Beberapa Masalah yang Sering Terjadi Pada AC di Rumah

Air conditioner (AC) atau pendingin ruangan sekarang menjadi tujuan penting tempat tinggal rumah tangga kelompok ruang belajar menengah. AC tidak hanya dipasang di kamar tidur, melainkan diruang keluarga maupun ruang tamu.

Demi untuk kenyaman dan semakin panasnya udara menjadi alasan masyarakat untuk memasangnya AC diruang belajar. Namun seluruh kenyamanan tersebut dapat terganggu saat  AC bermasalah. Pemakaian yang terus-menerus dan tidak cermatnya perawatan perangkat  elektronik tersebut dapat  menjadi penyebab AC akan terkena gangguan.

Ini adalah masalah yang tidak jarang terjadi pada AC di lokasi tempat tinggal Anda, dari sekian banyak sumber:

Salah mengatur Suhu pada ruangan

Ada sekian banyak alat pendingin ruangan di tempat rumah tinggal anda terasa tidak dingin. Yang paling gampang dilihat ialah pada pengontrolan suhu AC sesuai dengan situasi yang ada. Usahakan kita sudah menata suhu AC dengan kondisi yang ada. Jika memang suhu udara tengah panas, Anda dapat menurunkan suhu sampai AC bisa lebih dingin.

Filter Kotor

AC pun akan terasa tidak dingin saat filter atau saringan AC kotor. Filter yang kotor memberi batas aliran udara ke unit AC dan bisa menurunkan kemampuannya menyejukan udara. Jika Anda sudah lama tidak mencuci filter AC, usahakan  kerjakan  segera. Seharusnya filter dibersihkan paling tidak satu bulan sekali. Apalagi andai AC di rumah pakai terus-menerus.

Baca Juga : Sparepart AC York

AC Bocor

Perawatan yang tidak baik dapat menyebabkan AC Anda menjadi bocor. Tandanya biasa ada air yang menetes dari AC. AC bocor umumnya disebabkan saluran pengasingan AC yang terhambat sehingga membuat aliran airnya tidak lancar. Ketika air AC sampai ke bak penampungan, sebab tidak lancarnya saluran pembuangan ini, menjadi menumpuk dan menetes ke luar.

AC Berisik

Masalah lain yang bisa terjadi pada saat ruangan tinggal Anda ada terdengar suara berisik dari AC. Seharusnya AC yang dalam kondisi baik, tidak akan mengeluarkan suara ketika  dinyalakan. Namun andai AC di rumah membunyikan suara, usahakan segera kerjakan  pengecekan. Suara berisik dari AC bisa terjadi karena ada hal, mulai dari ada sekrup atau baut yang kendur, dudukan penopang AC tidak ditempatkan ditempat yang rata, sampai  masalah kompresor.

 

Write a Reply or Comment