Sistem Kerja AC Sentral

Jika kalian mengunjungi mall ataupun gedung-gedung perkantoran, disana kita dapat merasakan hawa dingin dari ruangan tersebut akan tetapi kita tidak melihat alat pendingin yang terpasang di sekitarnya. Dan apabila kita perhatikan di langit-langit ruangan tersebut terdapat lubang udara / diffuser yang menyemburkan udara dingin. Sistem udara yang kita lihat, itulah yang dimaksud dengan Sistem Kerja AC Central.

        Apa itu AC Sentral?? AC Sentral merupakan suatu sistem air conditioning dimana proses pendinginan udara terpusat pada suatu lokasi yang kemudian didistribusikan / dialirkan ke seluruh isi gedung dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan dan isinya dengan menggunakan saluran udara / ducting ac.

Sistem AC Sentral: System Air Cooled dan Water Cooled Chiller

Sistem AC central berdasarkan media pendingin yang digunakan pada evaporatornya dapat terbagi menjadi 2, yaitu :

  1. System Air Cooled (Direct Expansion System)
  2. Water Cooled Chiller (Water System)


    System Air Cooled (Direct Expansion System)


    Refrigerant
    bersirkulasi secara langsung sebagai media perpindahan panas. Panas ruangan akan diserap refrigeran dingin pada Evaporator yang menyebabkan refrigerant berubah fase dari liquid menjadi uap. Uap refrigeran dihisap oleh compressor kemudian dikompresi sampai pada tekanan kondensasinya. Refrigeran pada kondisi tekanan tinggi ini akan melepaskan panasnya ke media pendingin di condenser dan mengakibatkan berubahnya fase refrigeran dari uap menjadi liquid. Kondisi refrigerant liquid dengan tekanan tinggi tersebut akan diekspansi oleh sebuah throttling valve hingga menjadi liquid bertekanan rendah diikuti pula dengan penurunan temperatur. Yang kemudian akan mengalir ke evaporator. Seterusnya sehingga terbentuk sebuah siklus refrigerasi lengkap.

    Water Cooled Chiller (Water System)

    Sistem AC Water System  terdiri atas tiga sistem utama, yaitu: Chiller, Cooling Water dan Chilled Water. Sistem refrigerasi terdiri dari dua water-cooled chiller yang menyerap panas dari Chilled water dengan bantuan pompa Chiller Water Pump (CHWP) dan membuang panas ke cooling water dengan bantuan pompa Cooling Water Pump (CWP). Chiller 1 dan chiller 2 merupakan hermetic sentrifugal liquid chiller dengan refrigeran R-134a dan kapasitas pendinginan 400 TR untuk setiap chiller. Sistem chiller terintegrasi di dalam sebuah plant dengan system cooling water dan sistem chilled water. Chiller plant mendinginkan atau menyerap panas dari fasilitas di dalam gedung.

     

    Baca juga : Sistem Water Cooled Chiller dan Pompa Distribusi

admin

Write a Reply or Comment