May 21 2018 0Comment
Jasa Pembuatan dan Pemasangan Instalasi Ducting AC

Jasa Pembuatan dan Pemasangan Instalasi Ducting AC

Instalasi HVAC – Sistem ducting adalah salah satu yang paling penting untuk pengaturan suhu pada sebuah ruangan. Namun banyak yang tidak mengerti dengan sistem ducting itu sendiri. Apakah maksud sistem ducting AC? Ducting untuk AC biasanya dipakai untuk instalasi AC central atau AC Split Duct. Pada intinya sistem ini menghisap udara di dalam ruang untuk dibuang ke luar. Kemudian sekaligus menarik udara segar di luar ke dalam ruangan pada saat yang bersamaan.

Instalasi AC Central mencakup banyak bagian salah satunya pada unit pendingin atau chiller yang menganut sistem kompresi uap. Kontraktorhvac.com memberi layanan jasa pembuatan dan pemasangan instalasi ducting AC dengan komponennya terdiri dari kondensor, kompresor, alat ekspansi, dan evaporator. Apa saja layanan yang ditawarkan Kontraktorhvac.com? Berikut ini adalah daftar berikut dengan uraiannya.

Produk Kontraktorhvac.com, Jasa Pembuatan dan Pemasangan Instalasi Ducting AC

Sistem Chiller

Ada dua macam kategori sistem chiller pada Kontraktorhvac.com yaitu water cooled chiller dan air cooled chiller. Chiller itu sendiri adalah sistem refrigrasi yang digunakan untuk mendinginkan cairan atau dehumidify udara baik untuk keperluan air conditioning maupun industri. Sistem yang berskala besar ini cocok untuk dipublikasikan ke ruangan fasilitas yang berukuran besar atau proses-proses pendinginan pada mesin-mesin pabrik.

Fungsi Chiller dalam sistem tata udara adalah mendinginkan media air. Dinginnya air itu dialirkan ke AHU (Air Handling Unit) dihembuskan ke ruangan. Pada chiller biasanya tipe kondensor nya adalah water-cooled condenser. Air untuk mendinginkan kondensor dialirkan melalui pipa yang kemudian output nya di dinginkan kembali secara evaporative cooling pada cooling tower. Tidak jarang Kontraktorhvac.com memasang sekitar 18 unit AHU dan beberapa unit FCU untuk memberikan pendinginan ke dalam gedung.

Sistem Cooling Tower

Kontraktorhvac.com memasang cooling tower yang berfungsi untuk mendinginkan air yang dipakai pendinginan condenser chiller. Cara yang dipakai Kontraktorhvac.com adalah dengan blower yang suhunya lebih rendah. Kemudian air panas pada chiller dilewati pada filamen di dalam cooling tower yang dihembuskan oleh udara sekitar.

VRV / VRF Air Conditioning

Kontraktorhvac.com juga menggunakan teknologi pengaturan kapasitas AC yakni VRV (Variable Refrigent Volume) atau VRF (Variable Refrigerant Flow) yang memiliki beberapa unit indoor dalam satu kesatuan sirkuit. Dengan sistem inverter AC VRV/VRF memiliki kemampuan untuk mencegah pendinginan yang berlebih pada suatu ruangan sehingga dapat menghemat listrik.

System AC VRV pada Kontraktorhvac.com selain berguna untuk menghemat listrik juga memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan hemat tempat karena dapat menggunakan satu Unit Outdoor untuk men supply beberapa unit indoor. Kontraktorhvac.com juga dapat mengatur temperatur AC dan jadwal yang diinginkan secara terkomputerisasi. Sistem VRV/VRF cocok untuk proyek-proyek residential dan commercial berskala besar yang mengutamakan efisiensi dan estetis.

Fan Coil Units

Produk room air conditioners Kontraktorhvac.com ini menggunakan chilled water sebagai pengganti refrigeran pada indoor unit. Chilled water mengalir dalam pipa cooling coil (afinned heat exchanger). Blower udara yang terpasang akan menghisap udara ruang melewati heat exchanger sehingga udara dingin akan mengalir keruangan yang dikondisikan. Unit ini juga mempunyai tipe floor or ceiling mounted.

Fan coil units dapat berfungsi sebagai small air handling units yang diletakkan di ruangan. Unit ini juga dapat difungsikan sebagai pendingin maupun pemanas ruangan. Temperatur ruang dapat di kontrol dengan low, medium and high fan speeds and aliran air dingin diatur melalui two-port or three-port motorised valve.

Exhaust Duct

Instalasi ducting Kontraktorhvac.com lainnya adalah Exhaust Duct. Sistem ini mengisap udara di dalam ruang untuk dibuang ke luar, dan sekaligus menarik udara segar di luar ke dalam ruangan di waktu bersamaan. Hasilnya pertukaran udara akan berjalan dengan baik. Volume udara yang akan disirkulasikan pada ruang juga dapat diatur dengan sistem exhaust duct yang disediakan Kontraktorhvac.com. Pendingin bertipe besar seperti instalasi AC Central, Chiller serta pendingin besar lainnya biasanya menggunakan sistem ducting ini.

Biasanya, sistem ini dipergunakan pada gedung besar yang sudah memiliki sistem AC pusat dan juga yang masih belum diinstal sistem pengaturan suhu yang ada pada setiap ruangan. Mall dan perkantoran adalah tempat yang paling banyak menggunakan sistem tersebut. Sistem AC Air Conditioner ini menjadi pusat dari pengontrolan pada suhu yang diminati untuk ruangan dimana produk tersebut diinstal.

Air Curtain

Kontraktorhvac.com juga memberi pilihan lain untuk layanan instalasi ducting gedung perkantoran maupun mall yakni Ait Curtain. Air door atau air curtain biasanya dipasang pada pintu keluar masuk mall. Perangkat ini digunakan untuk memisahkan dua ruang dari satu sama lain.  Cara kerjanya adalah dengan mengembuskan udara dingin dengan tekanan cukup tinggi dari air curtain hingga menyentuh lantai. Sehingga mencegah serangga masuk ke dalam gedung dan menimbulkan turbulensi udara yang cukup besar.

Outdoor McQuay

Satu lagi layanan Kontraktorhvac.com yaitu Outdoor McQuay. Condensing Unit ini terdiri dari dua komponen penting, yaitu compressor AC dan kondensor AC. Pada compressor AC terdapat pompa yang memampatkan gas tersebut menjadi gas bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi dan mengisap gas refrigerant yang bertekanan rendah.

Untuk pengadaan Air Handling Unit, Chiller Cooling System, Cooling Tower dan perbaikannya, silakan gunakan jasa Kontraktorhvac.com. Langsung saja klik kontraktorhvac.com dan temukan jasa pembuatan dan pemasangan instalasi ducting AC dengan tenaga profesional dan standar internasional.  Untuk diskusi dan informasi lebih lanjut silakan kontak konsultan kami.

admin

Write a Reply or Comment