June 10 2019 0Comment

Freon AC Anda Cepat Habis? Coba Selidiki, Mungkin Ini Penyebabnya

Kontraktorhvac.com – Air conditioner atau AC merupakan keliru satu benda elektronik yang keberadaannya dinilai cukup penting lebih-lebih didalam menyingkirkan cuaca panas dari didalam ruangan. Karena itu, banyak orang yang memasang AC ini di didalam daerah tinggalnya supaya udaranya menjadi lebih sejuk. Namun, seperti benda elektronik yang lainnya, AC ini pun kerap mengalami masalah.

Salah satu persoalan yang kerap nampak ialah freonnya yang lekas habis. Freon ini adalah bahan pendingin yang utama di didalam AC. Jika Freon selanjutnya habis atau kurang, pastinya AC tidak akan mampu membuahkan sensasi dingin seperti yang diharapkan. Dalam keadaan normal, Freon membutuhkan beberapa waktu hingga harus diisi lagi. Tapi bagaimana jika Freon baru saja diisi dan tidak lama setelahnya habis?

Tentu ini akan mengakibatkan pemborosan. Karenanya, Anda harus laksanakan semacam penyelidikan kecil untuk menyadari kenapa kok hal selanjutnya mampu terjadi. Namun biasanya yang menjadi penyebab Freon AC ini lekas habis adalah sebagai berikut.

Penyebab Freon AC Lekas Habis

Terjadinya Kebocoran pada Pipa AC

Kemungkinan penyebab yang pertama ialah terjadinya kebocoran pada pipa AC. Walaupun sesungguhnya pipa AC Anda tidak membawa sambungan, harus diketahui bahwasanya pipa selanjutnya juga mampu mengalami kebocoran lebih-lebih jika kondisinya sesungguhnya sudah tidak layak untuk dipakai. Tanda yang kerap nampak waktu pipa selanjutnya mengalami kebocoran diantaranya adalah ada rembesan oli dan bercak hitam.

Jika sesungguhnya hal ini yang terjadi, sebaiknya Anda tidak mengambil langkah penyambungan atau mengelas pipa selanjutnya karena hal ini mampu mengakibatkan pipa menjadi lekas bocor kembali. Sebaiknya Anda manfaatkan pipa AC yang tebal dan sesuai bersama dengan PK AC selanjutnya supaya kebocoran tidak terjadi lagi.

Kondensor Pipa Unit Outdoor Mengalami Kebocoran

Kemungkinan penyebab yang kedua ialah kondensor pipa yang unit outdoor mengalami kebocoran. Hal ini kerap sekali terjadi akibat usia, di mana AC yang usianya sudah lama anggota kondensor pipa selanjutnya akan berkarat dan keropos supaya berujung pada kebocoran. Diantara ciri-cirinya ialah tampak seperti ada minyak nampak seperti oli. Nah, jika ini yang terjadi, Anda diperbolehkan untuk mengelas titik bocor tersebut.

Kebocoran yang Terjadi pada Evaporator Unit Indoor

Sama seperti kondensor pipa yang sebelumnya, kebocoran yang terjadi pada evaporator unit indoor ini mampu diakibatkan oleh usia. Apabila usianya sesungguhnya sudah tua, tidak heran juga jika evaporator menjadi berkarat dan selanjutnya bocor. Cara menanganinya juga mirip seperti kondensor pipa yang bocor, yaitu bersama dengan laksanakan pengelasan pada titik yang bocor tersebut.

Kondisi Sambungan Pipa yang Kurang Rapat

Kemungkinan penyebab Freon AC lekas habis yang seterusnya ialah keadaan sambungan pipa yang kurang rapat. Seperti yang Anda menyadari bahwasanya pada pipa instalasi AC ada sambungan yang menjadi penghubung pada unit outdoor atau indoor.

Sementara itu, wujud Freon itu sendiri adalah gas, mirip seperti udara. Sehingga jika didalam proses penyambungan pipa dilakukan secara teledor dan tidak rapat, maka ini mampu mengakibatkan Freon menjadi nampak dan lekas habis.

Jika sambungan pipa sesungguhnya agak longgar, Anda mampu mengatasinya bersama dengan mengencangkan sambungan tersebut. Tetapi jika pipa selanjutnya hingga pecah, maka menyadari Anda harus menggantinya bersama dengan pipa yang baru.

Untuk survey lokasi dan konsultasi, silahkan hubungi kami dinomor Hp. 081365778899 & nomor telepon 06180088677 
PT. Mechtron Mastevi Indonesia
Jakarta : Greenlake City Rukan CBD Blok M23
Medan : Jl. Krakatau Simp Jl. Mandor No.28
Banda Aceh : Jl. T Hasan Dek, Batoh

admin

Write a Reply or Comment