Instalasi Ruang Isolasi Rumah Sakit Penanganan Pasien Virus Corona

Kontraktor HVAC  Spesialis Tata Udara Rumah Sakit

Penyebaran virus Corona di Indonesia terbilang massive. Hinga per 18 Maret 2020, pasien positif Corona di Indonesia bertambah 55, menjadi 227 orang. Berbagai pihak turut melakukan berbagai cara untuk mencegah virus tidak semakin menyebar.


Seperti yang dilakukan gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Dalam rapat siaga Corona, beliau menginstruksikan seluruh rumah sakit di daerah agar menyiapkan ruang isolasi, terutama yang berkapasitas besar.


Apa sebenarnya ruang isolasi dan apa saja equipment yang dibutuhkan?


Sebagai ahli system tata udara, Kontraktor HVAC merasa perlu berkontribusi untuk mendukung kebijakan Gubernur Sumut. Rumah sakit memang seharusnya memiliki ruang isolasi untuk meminimalisir kasus penularan infeksi.

Ruang isolasi dipergunakan untuk menahan penyebaran penyakit agar tidak menjadi suatu kejadian luar biasa atau KLB. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengkondisian udara di rumah sakit.


Hal ini juga diatur oleh Permenkes dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit.

Ruang isolasi merupakan ruangan yang di desain khusus dan terpisah dari pasien lain.


Sebagaimana yang kita lihat, gambar di atas menunjukkan system HVAC dengan pengaturan udara untuk ruangan bertekanan negative.


Terdapat anteroom yang dirancang untuk memberikan "air-lock" antara pasien menular dan pasien tidak menular atau pasien umum dan tenaga medis lain yang bertugas. 


Air lock berada di sebelah ruang pasien. Udara akan mengalir dari ruang anteroom ke ruang isolasi. Kontrol tekanan dipertahankan oleh modulasi pasokan utama dan exhaust fan berdasarkan sinyal dari transfer tekanan yang terletak di dalam ruang isolasi. 


Penting bagi pengelola rumah sakit untuk memerhatikan fasilitas dan infrastruktur ruang isolasi untuk pengendalian penyebaran penyakit ataupun infeksi.

Klik, tahan, geser untuk melihat ruang isolasi negatif untuk penanganan pasien virus corona dalam bentuk 3D

Ruang isolasi ini tentu beda dengan ruang rawat inap biasa. Hal yang paling membedakannya adalah tekanan udara dalam ruang isolasi.


Ruang isolasi harus bertekanan udara negative. Yang artinya, udara dalam ruang isolasi lebih rendah dibanding udara luar. Alat pengukur tekanan udara ini dinamakan magnehelic, yang nantinya bisa dilihat seberapa besar tekanan yang diberikan sesuai dengan diagnose dokter yang bertugas atau berjaga.


Selain magnehelic, komponen lain yang harus ada dalam ruang isolasi adalah HEPA filter, Exhaust Fan dan juga UV Light.

Kontraktor HVAC Spesialis Instalasi Ruang Isolasi


Selama masa pandemic Corona, kami berkomitmen untuk turut membantu penanganan pasien terinfeksi Corona dengan pengadaan Ruang Isolasi Bertekanan Negative.


Ruang isolasi ini juga membantu menekan angka penularan agar tidak semakin banyak

HEPA FILTER

HEPA filter diperlukan di ruang isolasi untuk pemurnian udara. Tujuannya agar virus, bakteri, dan partikel buruk di udara lainnya tidak cepat menyebar dan berkembang biak.


HEPA adalah akronim dari High Effeciency Particulate Air, yang berarti, HEPA filter adalah filter udara dengan particulate efisiensi yang tinggi.

Filter jenis ini baik untuk digunakan sebagai pembersih atau implementasi ruang-ruang dengan pengkondisian udara khusus.


Selain HEPA, ada 2 jenis filter lainnya yaitu Pre dan Medium Filter. Namun untuk bisa mendapat klaim HEPA, filter tersebut harus diuji melalui Institut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lingkungan . 


Hasil dari pengujian tersebut adalah yang menyatakan bahwa HEPA filter mampu menangkap 99.97% partikel terkecil 0.3 mikron atau yang lebih besar.


HEPA filter menangkap kontaminan udara dalam jaring serat yang kompleks. Metode tangkapnya juge berbeda, bergantung pada ukuran partikel. Cara yang dimaksud adalah impaksi, inersia, difusi, intersepsi atau pengayaan.


Kontaminan yang lebih besar terperangkap melalui inersia dan pengayaan. Partikel-partikel tersebut bertabrakan dengan serat dan menjadi terperangkap saat mecoba melakukan perjalanan melalui serat.


Partikel yang berukuran sedang ditangkap oleh serat melalui intersepsi saat mereka bergerak melewati filter.

Sedangkan partikel yang lebih kecil dihamburkan saat mereka melakukan perjalanan melalui filter hingga akhirnya bertabrakan dengan serat dan terperangkap.

Exhaust Fan 

Adapun untuk menjaga tekanan agar berada di titik negative, dibutuhkan exhaust fan. Exhaust fan merupakan jenis kipas angin yang tidak hanya menciptakan udara, tapi juga memiliki fungsi membantu sirkulasi udara dalam ruangan agar tetap bersih dan segar.


Dalam ruang isolasi, Exhaust fan berada pada suatu titik dalam sistem saluran yang akan memastikan saluran berada di bawah tekanan negatif selama pengkondisiannya di dalam ruangan.


Exhaust fan bekerja dengan cara menyedot atau menghisap udara. Alat ini berbeda dengan jenis kipas angin biasa yang hanya menciptakan angin saja. Setelah menyedot atau menghisap udara di dalam ruangan alat ini akan mengalirkan udara kotor tersebut dan membuangnya ke luar ruangan.


Penyedotan dan pembuangan udara kotor akan membuat kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik. Hal ini karena volume udara kotor di dalam ruangan menjadi berkurang.


Kemudian udara bersih dari luar rungan akan masuk ke dalam ruangan melalui lubang ventilasi dan menggantikan udara kotor yang telah terhisap. Proses ini terjadi berulang kali selama exhaust fan tepasang dengan baik.


Selama proses penghisapan, pemurnian, dan pembuangan udara, pembuangan udara kotor tidak boleh menbahayakan orang-orang atau staf di luar ruangan.

Oleh karenanya, dibutuhkan  teknik kontrol tambahan untuk membersihkan udara yang diindikasikan dari penilaian risiko dari ruang isolasi.


Teknik control itu dinamakan Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI) yang diletak di saluran exhaut udara dari sistem HVAC yang juga  terpasang Filter HEPA untuk filtrasi udara.

UV Light

UVGI, adalah akronim dari Ultraviolet Germicidal Irradiation yang merupakan metode desinfeksi menggunakan sinar ultraviolet gelombang pendek.


Metode ini digunakan untuk membunuh atau menonaktifkan mikroorganisme dengan enghancurkan asam nukleat dan mengganggu DNA mereka. UVGI digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pemurnian makanan, udara, dan air.


Keseluruhan equipment ini merupakan satu kesatuan dari kebutuhan ruang isolasi. Seperti yang sudah dikatakan, memang seharusnya ruang isolasi yang baik ada di setiap rumah sakit untuk pencegahan penularan berbagai penyakit dan infeksi.


Terlebih, penyebaran virus corona yang kini menjadi pandemi global. Berbagai penanganan untuk pencegahan memang diperlukan agar penyebarannya bisa dihentikan. Salah satunya penanganan preventif yang diusulkan oleh gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.


Kontraktor HVAC mendukung kebijakan ini. Jika ada rekanan atau pengelola rumah sakit yang merencanakan instalasi ruangan isolasi, bisa terlebih dahulu berdiskusi dengan tim kami. Kontraktor HVAC siap membantu untuk menyediakan equipments dan instalalasi ruang isolasi.

Kontraktor HVAC Spesialis Instalasi Ruang Isolasi

Selama masa pandemic Corona, kami berkomitmen untuk turut membantu penanganan pasien terinfeksi Corona dengan pengadaan Ruang Isolasi Bertekanan Negative.


Ruang isolasi ini juga membantu menekan angka penularan agar tidak semakin banyak

MINIMALISIR RESIKO TERKENA WABAH CORONA DENGAN DISINFECTANT CHAMBER

Untuk menekan jumlah masyarakat yang terinfeksi COVID-19, kita bisa menggunakan Disinfectant Chamber.


Disinfectant Chamber ini berbentuk seperti lorong yang di dalamnya telah dipasang alat untuk mengeluarkan cairan disinfectant yang berfungsi untuk sterilisasi orang yang melewatinya.


Disinfectant Chamber berguna untuk diletakkan di ruang publik atau sarana umum seperti di depan pintu perkantoran, pintu rumah sakit, dan lain-lain. Bila seseorang ingin masuk ke rumah sakit (misalnya) harus melewati Disinfectant Chamber  terlebih dahulu, agar kesterilan di dalam rumah sakit tetap terjaga.


Di bawah ini adalah gambar Disinfectant Chamber  dalam bentuk 3D.

Konsultasikan Kebutuhan Anda Segera

Kami siap membantu anda dalam pengadaan dan instalasi Ruang Isolasi dan Disinfectant Chamber.

Kami melayani Klien dari seluruh Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk berkonsultasi