Ada Apa dengan Sistem Pendingin Udara Rumah Kita?

 Sistem Pendingin Udara Yang Seperti Apa Yang Bisa  Membuat Hunian Tampak +Lebih Cozy, Modern dan Hemat Listrik

Apakah anda mengalami kejadian di bawah ini?

Wallpaper Terkupas

Selain mengelupas, wallpaper yang berada di ruangan tertutup dan lembap mudah berjamur jika tidak mendapatkan pengudaran yang tepat. Hal ini tentu saja merusak keindahan interior ruangan dan merusak wallpaper itu sendiri


Tas Branded Berjamur

Punya koleksi banyak tas memang menyenangkan. Tapi jika ruangan koleksi tas tidak diatur kelembabannya, tas akan mudah berjamur



Asap Minyak Menempel di Dinding

Asap pembakaran yang keluar saat memasak, bisa membuat dinding ataupun plafon dapur menjadi hitam, 


Jamur Pada Granit Bathroom

Area lembab merupakan suasana yang disukai oleh jamur dan bakteriGranit mahal jika tidak diatur kelembabannya, maka akan menjadi sarang jamur

Agaknya kita sama-sama paham bahwa pada umumnya, AC rumah adalah AC Wall Mounted yang sering nongol di dinding rumah.

Atau, AC rumah adalah 1 unit outdoor untuk 1 unit indoor. 

Namun, paham kah kita bahwa jenis AC tersebut bisa menyebabkan beberapa hal yang tidak mengenakkan di atas?

Dan AC split biasa, tidak bisa menyelesaikan masalah sehari-hari berupa minyak dan jamur

Ternyata, dapur dan lemari memerlukan pendingin khusus untuk mendistribusikan udara segar pada saat bersamaan.

Untuk dapur, filter khusus menjadi penting untuk menyerap asap minyak dari proses pembakaran.

Dan kamar mandi memiliki tingkat kelembaban yang lebih tinggi dari pada ruangan lain di dalam rumah.

Untuk itu diperlukan sistem udara yang mampu untuk mengurangi kelembaban secara otomatis, dan juga memiliki exhaust yang berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. 

Adakah sistem pendingin yang mampu mengakomodasi kebutuhan semua ruangan yang juga hemat listrik?

Adakah yang mampu menyelesaikan masalah klasik sehari-hari berupa minyak dan jamur? Dan yang tidak hanya memberi efek dingin, namun juga memiliki manfaat berkelanjutan?

Coba Perhatikan Gambar Sistem Pendingin Udara Di Bawah Ini

Apakah Gambar Sistem Pendingin udara Di Atas Sesuai Ekspektasi Anda? Jika ya Baca Tulisan Di Bawah Ini Hingga Selesai.

 Daikin Hi-CAC alias Home I-Centra 

AC dengan sistem pendingin ruangan dengan individual control, di mana penempatan indoor unit AC bisa dikamuflase oleh interior ruangan sehingga unit AC tidak terlihat menonjol

Kemudian udara didistribusikan ke seluruh isi gedung dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan dan isinya.

Nantinya, output dari instalasi AC ini tidak terlihat, namun manfaat hembusan dinginnya tetap didapatkan

Daikin Hi-CAC menggunakan teknologi penyeimbang yang terdiri dari

  • Dual Heat Exchanger (HE)
  • Surface Mounted Technology
  • 3 Pipes Effect
  • dan PCB Upgrade
  • Dual HE untuk control suhu dan kelembapan.

Masing-masing HE alias penukar panas dilengkapi dengan katup ekspansi elektronik untuk mengontrol aliran zat pendingin untuk suhu dan kelembapan yang tepat. 

Teknologi ini lah yang diterapkan untuk AC dapur dan closet pada Daikin Hi-CAC hingga dinding dapur terbebas dari pengelupasan dini

SMT alias Sufrace Mounted Technology untuk waterproof, dustproof, dan high humidity resistant. Teknologi ini yang menjaga marmer kamar mandi tetap terjaga dari serangan jamur. 

Daikin Hi-CAC yang paling disukai saat ini

1 Unit Outdoor untuk Penggunaan 5 Indoor

Emang Bisa???

Jelas Bisa! Sebagai contoh, penggunan di 5 indoor ini ada di ruang keluarga, tempat tidur, dapur, kamar mandi dan walk in closet.

Kompresornya cukup 1 unit. Kemudian, komponen ducting yang mendistribusikan atau menyalurkan fluida dari satu lokasi ke lokasi lainnya, sesuai dengan titik yang sudah ditentukan.

Dengan sistem ini, output dari desain Hi-CAC bisa di custom sesuai dengan keinginan untuk menghasilkan pendingin ruang dengan penampilan estetika yang menyatu dengan keindahan interior.

Masa iya, sudah bayar mahal untuk jasa desain interior, eh ternyata desainnya ga dominan karena AC Wall Mounted yang nonjol. Apa kata para kolega?

Memangnya, mengapa sih harus Daikin Hi-CAC?

Jadi, seperti yang sudah dijelaskan, Daikin Hi-CAC cuma membutuhkan 1 unit outdoor untuk dikoneksikan hingga 5 indoor. Dan ini merupakan salah satu keuntungan untuk menghemat tempat outdoor hingga menghemat waktu untuk maintain.

Keuntungan lain yang bisa didapat di Daikin Hi-CAC

Meminimalis suara bising

Selama menjalankan fungsinya, Daikin Hi-CAC tidak menimbulkan suara yang sangat berisik layaknya AC jenis lainnya. AC ini bisa beroperasi dengan suara yang sangat halus bahkan ketika terjadi masalah atau trouble tidak menimbulkan keberisikan. Jadi AC ini nyaris tidak menimbulkan polusi suara

Ruangan terlihat lebih rapi

Karena instalasinya tidak begitu terlihat, ruangan yang dipasang Daikin Hi-CAC akan terlihat jauh lebih rapi. Tidak akan ada instalasi kabel atau pipa yang terlihat tidak rapi layaknya jenis pendingin ruangan lainnya. Karena sebagaimana yang diketahui, bahwa dalam pemasangan penyejuk ruangan, instalasi akan dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Instalasi indoor tidak terlihat

Kelebihan yang selanjutnya adalah instalasi dalam ruangan atau indoor yang tidak terlihat. Kabel-kabel yang diperlukan dalam proses instalasi Daikin Hi-CAC dibungkus dalam pipa yang tersusun rapi. Tipe AC ini juga tidak membutuhkan banyak komponen atau kabel instalasi sehingga terlihat lebih sederhana.

Terhindar dari peristiwa outdoor yang terlalu panas

Jika menggunakan AC conventional, udara panas pada sekitar outdoor akan disirkulasikan kembali oleh outdoor lainya.

Hal ini mengakibatkan panas yang berlebih pada area outdoor.

Untuk setiap kenaikan 1oC pada outdoor, efisiensinya menurun hingga 2,5%. Pada kenaikan 5oC, efisiensinya akan turun hingga 13,1%!

Panas yang berlebih juga berkontribusi atas berkurangnya lifetime dari kompresor karena kompresor harus bekerja keras membuang panas.

Setting ruang prioritas (Operasi inverter yang maksimal) 

Tujuan pengaturan ini adalah untuk mengkonsentrasikan pendinginan pada ruangan yang disetting selama mode Inverter Powerful.

Ini dilakukan saat proses instalasi. 

Ketika mode Inverter Powerful diaktifkan untuk priority room, kapasitas indoor unit akan naik dengan meminjam sementara kapasitas dari unit lain. Setelah 20 menit, semua unit akan kembali ke original setting.

Hemat Energi dengan teknologi Inverter dan mode E-cono

Fungsinya, untuk efisiensi energi dengan membatasi maximum konsumsi daya listrik dari sistem. (Arus maksimumnya bergantung pada koneksi outdoor unit yang terpasang).

Fungsi ini sangat berguna untuk mencegah listrik turun ketika banyak penggunaan listrik di rumah dan AC ingin tetap menyala.

Pendinginan yang nyaman dari aliran udara yang baik

Dengan menggunakan ceiling duct sebagai unit indoor, menghindari udara berhembus langsung ke tubuh manusia

 Juga, dengan static pressure yang lebih tinggi dibandingkan dengan unit wall mounted, pendinginan dapat dilakukan dengan lebih nyaman dan merata. 

AC residential zaman now

Ada yang bilang, investasi Daikin Hi-CAC mahal? Benar kah?

Yang bilang Daikin Hi-CAC mahal, tolong, ya attitudenya!

Untuk system tata udara yang ga ribet di perawatan, ga mahal di tagihan, dan ga merusak di estetika ruangan tidak ada kata mahal untuknya. 

Bisa dipahami, apa yang ada di benak orang yang bilang AC Central itu mahal. Mungkin, dirinya terpapar oleh biaya investasi instalasi Daikin Hi-CAC.

Memang, untuk instalasi, diperlukan biaya sekitar 82% lebih banyak dari instalasi AC konvensional. Tapi setelah BEP, tentu hemat yang kita dapat juga mencapai 82%. 

Misal gini, untuk instalasi AC konvensional, kita mengalokasikan biaya sekitar 20 Jutaan untuk rumah dengan luas 90 meter persegi.

Sedangkan untuk AC Central, kita mengalokasikan dana lebih yaitu 36 Jutaan. 

Namun dengan 20.4 kwH total power consumption yang dihabiskan perhari dengan tarif Rp1600/kwH, maka tagihan listrik perbulannya hanya 816 ribuan.

Bandingkan dengan tagihan pada AC konvensional dengan tarif yang sama namun dengan total power consumption yang lebih tinggi yaitu 35.4 kwH.

Maka tagihan listrik perbulannya ialah 1.4 Jt-an. Ini belum disertai biaya perawatan loh, yaa. Biaya perawatannya tambahin sendiri aja deh, hehe. Kalau begini, silakan kalkulasiin sendiri berapa pengeluaran yang dihabiskan untuk beberapa tahun ke depan. Bukannya untung, malah buntung. 

Beda halnya kalau menggunakan Daikin Hi-CAC. Dengan investasi 36Jutaan, setelah BEP dalam kurun waktu 2 tahun, pengeluaran yang dihemat adalah 7 jutaan pertahun.

Atau Perhatikan Tabel perhitungan BEP AC Single Split Biasa Dengan AC DAIKIN HI-CAC

“Kalau begitu, jika saya mau instalasi Daikin Hi-CAC. Kepada siapa saya harus memercayakan instalasinya? Saya anti dengan kondensasi!”

Kondensasi memang hal yang sering menjadi momok bagi para pemilik hunian. Untuk menghindarinya, kami sarankan untuk menghubungi Daikin Pro-Shop.

“Apa itu Daikin Pro-Shop?”

Daikin Proshop adalah Daikin dealer spesialis AC Home Central yang sudah tersertifikasi dalam memberikan solusi total AC dan menerapkan Kaidan Method

Dari Kaidan Method inilah dipastikan agar instalasi terpasang dengan baik. Sebab seluruh tahapannya di supervisi oleh teknisi Daikin.

Adapun 12 rangkaian Kaidan Method meliputi

1. Persiapan

Konsfirmasi terlebih dahulu untuk unit & simpan unit di tempat kering

2. Instalasi pipa

memotong & flaring pipa refrigrant harus menggunakan alat khusus potong & flaring

3. Instalasi Indoor

pastikan indoor terpasang horizontal lurus uuntuk memperlancar pembuangan air kondesasi & bungkus indoor supaya terlindung dari debu kotoran

4. Instalasi Gantungan & Pipa pembuangan

Gantungan harus dipasang setiap 1,2 - 1,5m & Kemiringan pipa pembuangan harus 1:100

5. Pengelasan

Harus menggunakan nitrogen untuk mencegah oksidasi di dalam pipa

6. Instalasi Outdoor

Pastikan outdoor di pasang di tempat terbuka & tersedia area yang cukup untuk service & perawatan

7. Vacuum & Test Tekan

8. Pengisian Freon

Gunakan alat timbang untuk pengisian presisi

9. Test Commisioning

Untuk memastikan unit beroperasi normal

10. Operaion Manual

Menjelaskan kepada konsumen bagaimana mengoperasikan AC

11. Daikin Supervisi

Pemasangan mendapatkan supervisi langsung dari DAIKIN

12. Dokumen Serah Terima

Dealer Proshop akan menyediakan:
- Gambar sistem AC
- Seleksi Unit
- laporan supervisi Daikin

PT. Mechtron Mastevi Indonesia (MMI) atau yang lebih dikenal dengan Kontraktor HVAC adalah solusi tepat untuk instalasi sistem tata udara. Kontraktor HVAC adalah perusahaan yang bergerak di bidang sistem tata udara atau lebih dikenal sebagai Heat, Ventilation, Air Condition (HVAC) di Indonesia.

Cakupan layanan yang ditawarkan adalah konsultasi, penjualan, pemasangan dan perawatan sistem tata udara, meliputi tingkat residensial hingga high rise building project. Kontraktor HVAC juga merupakan salah satu perusahaan yang dipercaya dan didukung oleh pemegang merk AC ternama di Indonesia.

Sejak 2018, Kontraktor HVAC dipercaya oleh PT. Daikin Airconditioner Indonesia untuk menjadi satu-satunya dealer Daikin Proshop di Medan. Meskipun demikian, Kontraktor HVAC turut melayani instalasi di seluruh Indonesia

Produk/Jasa yang ditawarkan adalah

  1. Instalasi sistem tata udara untuk residential sesuai Kaidan Method berupa
  • Daikin Multi NX
  • Daikin VRV Home Series System

Berpengalaman selama lebih dari 10 tahun membuat Kontraktor HVAC memahami berbagai jenis material dengan berbagai tingkatan kualitas di kelasnya. Oleh karenanya,  selain menerapkan Kaidan Method, Kontraktor HVAC juga punya standart penggunaan material untuk meminimalisir berbagai macam kemungkinan yang bisa merugikan pengguna, seperti kondensasi. 

Dengan pengalaman selama lebih dari 10 tahun itu juga, Kontraktor HVAC berkomitmen untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan. Salah satunya dengan memberi desain proyek berupa Revit BIM Collaboration