Alasan Isi Freon AC R32 Lebih Mahal Dibanding Jenis Freon yang Lain

Kontraktorhvac.com – Pada th. 2015 lalu, para konsumen AC dibikin bingung bersama timbulnya produk AC yang memanfaatkan 3 freon bersama type yang berbeda.

Untuk AC merek Panasonic seluruh line up ACnya adalah type basic, standard, alowa, alowa deluxe (ion) dan envoi. Semua type tersebut sudah memanfaatkan Freon R32, dan cuma inverternya saja yang msaih memakai Freon R410A.

Sedangkan untuk merek Daikin, AC yang miliki type Standard China dan Standard Thailand lah yang tetap memakai Freon R410A.

Untuk type yang mahal layaknya Deluxe, Hi – inverter, Inverter smile, Urusara 7 dan European Design sudah memakai Freon R32 yang membawa keunggulan lebih dingin jikalau dibandingkan bersama Freon R22 dan Freon R410A. Sedangkan untuk AC bersama merek Mitsubishi, seluruh type AC nya tetap memakai Freon R410A.

Kelebihan dan Kekurangan Freon R32 Dibanding Freon Jenis Lain
Dengan kata lain mampu disimpulkan bahwa Freon R32 lebih bagus jikalau dibandingkan bersama Freon R410A dan Freon R22. Akan tapi Freon R32 membawa satu kelemahan yaitu lebih gampang terbakar (flammable) walau tidak sampai membuat AC yang memanfaatkan Freon tersebut meledak ataupun ikut terbakar.

Hal itu disebabkan tekanan gas pada Freon R32 lebih tinggi jikalau dibandingkan bersama Freon R410A dan Freon R22. Namun jangan khawatir, perihal ini mampu diantisipasi bersama cara memanfaatkan pipa dari tembaga yang miliki ketebalan minimal 0.6 mili mtr. saat melaksanakan pemasangan AC.

Gunakan Pipa Tembaga yang Sudah Standar

Untuk pipa tembaga sendiri, di Indonesia terdapat banyak sekali merknya. Merk standard layaknya Artic yang paling lazim dan sering digunakan oleh banyak toko dan para tukang AC cuma membawa ketebalan 0.5 mili meter, jadi tidak mampu digunakan untuk pemasangan AC yang memakai Freon R32. Terlebih ulang merek – merek yang lazim lainnya, rata – rata cuma membawa ketebalan 0.4 mili meter.

Kenapa perlu memakai pipa tembaga yang miliki ketebalan minimal 0.6 mili meter? Karena jikalau memanfaatkan pipa yang tebalnya kurang dari 0.6 mili meter, pipa bakal mengalami bocor halus disebabkan tingginya tekanan gas dan di dalam 2 sampai 3 bulan ke depan pemanfaatan AC Freon di dalam compressor pasti habis.

Apabila perihal tersebut terjadi, perusahaan AC tidak bakal senang bertanggung jawab sebab perihal tersebut bukan sebab kekeliruan mereka melainkan sebab kekeliruan para tukang pakai AC atau toko area Anda membeli AC tersebut. Karena merekalah yang nekat memanfaatkan pipa tembaga yang tebalnya di bawah 0.6 mili mtr. untuk memasang AC nya.

Cara Pemasangan AC yang Tepat

Selanjutnya, untuk memasang AC yang memanfaatkan Freon R32, pipa tembaga perlu di vacum lebih dahulu sebelum akan digunakan, baik pipanya tetap baru maupun pipa yang bekas pakai. Untuk ukuran pipa lebih kurang 5 meter, sebaiknya vacuum dilaksanakan di dalam waktu 10 sampai 15 menit.

Dan untuk ukuran pipa 10 meter, pipa perlu divacum minimal 20 menit. Untuk ukuran pipa di atas 10 meter, vacuum pada pipa sebaiknya dilaksanakan minimal selama 25 menit.

Lama tidaknya waktu yang digunakan untuk memvacum pipa tersebut terkait pada besar kecilnya kebolehan alat vacuum yang digunakan. Waktu – waktu yang kami sebutkan di atas berlaku jikalau Anda memakai alat vacuum yang miliki kebolehan ¼ K.

Jika Anda memanfaatkan vacum yang miliki kebolehan ½ K maka lumayan 5 menit saja untuk bersihkan pipa berukuran 5 mtr. atau dua kali lebih cepat dari vacum yang miliki kebolehan ¼ K.

Hal tersebut dilaksanakan bersama tujuan untuk memelihara sehingga tidak tersedia sedikitpun uap air atau debu yang tertinggal pada dinding di dalam pipa tembaga. Karena oli compressor pada AC yang memanfaatkan Freon ac R32 terlalu peka pada uap air dan debu walau cuma sedikit.

Maka jikalau tukang pakai AC Anda nekat untuk tidak memvacum pipa tembaganya, mampu dipastikan compressor AC kamu bakal rusak atau jebol sebelum akan jaman garansinya berakhir dan pasti saja pabrik tidak bakal senang bertanggung jawab sebab kesalahannya bukan terdapat pada produk yang cacat, tapi sebab kelalaian pihak pemasang AC.

Untuk survey lokasi dan konsultasi, silahkan hubungi kami dinomor Hp. 081365778899 & nomor telepon 06180088677 
PT. Mechtron Mastevi Indonesia
Jakarta : Greenlake City Rukan CBD Blok M23
Medan : Jl. Krakatau Simp Jl. Mandor No.28
Banda Aceh : Jl. T Hasan Dek, Batoh

Write a Reply or Comment