = 5 x 4 x 500 = 10.000 BTU

Dari hasil tersebut, coba Anda memandang daftar PK di atas, maka Anda akan memandang bahwa nilai 10.000 BTU mendekati 1 PK yang berarti masih amat mungkin untuk menempatkan AC bersama dengan 1 PK di sebuah ruangan 5 x 4m.

Mengenal istilah PK dan menghitung PK untuk ruangan yang akan menduduki sebenarnya tidak ringan dikarenakan Anda kudu sedikit mengukur ruangan tersebut namun, Anda mampu berkonsultasi bersama dengan CV Astro yang menjajakan bermacam jenis pendingin ruangan bersama dengan merek terkenal dan berkualitas. Selain itu, CV Astro terhitung banyak sedia kan jasa pemasangan AC, perbaikan AC, hingga pencucian AC.

Untuk survey lokasi dan konsultasi, silahkan hubungi kami dinomor Hp. 081365778899 & nomor telepon 06180088677 
PT. Mechtron Mastevi Indonesia
Jakarta : Greenlake City Rukan CBD Blok M23
Medan : Jl. Krakatau Simp Jl. Mandor No.28
Banda Aceh : Jl. T Hasan Dek, Batoh

admin

Write a Reply or Comment