Cara Membersihkan AC Daikin yang Baik, Mudah, dan Aman

Cara Membersihkan AC Daikin yang Baik, Mudah, dan Aman

Teknisi HVAC AC menjadi salah satu barang elektronik yang penting ada di dalam sebuah ruangan. Apalagi apabila kita tinggal di daerah yang mempunyai cuaca panas. Tentunya adanya AC akan membuat udara lebih sejuk dan segar. AC berperan penting selain melembapkan udara juga sebagai sirkulasi agar udara di dalam ruangan tetap segar dan tidak berdebu.

Namun, kerja AC sering kali tidak maksimal karena beberapa hal. Salah satunya karena AC tidak di rawat secara rutin dan berkala. Sehingga AC menjadi kotor dan udara yang dihasilkan tidak bisa sejuk dan segar. Oleh karena itu anda perlu mengetahui cara membersihkan AC Daikin yang baik, mudah dan aman. Karena proses pembersihan yang salah justru membuat AC jadi rusak.

Jadi apabila anda kurang menguasai cara membersihkan AC sebaiknya anda mempercayakan pekerjaan ini ke jasa terpercaya yang sudah ahli dalam bidang elektronik, khususnya AC.

Jika AC tidak rutin dibersihkan maka akan banyak debu yang menempel, jamur, kutu, bakteri yang mengganggu kerja AC karena menempel di sela-sela ventilasi, yang kemudian bercampur dengan udara sejuk sehingga udara yang dihasilkan kotor dan konsumsi listrik pun tidak terkontrol.

Berikut Cara membersihkan AC Daikin yang Baik, Mudah, dan Aman

Langkah-langkah membersihkan AC Daikin sesuai prosedur

AC sering kali tidak bertahan lama karena proses perawatannya yang salah. Sering AC sudah kotor butuh dibersihkan namun tidak segera dicuci. Sehingga AC harus bekerja keras dan kerjanya tidak maksimal. Oleh karena itu AC sering rusak dan penggunaannya tidak awet.

Anda perlu mengetahui kapan harus mencuci atau membersihkan AC anda. Karena AC yang bermasalah akan memperlihatkan tanda-tandanya. AC akan mengeluarkan suara yang berisik, debu yang menumpuk dan juga bau apek yang keluar dari AC tersebut. Apabila AC sudah menunjukkan tanda-tanda demikian berarti AC anda sudah waktunya untuk dibersihkan.

Bagian yang bisa dicuci dari AC hanya lah bagian filternya.  Anda bisa melepas bagian filter kemudian mencucinya menggunakan sabun hingga bersih. Berikut prosedur yang harus anda lakukan untuk membersihkan AC dengan benar :

  • Matikan AC terlebih dahulu, cabut colokan kabel yang terhubung dengan AC
  • Cabut filternya lalu bersihkan debunya hingga bersih
  • Bersihkan bagian evaporator AC menggunakan pembersih khusus untuk AC

Demi menjaga kebersihan dan kesegaran udara di dalam ruangan, simak cara membersihkan AC Daikin dengan baik, mudah dan aman berikut ini:

  • AC dimatikan kemudian cabut kabel AC dari sumber listrik.
  • Pada ventilasi dan bilah-bilah AC gunakan alat penyedot debu, kemoceng, lap atau alat lainnya untuk menyingkirkan debu yang terlihat dengan kasap mata.
  • Untuk membersihkan filter dan mencopotnya lihat prosedur aturan yang tertera pada buku panduan.
  • Bersihkan debu pada filter menggunakan mesin pengisap debu atau kuas yang bersih.
  • Cuci filter AC menggunakan air bersih dan sabun agar filter bersih dari semua noda dan debu yang menempel.
  • Keringkan filter AC namun tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak filter tersebut.

AC juga harus dibersihkan setiap satu bulan sekali. Untuk cairan pembersih AC bisa menggunakan cairan yang disemprotkan. Cairan ini dengan mudah anda dapatkan di pasaran. Namun, anda tidak bisa membersihkan unit dalam AC karena ada komponen-komponen yang biasanya dibersihkan hanya oleh jasa khusus pembersih AC.

Untuk perawatan AC sendiri ada beberapa cara khusus agar AC anda tidak mudah rusak dan komponennya awet. Berikut beberapa cara merawat AC yang bisa anda lakukan :

  • Setidaknya penggantian filter maksimal tiga bulan sekali. Sehingga AC dapat menyaring udara agar tetap segar. Namun apabila dibutuhkan, misalkan ada penghuni ruangan yang memiliki alergi debu bisa penggantian filter lebih sering.
  • Setiap anda bepergian dan di ruangan tidak ada penghuni, upayakan untuk selalu mematikan AC agar AC bisa beristirahat.
  • Saat menyalakan AC usahakan untuk pengaturan suhunya bertahap. Jangan langsung atur suhu rendah. Karena AC bekerja lebih keras namun keadaan ruangan tidak bisa langsung dingin. Kerja AC yang terlalu keras memicu AC cepat rusak.
  • Untuk memastikan kebocoran, rutin periksa saluran yang menghubungkan unit di dalam dan di luar. Apabila saluran bocor usahakan segera mengganti saluran.
  • Selain filter ada kumparan AC yang harus dibersihkan. Karena walaupun debu di filter sudah dibersihkan, namun bisa jadi di kumparan masih banyak debu yang menumpuk. Sehingga udara yang dihasilkan pun masih belum seperti yang diharapkan.
  • Periksa termostat, yaitu untuk menjaga temperatur ruangan tetap stabil dan juga AC bekerja dengan benar. Apabila ruangan di tinggal tidak dalam waktu yang lama, maka sebaiknya tidak mematikan AC namun hanya menaikkan temperatur, karena menyalakan AC akan memakan biaya listrik yang cukup tinggi.
  • Cek kondisi kipas secara berkala. Apabila ada pecahan atau kerusakan sebaiknya segera ganti agar kerusakan tidak semakin parah.
  • Untuk mencegah kerusakan yang besar maka sebaiknya lakukan pemeriksaan dan juga perawatan secara berkala dan teratur. Anda bisa mempercayakan ke kami, jasa layanan yang menangani permasalahan AC. Kami sudah terpercaya dan berpengalaman menangani AC.

Mechtron Mastevi Indonesia yang sudah berpengalaman menangani permasalahan AC. Kami juga menjual suku cadang AC dan komponen-komponen lainnya. Perusahaan kami sudah menangani permasalahan yang berhubungan dengan Air Conditioner atau AC dengan skala nasional.

Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi kami di Alamat Kami

Write a Reply or Comment