Cara Mengetahui dan Mengatasi AC Bocor

Salah satu masalah AC yang tidak jarang terjadi pada AC di rumah atau kantor Anda ialah kebocoran air pada AC.

Kebanyakan dari anda tidak tahu kenapa ada air merembes dari AC tersebut, lalu anda tidak memperdulikannya sekitar berbulan-bulan, bahkan hingga bertahun-tahun.
Bila Anda telah lama tidak melakukan servis AC, katakanlah sekitar 6 bulan atau bahkan tak sempat sekian lamanya, maka kebocoran pada AC Anda ialah hal yang wajar terjadi. Kebanyakan, kebocoran pada AC anda terjadi kurang lebih lebih 6 bulan sesudah pembelian dan masing-masing 3 bulan bila tidak diservis. Oleh karena hal tersebut kebocoran pada AC ialah hal yang nyaris pasti terjadi.

Walaupun, sebetulnya rembesan air yang datang dari AC ialah normal. Tetapi, bila l air yang datang dari AC terlalu banyak, maka hal tersebut adalah AC Anda bisa jadi mengalami masalah.

Maka sebaiknya anda perlu mencari tahu apakah penyebab dari kebocoran AC tersebut. Dalam tulisan ini, kami akan mengupayakan menerangkan penyebab kebocoran AC. Berikut di antaranya:

1. Keluarnya Air
Merembesnya air dari AC adalah bagian dari proses kerja AC. Pada normalnya, AC bekerja dengan menghilangkan kelembapan pada ruangan ber-AC tersebut.
Kemudian, kelembapan tersebut akan mengembun dan lalu bercucuran serta lewat saluran pembuang yang di bawah mesin AC. Pada umumnya, akan selalu ada air yang keluar dari mesin AC tersebut.
Bila Anda menyaksikan ada air yang datang dari AC saat AC sedang aktif, maka bisa jadi besar kemungkinan adalah air dari proses kondensasi di AC.

Baca Juga: Distributor Resmi AC DAIKIN

Itu adalah hal yang normal Anda tidak perlu khawatir. Namun, bila air yang datang dari AC tidak sedikit dan di luar batas normal, maka ini indikasi dari kebocoran pada AC Anda. Segera servis ke tukang servis ac untuk memperbaikinya.

2. Kemiringan AC yang Kurang Tepat Pada Saat Dipasang
AC usahakan dipasang sedikit miring ke bagian belakang. Ini akan mengakibatkan air mengalir ke arah salurang pembuangan. Pemasangan posisi yang tidak benar pada AC akan mengakibatkan air dapat merembes dan menetes kea rah luar mesin kemudian dapat mengairi lantai ruangan.

Write a Reply or Comment