Clean Room Equipment

Paket lengkap kebutuhan rumah sakit anda

Kita cenderung menganggap pencemaran udara sebagai sesuatu yang hanya terjadi di luar ruangan. Nyatanya, pencemaran udara tidak hanya terjadi di luar.


Karena untuk di sebuah ruangan pun, ada partikel di udara berupa debu, berbagai macam mikroba, uap kimia, hingga partikel aerosol yang dapat mengganggu pengkondisian udara.


Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa equipment pendukung untuk ruangan yang udaranya akan dikondisikan. Ruangan yang dimaksud adalah Cleanroom. 

Apa Itu Cleanroom?

Kita cenderung menganggap pencemaran udara sebagai sesuatu yang hanya terjadi di luar ruangan. Nyatanya, pencemaran udara tidak hanya terjadi di luar.


Karena untuk di sebuah ruangan pun, ada partikel di udara berupa debu, berbagai macam mikroba, uap kimia, hingga partikel aerosol yang dapat mengganggu pengkondisian udara.


Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa equipment pendukung untuk ruangan yang udaranya akan dikondisikan. Ruangan yang dimaksud adalah Cleanroom. 

Apa yang Dibutuhkan Agar Udara dalam Cleanroom Dapat Dikondisikan dengan Baik?

1. Aliran Udara Cleanroom (Laminar Air Flow)

Dalam penerapannya, cleanroom menjaga partikel bebas di udara melalui penggunaan filter HEPA atau ULPA yang menggunakan prinsip aliran udara laminar atau laminar air flow.

Laminar, atau searah, sistem aliran udara langsung menyaring udara ke bawah atau ke arah horisontal dalam aliran konstan ke arah filter yang terletak di dinding dekat lantai ruang bersih atau melalui panel lantai berlubang yang akan diresirkulasi.

Sistem aliran udara laminar biasanya digunakan melintasi 100% langit-langit untuk mempertahankan aliran searah yang konstan. 

Kemudian, bekerja bersama dengan aliran udara laminar, beberapa filter menghilangkan jumlah partikel yang Anda butuhkan untuk memenuhi standar Cleanroom yang digunakan.

Aliran Udara Laminar adalah cara untuk memastikan bahwa udara mengalir hanya dalam satu arah, mengurangi kemungkinan partikel yang tidak diinginkan masuk di ruang steril Anda.

 Di sebagian besar ruang kebersihan, udara diarahkan dari atas ruangan ke bawah, memastikan partikel yang terkontaminasi didorong keluar, dan tidak punya waktu untuk mendarat di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Aliran udara laminar mendorong udara melalui filter yang menghilangkan partikel.

Saat udara melewati saringan, partikel-partikel menempel pada serat kecil yang ditempatkan secara acak di dalam saringan, dan dengan demikian dikeluarkan dari udara yang masuk ke ruang steril Anda.

Udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA), juga dikenal sebagai penyerap partikulat efisiensi tinggi dan penangkapan partikulat efisiensi tinggi, adalah standar efisiensi filter udara.

Filter yang memenuhi standar HEPA harus memenuhi tingkat efisiensi tertentu. Standar umum mensyaratkan bahwa filter udara HEPA harus menghilangkan — dari udara yang melewati — setidaknya 99,95% (Standar Eropa) atau 99,97% (ASME, US DOE) dari partikel yang diameternya lebih besar dari atau sama dengan 0,3 μm. 

Filter Hepa sebagian besar digunakan di gedung rumah sakit, ruang operasi dan terutama di kamar bersih. Karena memiliki struktur yang aman dan gravitasinya sangat bagus, ia menjaga keseimbangan kelembaban, suhu, debu, dan elemen-elemen lain di lingkungan dan menyediakan lingkungan yang lebih sehat.

Sedang Mencari Clean Room Equipment?

Kontraktor HVAC Menyediakan Semua Kebutuhan Pengkondisian Tata Udara untuk Cleanroom

2. Pass Box

Pass Box berfungsi sebagai daerah penyangga untuk memindahkan barang  dari dalam ke luar kamar yang bersih. Dengan adanya pass Box, dapat mencegah gangguan aliran udara dan tekanan udara dalam ruangan yang bersih, yang disebabkan oleh pembukaan pintu untuk proses pemindahan tersebut.


Box dipasang di dinding antara dua kamar untuk meminimalkan kontaminasi selama pemindahan barang

3. UV Light

Bersama dengan HEPA Filter, fungsi UV Lights adalah:

1. Efektif membunuh mikroorganisme berbahaya: membunuh bakteri, virus, mikroorganisme dengan sangat efisien

2. Dekomposisi senyawa organik yang mudah menguap seperti benzena, formaldehida, alkohol, TVOC dan senyawa organik kimia lainnya

3. Menghilangkan bau: secara efektif dapat menghilangkan yang berasal dari pembusukan dan reaksi kimia lainnya yang menghasilkan bau aneh; menghilangkan sampah, stasiun pompa limbah, bau tanaman kimia.


Perangkat yang kini bayak digunakan bayak kalangan ini setidaknya punya 5 kaarakter utama 

1. Efisiensi teknologi pemurnian ion hidrogen cahaya ozon atau sinar ultraviolet beberapa kali harus digunakan sendiri, dengan sejumlah besar bakteri kecepatan membunuh di udara dalam waktu singkat.

2. Tidak meninggalkan residu kimia saat penggunaan

3. Tidak perlu mengganti persediaan. Maka, ini bisa mengurangi biaya operasi

4. Konsumsi energi sangat rendah, di mana setiap unit perangkat pemurnian ion hidrogen cahaya setara dengan bola lampu biasa

5. Minimalis suara bising dan hambatan angin ultra yang rendah.

6. Dekomposisi yang cepat untuk gas berbahaya kimia dan bau, menyelesaikan partikel tersuspensi, membunuh bakteri, virus, jamur dan kontaminan mikroba lainnya.

Klasifikasi Cleanroom

1.

Dalam Standar Federal 209 (A ke D) Amerika Serikat, jumlah partikel yang sama dengan dan lebih besar dari 0,5μm diukur dalam satu kaki kubik udara. Jumlah ini digunakan untuk mengklasifikasikan ruang bersih.


Nomenklatur metrik ini juga diterima dalam versi 209E terbaru dari Standar Federal Standard 209E yang digunakan di dalam negeri. Standar yang lebih baru adalah TC 209 dari Organisasi Standar Internasional. 


Kedua standar mengklasifikasikan ruang bersih dengan jumlah partikel yang ditemukan di udara laboratorium. Standar klasifikasi Cleanroom FS 209E dan ISO 14644-1 memerlukan pengukuran dan perhitungan jumlah partikel khusus untuk mengklasifikasikan tingkat kebersihan cleanroom atau area bersih. 


Di Inggris, British Standard 5295 digunakan untuk mengklasifikasikan Cleanroom. Standar ini akan digantikan oleh BS EN ISO 14644-1.

2.

Jumlah besar seperti "kelas 100" atau "kelas 1000" merujuk ke FED_STD-209E, dan menunjukkan jumlah partikel ukuran 0,5 μm atau lebih besar yang diizinkan per kaki kubik udara. Standar ini juga memungkinkan interpolasi, sehingga dimungkinkan untuk menggambarkan misalnya "kelas 2000."


Jumlah kecil mengacu pada standar ISO 14644-1, yang menentukan logaritma desimal dari jumlah partikel 0,1 μm atau lebih besar yang diizinkan per meter kubik udara. Jadi, misalnya, Cleanroom kelas 5 ISO memiliki paling banyak 105 = 100.000 partikel per m³.Baik FS 209E dan ISO 14644-1 mengasumsikan hubungan log-log antara ukuran partikel dan konsentrasi partikel. 


Untuk alasan itu, tidak ada yang namanya konsentrasi partikel nol. Udara ruangan biasa adalah sekitar kelas 1.000.000 atau ISO 9.Sistem penyaringan udara adalah komponen terpenting dari Cleanroom atau ruang steril. 


Filter dirancang untuk menghilangkan partikel di udara ke ukuran sub-mikron. Filter dengan standar High-Efficiency Particulate Air (HEPA) akan menangkap partikel udara hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,975%.