November 04 2019 0Comment

AC Central untuk Rumah? Emang bisa?!

Jadi, AC Central adalah sistem pendinginan ruangan yang dikontrol dari satu titik atau tempat dan didistribusikan secara terpusat ke seluruh isi gedung dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan dan isinya dengan menggunakan saluran udara/ducting AC. Selain di Mall, sistem tata udara seperti ini juga bisa diterapkan di bis ber-AC, pesawat terbang, bandara, kampus, bahkan rumah. Iya, AC Central kini bisa dipasang di rumah!

 

Kalo lagi nge-mall, staycation di sebuah hotel atau jemput keluarga di bandara, pernah ga kepikiran asal muasal sejuk dan dinginnya tempat itu? Padahal ga ada seonggok AC yang terlihat.

 

Saya sih sempat mikir. Tapi pas lagi ga berada di tempat yang saya sebutin di atas tadi hehe. Saat berada di tempat itu, yang saya rasain sama kaya kalian semua. Sejuk, dingin, nyaman, bisa ngadem tanpa kepikiran asal muasal kesejukan itu. Sampe beberapa hari lalu, saya mengunjungi salah satu co-working space di Medan. Berlokasi di Jl. T. Amir Hamzah No 38A. Begitu membuka pintu masuk, selain tertuju pada desian interiornya, perhatian saya juga tertuju pada stiker berupa jejak kaki yang ditempel di lantai. Agak kesal sih sebenarnya memperhatikan stiker itu. Sebab saya yang males mikir ini jadi harus memikirkan sesuatu. Di stiker pertama dan kedua jejak kaki itu tertulis masing-masing “ruangannya sejuk, ya” “tapi kok ga keliatan AC nya”. Saat membaca tulisan itu, di situ kadang saya menggunakan otak saya untuk berpikir. “Eh, iya juga ya. Ruangannya sejuk, tapi kok di sekitar ga ada keliatan AC-nya. Dari mana kesejukan ini berasal? Apakah ini yang dinamakan angin surga?”

Ducting AC
AC Central untuk Rumah? Emang Bisa?

Belum berhasil menemukan jawaban tentang angin surga, kaki saya melintasi stiker jejak kaki lainnya yang bertuliskan “ini box trox system”.

Fixed, saya kebingungan saat itu! Sanking bingungnya, saya sampe ga sadar kalo ada Ibu-ibu cantik memperhatikan saya.

 

“Nyari apa kamu, dek?”

“Ngg.. nyari jodoh, Bu,”

“Hah?”

“Eh, bukan. Ini saya lagi bingung sama box trox ini. Terus, bener sih kata stiker itu. Ini ruangannya sejuk, tapi kok ga ada  AC nya yah?”

“Oh. Mau saya kasih pencerahan?”

“Mau, Bu. Kalo boleh hehe..”

Iya, saya paham kalian juga butuh pencerahan dari Ibu tadi. Baiklah, karena saya baik, maka akan saya rangkum obrolan saya dengannya. Namun tidak detail seluruh percakapannya, ya. Karena sangat panjang sekali dan bisa-bisa nanti malah di cut sama editor Tribun, atau malah ga ditayangkan hehehe.

 

Ternyata, Ibu tadi adalah pakar AC Central di Kota Medan. Tenang, saya bisa mambaca pikiran kalian. Kalian pasti bertanya-tanya apa itu AC Central, kan? Jadi, AC Central adalah sistem pendinginan ruangan yang dikontrol dari satu titik atau tempat dan didistribusikan secara terpusat ke seluruh isi gedung dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan dan isinya dengan menggunakan saluran udara/ducting AC. Selain di Mall, sistem tata udara seperti ini juga bisa diterapkan di bis ber-AC, pesawat terbang, bandara, kampus, bahkan rumah. Iya, RUMAH, teman-teman. Catat, ya. AC Central kini bisa dipasang di rumah!

Biasanya, perangkat suhu ruangan alias AC di rumah pake tipe AC split  yang menyediakan 2 komponen utama yakni unit indoor dan outdoor atau kompresor. Nah, unit indoor ini bisa mengganggu tampilan interior ruangan karena ukurannya cukup besar. Seiring perkembangan saat ini, pengatur suhu ruangan di rumah bisa mengadopsi teknologi AC untuk bangunan komersial dan highrise building. Itu loh, yang AC-nya ga keliatan tapi hembusan dingin yang awalnya saya kira angin surga itu tetap bisa didapatkan.

 

Teknologi itu ada di Daikin Hi-CAC yang merupakan AC Central dengan individual control, di mana penempatan indoor unit AC bisa dikamuflase dengan interior ruangan sehingga AC-nya bisa ga keliatan. Yaa seperti yang kita rasakan di tempat-tempat yang saya sebutin di atas tadi. Yang penting sejuk aja, nyaman aja, betah aja ngadem dari panasnya omongan netizen, meski perangkat AC-nya ga keliatan. Kabar baiknya, sistem ini ternyata bisa membantu desainer interior ketika mendesain rumah. Agar hasil yang didapatkan nanti jadi lebih rapih, eksplorasi desain yang lebih luas, dan tentunya lebih eksklusif, seperti desain Box Trox tadi.

 

Tidak sampai disitu, di Daikin Hi-CAC ini ada pula layanan komprehensif, termasuk perancangan untuk meyesuaikan titik AC dengan desain rumah. Tentu ini menjadi jawaban untuk kita yang butuh perangkat pendinginan yang lebih komprehensif. Mulai dari unit AC, proses desain penempatan titik AC, hingga after sales service-nya. Dengan sistem seperti ini, desain ruangan bisa lebih baik, lebih kreatif, dan bisa lebih eksploratif dalam merancang. Jadi ga perlu lagi lah bingung perkara di mana posisi AC harus dipasang.

 

Selain itu, kabar baiknya lagi ialah AC central ini bisa mengatur air temperature, air moisture level, dan air flow yang pada akhirnya suhu pada AC central itu body friendly. Pernah kan, saat berada di ruangan yang dingin tapi dinginnya bikin kulit dan bibir kering, bahkan hidung juga sakit. Seperti itulah suhu yang mungkin didapat dari AC konvensional biasa. Dan untuk kita-kita yang hobby mengoleksi tas kulit, pasang wallpaper dinding seharga 5 jutaan permeter, atau bath-up kamar mandinya yang terbuat dari granit, yakin perawatannya sudah maksimal? Kan sayang banget kalo udah invest segitu gede, tapi ga diimbangi sama perawatan yang cukup. Ntar kalo tasnya berjamur gimana? Kalo wallpaper-nya kena cipratan air bekas cuci AC biasa gimana? Dann, kalo granit-nya ditumbuhi jamur karena terlalu sering kena air yang ga langsung dikeringkan gimana? Duh, semoga itu ga terjadi sama kita yahh..

Nah, masalah-masalah yang rawan menimpa barang kesayangan kita itu ternyata bisa juga diantisipasi oleh AC Central ini. Saya pribadi cukup terkejut dan teheran-heran sih dengan pencerahan dari Ibu tadi.

Tidak sampai di situ, keterkejutan saya berlanjut karena sistem pengoperasian AC central ini bisa dikontrol dengan smartphone. Iya, hanya dengan 1 smartphone ini bisa mengoperasikan keamanan, door sensor dan control lainnya.

Dengan segala keunggulan dan kenyamanan itu, sayangnya belum banyak orang yang tahu sih tentang keberadaan AC Central ini. Termasuk saya, hehehe. Maka dari itu, pengalaman saya berkunjung ke Jl. T. Amir Hamzah No. 38A beberapa waktu lalu yang menambah insight baru tentang AC dan arsitektur itu layak saya dokumentasikan melalui tulisan ini. Harapannya yaah semoga bisa membantu kita semua yang sedang bertanya-tanya tentang AC yang tak kasat mata, heheh. Ataupun buat kamu yang menginginkan AC terbaik untuk desain terapik di rumah. Kalau mau konsultasi dengan pakarnya juga boleh. Nih saya lampirin contact-nya. Akhir kata, ga ada masalah tanpa solusi. Solusi untuk masalah sistem tata udara ya KontraktorHVAC.com 

Mail: linawaty.yap@kontraktorhvac.com

Mobile: 0811 6565 383 

bit.ly/MedanDaikinProshop 

 

#DealerDaikin

#ACDaikin

#DaikinMedan

#DaikinBandaAceh

#DistributorACDaikin

#Daikin

#HargaACDaikin

#KontraktorHVAC

#tukangducting
#ductingac
#puduct
#ductingpiu
#acsentral

admin

Write a Reply or Comment