Instalasi Ruang Isolasi Rumah Sakit Penanganan Penyakit menular

Kontraktor HVAC  Spesialis Tata Udara Rumah Sakit

Apa sebenarnya ruang isolasi dan apa saja equipment yang dibutuhkan?


Sebagai ahli system tata udara, Kontraktor HVAC merasa perlu berkontribusi untuk mendukung pemerintah dan pengelola rumah sakit. Rumah sakit memang seharusnya memiliki ruang isolasi untuk meminimalisir kasus penularan infeksi.


Ruang isolasi dipergunakan untuk menahan penyebaran penyakit agar tidak menjadi suatu kejadian luar biasa atau KLB. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengkondisian udara di rumah sakit.


Hal ini juga diatur oleh Permenkes dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit.

Ruang isolasi merupakan ruangan yang di desain khusus dan terpisah dari pasien lain.


Sebagaimana yang kita lihat, gambar di bawah ini menunjukkan system HVAC dengan pengaturan udara untuk ruangan bertekanan negative.


Terdapat anteroom yang dirancang untuk memberikan "air-lock" antara pasien menular dan pasien tidak menular atau pasien umum dan tenaga medis lain yang bertugas. 


Air lock berada di sebelah ruang pasien. Udara akan mengalir dari ruang anteroom ke ruang isolasi. Kontrol tekanan dipertahankan oleh modulasi pasokan utama dan exhaust fan berdasarkan sinyal dari transfer tekanan yang terletak di dalam ruang isolasi. 


Penting bagi pengelola rumah sakit untuk memerhatikan fasilitas dan infrastruktur ruang isolasi untuk pengendalian penyebaran penyakit ataupun infeksi.

Klik, tahan, geser untuk melihat ruang isolasi negatif untuk penanganan pasien virus corona dalam bentuk 3D

Kontraktor HVAC Spesialis Instalasi Ruang Isolasi


Anda sedang membutuhkan instalasi ruang isolasi di rumah sakit yang anda kelola? atau anda seorang kontraktor / konsultan yang sedang mengerjakan proyek Ruang Isolasi?  

Ini adalah saat yang tepat untuk berkonsultasi dan menemukan rincian yang anda butuhkan. [klik] tombol konsultasi di bawah ini:

HEPA FILTER

HEPA filter diperlukan di ruang isolasi untuk pemurnian udara. Tujuannya agar virus, bakteri, dan partikel buruk di udara lainnya tidak cepat menyebar dan berkembang biak.


HEPA (High Effeciency Particulate Air) adalah filter udara dengan particulate efisiensi yang tinggi.HEPA filter mampu menangkap 99.97% partikel terkecil 0.3 mikron atau yang lebih besar.


Exhaust Fan 

Exhaust fan merupakan jenis kipas angin yang tidak hanya menciptakan udara, tapi juga memiliki fungsi membantu sirkulasi udara dalam ruangan agar tetap bersih dan segar.


Dalam ruang isolasi, Exhaust fan berada pada suatu titik dalam sistem saluran yang akan memastikan saluran berada di bawah tekanan negatif selama pengkondisiannya di dalam ruangan.


Exhaust fan bekerja dengan cara menyedot atau menghisap udara. Setelah menyedot atau menghisap udara di dalam ruangan alat ini akan mengalirkan udara kotor tersebut dan membuangnya ke luar ruangan.


Udara bersih dari luar rungan akan masuk ke dalam ruangan melalui lubang ventilasi dan menggantikan udara kotor yang telah terhisap. Proses ini terjadi berulang kali selama exhaust fan tepasang dengan baik.


Selama proses penghisapan, pemurnian, dan pembuangan udara, pembuangan udara kotor tidak boleh menbahayakan orang-orang atau staf di luar ruangan.Oleh karenanya, dibutuhkan  teknik kontrol tambahan untuk membersihkan udara yang diindikasikan dari penilaian risiko dari ruang isolasi.


Teknik control itu dinamakan Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI) yang diletak di saluran exhaut udara dari sistem HVAC yang juga  terpasang Filter HEPA untuk filtrasi udara.

hvac Alpha Particle Hydroxylation Technology

APHT, adalah akronim dari Alpha Particle Hydroxylation Technology yang merupakan metode desinfeksi menggunakan sinar ultraviolet gelombang pendek produk khusus dari kontraktor HVAC.


Metode ini digunakan untuk membunuh atau menonaktifkan mikroorganisme dengan enghancurkan asam nukleat dan mengganggu DNA mereka. APHT digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pemurnian makanan, udara, dan air.


Keseluruhan equipment ini merupakan satu kesatuan dari kebutuhan ruang isolasi. Seperti yang sudah dikatakan, memang seharusnya ruang isolasi yang baik ada di setiap rumah sakit untuk pencegahan penularan berbagai penyakit dan infeksi.


Kontraktor HVAC Spesialis Instalasi Ruang Isolasi

Dengan pengalaman 15 tahun kami sudah sangat memahami bagaimana pengerjakan proyek tata udara di rumah sakit


Ingin informasi lebih lanjut? silahkan [klik] tombol konsultasi di bawah ini untuk informasi selangkapnya.

Komitmen Kontraktor HVAC untuk turut membantu mengurangi penyebaran Covid-19

Selama masa pandemic Corona, kami berkomitmen untuk turut membantu mengurangi penyebaran Virus Corona dengan pengadaan

  • Transport Isolation Chamber
  • Sterilization Chamber
  • Portable Container Isolation Room
  • Biosafety Laboratorium

Transport Isolation Chamber

Transport Isolation Chamber adalah alat transportasi yang safety untuk pasien yang diduga telah positif COVID-19 untuk melindungi para medis dari penularan Virus Corona yang diderita pasien saat menjemput pasien dari tempat tinggal ke rumah sakit.


Transport Isolation Chamber dari Kontraktor HVAC telah terdaftar di Kemenkes untuk Izin Edar Alat Kesehatan, Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga.

Surat informasi produk nya bisa dilihat dan download di bawah ini

MINIMALISIR RESIKO PENULARAN VIRUS CORONA DENGAN sterilization CHAMBER

Untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, Sterilization Chamber digunakan untuk menyemprot APD para garda depan penanganan pasien terinfeksi, 


Sterilization Chamber ini berbentuk seperti lorong yang di dalamnya telah dipasang alat untuk mengeluarkan cairan disinfectant yang berfungsi untuk sterilisasi APD yang melewatinya.


Sterilization Chamber berguna untuk diletakkan di rumah sakit atau di mana saja tempat penanganan pasien Covid-19. Bila pengguna mengaharuskan dirinya untuk sterilisasi APD, bisa menggunakan alat yang di dalamnya dilengkapi sensor ini. 



Portable Container IsolaTion Room

Selain menyediakan ruang isolasi di dalam gedung, Kontraktor HVAC juga menyediakan instalasi Portable Container Isolation Room.

Portable Container Isolation Room lebih efisien waktu dalam pengerjannya. Hanya membutuhkan waktu 7 hari sejak material tersedia


Untuk mencegah berkembang biak dan tumbuh suburnya mikroorganisme penyebab penyakit, terutama di ruang Isolasi, maka diperlukan sistem tata udara khusus untuk menghindarkan penularan penyakit dan memperoleh tingkat kenyamanan termal.


Sistem tata udara khusus terdiri dari beberapa parameter yang perlu dikontrol, yaitu pengaturan temperatur, kelembaban udara, jumlah udara ventilasi, kebersihan dan tekanan positif dan negatif di dalam ruangan serta distribusi udara di dalam ruangan.


Pencanangan oleh Badan Kesehatan Dunia sebagai upaya pencegahan dan perlindungan terhadap petugas medis agar tidak terpapar mikroorganisme jenis baru ini, para tenaga kesehatan harus memakai APD/PPE (Personal Protective Equipment).


Ruang perawatan isolasi dilengkapi :

1.    Ruangan antara kedap udara (airlock) dan tekanan ruangan dibuat -5Pa terhadap koridor, sedangkan ruangan perawatan isolasi pasien termasuk toilet di dalamnya dibuat tekanan -15Pa.


2.    Koridor direkomendasikan memiliki tekanan positif, karena fungsinya sekaligus sebagai airlock yang ke-2, dan sebagai area tempat tenaga kesehatan memonitor pasien sehingga diharapkan sistem tata udara di koridor dapat mengurangi kontaminan yang dibawa oleh petugas kesehatan setelah keluar dari ruangan pasien.


3.    Pada ruang utilitas kotor, tekanan udara dibuat berjenjang yaitu ruangan spoelhook dibuat tekanan -10Pa dan airlock kotor dibuat -5 Pa.

Konsultasikan Kebutuhan Anda Segera

Kami siap membantu anda dalam pengadaan dan instalasi Portable Container Isolasion Room

Kami melayani Klien dari seluruh Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk berkonsultasi

Biological safety Laboratorium Level 3

Rapid dan Swab test dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus atau tidak. Dari rapid atau swab test, yang bisa memberikan hasil akurat adalah swab test.


Namun untuk melakukan swab test, diperlukan sebuah laboratorium yang memenuhi standar keamanan yang memadai. Tujuannya agar tidak menimbulkan bahaya kesehatan, baik bagi para peneliti juga ligkungannya. Lalu, seperti apa standar keamanan untuk melakukan swab test virus corona / penyakit menular?


Lab Biosafety merupakan area kerja laboratorium dengan ventilasi udara yang telah direkayasa untuk mengamankan pekerja yang bekerja dengan sampel material, lingkungan kerja dan sampel material dari kemungkinan bahaya terkontaminasi atau menimbulkan penyebaran bakteri atau virus yang bersifat patogen.

PROJEK RUANG ISOLASI YANG SEDANG BERJALAN

RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH PANGKAL PINANG

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH GUNUNG SITOLI NIAS

RUMAH SAKIT PHC PELINDO MEDAN

RSUD IR SOEKARNO BANGKA BELITUNG

RSUD IDAMAN BANJAR BARU

RUMAH SAKIT PABATU TEBING TINGGI

RSUD AL-IHSAN BANDUNG

RSUD PANDEGA - PANGANDARAN

RSUD Labuha Halmahera

RSUD kota Batam

RSUD. MESUJI - Lampung

RSUD. sibolga

RSUD. sidempuan

RSUD. Dr. M. Djamil Padang

RSUD PANIAI - PAPUA

rs sungai rumba sumatera

Mengapa Harus Kontraktor HVAC?

Memilih kontraktor bukan lah hal yang mudah dan perlu pertimbangan yang mendalam untuk menentukan keputusan mempercayakan proyek. Apalagi proyek yang besar pasti juga memiliki resiko yang besar pula.
Kami Kontraktor HVAC sangat layak untuk menjadi pertimbangan ada karena kami :

Berpengalaman sejak 2005

Hingga saat ini kami dipercaya untuk menangani proyek tata udara, bukan hanya di masalah tata udara di rumah sakit, tapi juga semua aspek bisnis mulai dari perumahan hingga industri.
dengan pengalaman selama 15 tahun 

Free Consultation

Anda dapat berkonsultasi tentang masalah tata udara rumah sakit anda secara gratis dengan tim ahli kami, kami akan memberikan solusi terbaik untuk anda.

Professional Contraktor

Anda dapat berkonsultasi tentang masalah tata udara rumah sakit anda secara gratis dengan tim ahli kami, kami akan memberikan solusi terbaik untuk anda.

Layanan seluruh indonesia

Kami telah mengembangkan sayap dan melayani seluruh permintaan jasa kami di seluruh daerah di indonesia dari sabang sampai merauke

Harga Sesuai 

Kami mematok harga sesuai dengan tingkat kesulitan dan proporsional untuk setiap jenis dan besaran proyek

Banyak klien puas

Banyak Kontraktor & Pemilik / pengelola rumah sakit yang puas dengan pengerjaan kami, bahkan menjadi langganan dengan kami untuk setiap proyek sistem tata udara

Proses Layanan

  1. 1
    Komunikasi & konsultasi

    Langkah awal , kami akan berkomunikasi dengan calon klien dan membicarakan segala hal mengenai projek yang ingin di jalankan
  2. 2
    Penyesuaian gambar objek proyek

    Calon klien akan diminta mengirimkan gambaran bentuk bangunan / objek proyek untuk membuat perencanaan dan perhitungan biaya
  3. 3
    Perencanaan dan penghitungan harga

    Tim ahli kontraktor HVAC akan merencanakan dan menentukan harga pengerjaan proyek lalu menyerahkannya kepada calon klien. *Harga bisa di negosiasikan hingga cocok
  4. 4
    Deal & Pembuatan Kontrak

    Apabila sudah ada persetujuan harga antara kedua belah pihak, di lanjutkan dengan pembuatan kontrak proyek
  5. 5
    Pengiriman teknisi ahli & unit , Pengerjaan Projek

    Kami akan mengirimkan unit dan teknisi ahli untuk pengerjaan proyek dan di kerjakan sesuai standar dan sesuai dengan kontrak yang di setujui hingga proyek selesai 
  6. 6
    Training Manual Book & Maintenance

    Setelah proyek selesai di kerjakan, kami memberikan training kepada pengelola proyek dalam penggunaan unit dan cara maintenance nya
  7. 7
    Serah terima

Spesial Guarantee

Garansi Sparepart unit 1 tahun

Training Manual Book & maintenance

Garansi Ketersediaan Sparepart 5 tahun

Keputusan Ada Di Tangan Anda

Anda bisa saja mencari kontraktor lain, tapi apakah anda bisa pastikan pengalaman dan garansi seperti yang kami miliki?,

Jika anda serius ingin bekerja sama dengan kami silahkan klik tombol di bawah ini

CONTACT US

Our Location


JAKARTA Rukan CBD Green Lake City , Blok M23, Jakarta Barat, Map It


MEDAN Jl. Mandor Simpang Krakatau No.28, Medan Timur, Map It


BANDA ACEH Jl. Prof. dr. Moh Hasan No.88, Batoh, Banda Aceh (sebelah Bank Mustaqim), Map It


No Telepon / No WA

081365778899

Email

ABOUT US

PT.Mechtron Mastevi Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang sistem tata udara atau lebih dikenal sebagai Heat Ventilation & Air Conditioning (HVAC) di Indonesia. Mulai beroperasi pada tahun 2005 pengalaman dan keahlian kami mencakup proyek perumahan, rumah sakit, industri, apartemen dll.

Meliputi Perencanaan, Pengadaan & Instalasi. Read more..

×

Hello!

Klik di bawah ini untuk berkomunikasi langsung dengan kami melalui WhatsApp atau email ke admin@kontraktorhvac.com

× CHAT VIA WHATSAPP