Tips Cara Service Ac Sendiri Dan Bagaimana Cara Service AC Split Duct

Instalasi AC Central Dan Cara Service AC Split DuctTips Cara Service Ac Sendiri Dan Bagaimana Cara Service AC Split Duct – Sebagai catatan tips yang akan kami berikan yang akan kami sampaikan adalah bagaimana anda melakukan service terhadap ac di rumah anda, karena untuk service ac split duct  sendiri cukup rumit jika di lakukannya sendiri dan demi kemudahan anda kami siap membantu anda silahkan hubungi kami.

Namun tidak ada salahnya mengetahui cara membersihkan AC sendiri dirumah. Sebenarnya cara membersihkan AC sendiri tidaklah sulit, namun kadang orang sudah malas duluan untuk melakukannya. Seandainya Anda dapat melakukan pekerjaan membersihkan AC sendiri, tentu akan banyak anggaran yang dapat Anda hemat.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa bagian yang paling kotor dari AC biasanya ialah bagian filter. Sehingga Anda harus memberikan perhatian khusus pada bagian ini. Ingin tau detail langkah cara membersihkan AC sendiri? Inilah dia!

Buka Filter AC

Perlu Anda ketahui, sebagian besar filter AC berukuran sempit sehingga agak sulit dibersihkan. Namun, pada beberapa merk yang lain, filter AC sudah didesain lebih besar sehingga lebih mudah dibersihkan bahkan tanpa alat bantu, cukup dengan tangan saja. Untuk membersihkannya, Anda dapat membuka filter dengan cara menariknya keluar secara perlahan. Tahap ini terhitung mudah, jika Anda sudah pernah melakukannya sekali, maka pada kesempatan selanjutnya Anda pasti sudah terbiasa.

Bersihkan

Setelah filter AC dibuka, kini Anda dapat membersihkan filter AC. Biasanya bagian ini banyak sekali debunya. Nah, untuk memberihkan debu-debu yang menempel, Anda dapat menggunakan kuas. Sesuaikan besar kuas dengan keadaan filter Anda. Setelah debu dibersihkan dengan kuas, Anda dapat menggunakan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisa-sisa debu yang masih menempel. Jika ada debu yang sulit dibersihkan, Anda dapat menggunakan kain lap yang dibasahi sedikit air untuk membantu mengangkat debu-debu yang sulit dibersihkan.

Pasang Kembali

Setelah filter selesai dibersihkan, kini saatnya Anda memasang kembali bagian tersebut pada posisi aslinya. Lakukan dengan perlahan, tidak perlu terburu-buru agar komponen filter tidak patah sehingga menyebabkan kerusakan. Pastikan filter terpasang tepat pada dudukannya. Hingga langkah ini, proses cara membersihkan AC sendiri di rumah sudah selesai.

Nah, demikianlah proses cara membersihkan AC sendiri dirumah. Smoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Biasakan untuk membersihkan filter AC secara berkala agar debu pada filter AC tidak sampai menumpuk. Debu yang menumpuk terlalu banyak akan membuat Anda lebih sulit untuk membersihkan AC. Selain memakan waktu yang lebih lama, kerak debu akan sulit dibersihkan dengan cara biasa. Yuk segera bersihkan filter AC Anda sekarang!

Penyebab AC tidak dingin

Ada banyak faktor penyebabnya seperti karna KOTOR. bisa pada indoor atau outdoor. Kecuali jika anda menggunakan instalasi ac central pada gedung maka anda tidak mungkin bisa melakukannya sendiri, anda harus mencari ahlinya dan bisa anda hubungi kami untuk melakukan service atau pemasangan baru.

1. pastikan remote ac berada pada seting yang benar. misal pada set mode COOL tapi anda memilih suhu 30 drajat tentu saja AC tidak bisa dingin, atau anda salah memencet mode FAN tentu saja AC  juga tidak bisa dingin.  yang benar adalah pilih set mode COOL (simbolnya di remot seperti matahari) dan taruh pada suhu di bawah 25 drajat ( tergantung suhu luar kamar dan kebutuhan anda ) semakan kecil akan semakin dingin.

2. setelah itu nyalakan AC dan rasakan hembusan anginnya! apabila ac tersebut kotor hembusanya akan pelan dan suaranya anginya juga tidak bisa lancar bisanya ada suara kayak mbrebet gtu.
anda bisa melihat tutorial di video cara membersihkanya.

3. setelah AC menyala setengan jam coba anda lihat pada pembuanagn airnya yang berada di belakang tembok indoor nya! apabila ada air keluar  dan lancar berarti gas freon di ac anda kemungkinan besar masih normal ( untuk mengetahui pastinya harus pakai alat ukur manifold )

4. pengecekan berikutnya adalah pada out door, angin yang keluar harus panas dan hembusanya juga cepat, semakin tinggi pk ac akan semakin tinggi pula hembusan anginya.
apabila out door kotor maka hembusan anginya tidak kencang. ini akan menyebabkan kompresor kerjanya hidup mati karna overload terlalu panas.
coba anda bersihkan dengan menyemprot air pada kondensornya (pipa kisi kisi yang dilewati angin)
dan bukan disemprot pada cover bodinya.

5. setelah di semprot anda harus merasakan perbedaan angin dari sebelum di semprot. apabila tidak ada bedanya, berarti ada kerusakan pada bagian kapasitor kipas, bisanya nilai micro farrad nya menurun yang menyebabkan putaran(rpm)  kipasnya menurun.
anda bisa menggantinya dengan cara membuka cover dan bendanya berbentuk kotak hitam kecil dengan tulisa 1.5 mf.

6. tapi apabila air pembuangan tidak keluar sama sekali itu bisa karna :

  1. ada kebocoran freon bisa pada sambungan atau unit nya sendiri
  2. kapasitor kompresor soak yang menyebabkan kompresor tidak berputar
  3. atau kompresornya sendiri yang rusak, pada lilitan atau mekaniknya
  4. modul indoor tidak memberi perintah sehingga out door tidak nyala

Itulah cara mudah service ac sendiri namun untuk cara cara service ac split duct sendiri cukup rumit jadi untuk kemudahan anda silahkan serahkan kepada kami agar kami bisa membantu meringankan pekerjaan anda kemudian anda bisa berlibur dengan keluarga anda tercinta.

admin

Write a Reply or Comment