Sistem Kerja Water Cooled Chiller dan Pompa Distribusi

Sistem Kerja Water Cooled Chiller dan Pompa Distribusi

Sistem cooling water terdiri dari dua cooling tower. Dua pompa dipasang yang dihidupkan  pada saat operasi dan dianggap cukup untuk mensirkulasikan cooling water yang dibutuhkan. Fungsi utama dari sistem cooling water adalah untuk membuang panas dari kondensor sistem chiller.

Sementara sistem chilled water terdiri dari tiga pompa dan unit beban pendinginan yang terdiri atas FCU dan AHU. Chilled water dialirkan dari chiller ke header chilled water dan dipompakan ke AHU dan FCU dengan menggunakan pompa. Pada sistem AC Gedung Cakrawala ada sekitar 18 unit AHU dan beberapa unit FCU untuk memberikan pendinginan ke dalam gedung. Dari unit pembebanan (terminal unit: AHU dan FCU), panas dari ruangan perkantoran/ gedung diserap yang menyebabkan temperatur chilled water meningkat. Chilled water kemudian kembali ke evaporator sistem chiller di mana panas diserap oleh refrigerant dan akhirnya dibuang ke atmosfer melalui kondensor, sistem distribusi cooling water, dan cooling tower. Operasi pompa cooling water, pompa chilled water dan cooling tower juga dikendalikan secara manual maupun otomatic melalui sistem BAS.

lustrasi gambar AC Central pada gedung bertingkat
Water-cooled chiller untuk gedung

Sistem Cooling Tower

Cooling tower adalah suatu mesin yang berfungsi untuk mendinginkan air yang dipakai pendinginan condenser chiller dengan cara melewati air panas pada filamen di dalam cooling tower yang dihembuskan oleh udara sekitar dengan blower yang suhunya lebih rendah.

Bagian-bagian Cooling Tower

Gambar berikut menunjukkan sistem Cooling Tower (CT) salah satu produk dari “Liang Hoo” dengan spesifikasi kapasitas pembuangan panas sebesar 500TR

Fan Coil Units

Ini termasuk room air conditioners tetapi menggunakan chilled water sebagai pengganti refrigeran pada indoor unit.  chilled water mengalir dalam pipa cooling coil (afinned heat exchanger) . Blower udara yang terpasang akan menghisap udara ruang meliwati heat exchanger sehingga udara dingin akan mengalir keruangan yang dikondisikan. Unit ini juga mempunyai tipe floor or ceiling mounted. Fan coil units dapat berfungsi sebagai small air handling units yang diletakkan diruangan. Unit ini juga dapat difungsikan sebagai pendingin maupun pemanas ruangan. Temperatur ruang dapat di kontrol dengan low, medium and high fan speeds and aliran air dingin  diatur melalui two-port or three-port motorised valve.

Gambar Fan Coil Unit (FCU)

Untuk pengadaan Air Handling Unit, Chiller Cooling System, Cooling Tower dan perbaikannya, silahkan Hubung Kami.

Untuk proyek pengadaan AC Central gedung, kantor, mall, rumah sakit dan lain lain diskusi silakan kontak konsultan kami.

Baca juga : Prinsip Kerja AC Central Chilled Water System

admin

Write a Reply or Comment