Apakah Ac Mampu Membuat Suhu Ruangan Menjadi 19 Derajat ?

Kontraktorhvac.com – Kita ambil umpama yang berbeda. Kalau kami bepergian ke Lembang, Bandung, dulu tidak keluar ruangan terhadap jam 4 atau 5 pagi? Anda akan merasakan dingin yang sangat, bahkan bisa dirasakan hingga tulang atau minimal mulut kami bisa kaku karena kedinginan.

Atau seminimalnya, saat kami bernapas atau berkata maka mulut kami akan mengeluarkan asap sinyal kedingnan. Kalau Anda iseng inginkan cek suhunya, barangkali bisa hingga 19 atau 17 derajat celcius.

Siapa mengetahui kamu malah betah disana dan mencari rumah, menjadi tidak harus membeli AC lagi untuk mendinginkan ruangan. Jadi akan lebih hemat listrik.

Kembali ke pembahasan berkenaan suhu 17 derajat yang kami inginkan tadi. Kalau kami inginkan suhu ruangan layaknya suhu di pegunungan yang terlalu dingin, belum tentu Ac yang kami punyai kuat dan bisa sebabkan suhu menjadi terlalu dingin. Kecuali kami gunakan AC bersama dengan kapasitas lebih besar dari kebutuhan.

Misal, di ruangan kantor yang punyai ukuran 3 x 4 meter. Kita inginkan suhu ruangannya minimal 20 derajat berkesinambungan selama hari. Anda bisa menempatkan AC inventer 2,5 PK sebanyak 2 unit di ruangan tersebut.

Pemasangan Ac 2 unit ini dimaksudkan agar AC-nya nyala bergantian, menjadi 1 unit Ac cuma menyala 12 jam saja. Hal ini juga berfungsi agar AC bisa lebih awet dan tahan lama. Jangan lupa juga untuk menempatkan termometer digital di ruangan tersebut dan set suhu di remote AC 19 derajat celcius.

Sebenarnya kami telah coba laksanakan pemasangan bersama dengan metode ini. Setelah kami pantau selama seminggu, suhu ruangan berada di kisaran 19,2 derajat hingga 20,3 derajat celcius.

Dalam kurung kala seminggu selama pantauan tersebut tidak dulu kami dapati suhunya lebih dari 21 derajat celcius, walau di siang hari sekalipun. Untuk itu Anda bisa coba langkah yang telah kami lakukan, jikalau inginkan memperoleh suhu yang di idamkan selama 24 jam non stop.

Sebenarnya di ruangan sebesar itu, jikalau kami ikuti saran pemasangan AC inventer telah lumayan sekiranya gunakan AC 3/4 PK.

Namun, jikalau kamu cuma gunakan AC 3/4 PK, suhu ruangan di siang hari maksimal cuma menyentuh 24-25 derajat celcius, jikalau di malam hari suhunya maksimal cuma bisa capai 23 derajat celcius. Kalau kamu inginkan suhu yang lebih dingin lagi ya harus dinaikkan PK-nya.

Hitungan mudahnya tiap turun 1 derajat PK-nya juga harus dinaikkan. Kembali ke ulasan berkenaan suhu remote untuk Ac inventer. Jika Ac tidak bisa capai suhu remote, maka kompresor akan dipaksa bekerja secara konsisten menerus.

Selain itu watt yang disedot di dalam suasana maksimal terus. Sehingga sebabkan AC-nya lebih boros listrik. Padahal watt maksimum AC inventer lebih tinggi dan Ac non inventer bersama dengan besaran PK yang sama.

Contohnya, untuk AC Daikin Deluxe Thailand 1PK FTM25JV14 Watt-nya adalah konstan di kisaran 722 watt selama AC-nya menyala. Sedangkan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 rentang Watt-nya 220 – 850 Watt.

Kalau keduanya digunakan di ruangan 4×5 meter. Mengapa bisa begitu? Karena ruangan 4×5 semestinya gunakan 1,5 PK, jikalau cuma gunakan 1 PK maka akan lebih banyak menyedot watt.

Misal kamu sudi set suhu remote 23, suhu tersebut tidak akan dulu bisa tercapai. Namun, Ac malah akan bekerja konsisten menerus untuk capai suhu 23 derajat.

Untuk itu sekiranya kamu inginkan membeli Ac inventer sebaiknya mempertimbangkan bersama dengan matang, mengatur luas ruangan bersama dengan kapasitas AC yang akan kamu beli.

Kalau inginkan lebih ringan kamu bisa segera konsultasi bersama dengan penjaja AC-nya. Agar nantinya Ac yang kamu beli tidak under capacity bersama dengan ruangan yang inginkan kamu pasangi Ac.

Untuk survey lokasi dan konsultasi, silahkan hubungi kami dinomor Hp. 081365778899 & nomor telepon 06180088677 
PT. Mechtron Mastevi Indonesia
Jakarta : Greenlake City Rukan CBD Blok M23
Medan : Jl. Krakatau Simp Jl. Mandor No.28
Banda Aceh : Jl. T Hasan Dek, Batoh

Write a Reply or Comment