Instalasi Ruang Isolasi Rumah Sakit Penanganan Pasien Virus Corona

Kontraktor HVAC  Spesialis Tata Udara Rumah Sakit

Penyebaran virus Corona di Indonesia terbilang massive. Hinga per 18 Maret 2020, pasien positif Corona di Indonesia bertambah 55, menjadi 227 orang. Berbagai pihak turut melakukan berbagai cara untuk mencegah virus tidak semakin menyebar.


Seperti yang dilakukan gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Dalam rapat siaga Corona, beliau menginstruksikan seluruh rumah sakit di daerah agar menyiapkan ruang isolasi, terutama yang berkapasitas besar.


Apa sebenarnya ruang isolasi dan apa saja equipment yang dibutuhkan?


Sebagai ahli system tata udara, Kontraktor HVAC merasa perlu berkontribusi untuk mendukung kebijakan Gubernur Sumut. Rumah sakit memang seharusnya memiliki ruang isolasi untuk meminimalisir kasus penularan infeksi.

Ruang isolasi dipergunakan untuk menahan penyebaran penyakit agar tidak menjadi suatu kejadian luar biasa atau KLB. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengkondisian udara di rumah sakit.


Hal ini juga diatur oleh Permenkes dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit.

Ruang isolasi merupakan ruangan yang di desain khusus dan terpisah dari pasien lain.


Sebagaimana yang kita lihat, gambar di atas menunjukkan system HVAC dengan pengaturan udara untuk ruangan bertekanan negative.


Terdapat anteroom yang dirancang untuk memberikan "air-lock" antara pasien menular dan pasien tidak menular atau pasien umum dan tenaga medis lain yang bertugas. 


Air lock berada di sebelah ruang pasien. Udara akan mengalir dari ruang anteroom ke ruang isolasi. Kontrol tekanan dipertahankan oleh modulasi pasokan utama dan exhaust fan berdasarkan sinyal dari transfer tekanan yang terletak di dalam ruang isolasi. 


Penting bagi pengelola rumah sakit untuk memerhatikan fasilitas dan infrastruktur ruang isolasi untuk pengendalian penyebaran penyakit ataupun infeksi.

Klik, tahan, geser untuk melihat ruang isolasi negatif untuk penanganan pasien virus corona dalam bentuk 3D

Kontraktor HVAC Spesialis Instalasi Ruang Isolasi


Selama masa pandemic Corona, kami berkomitmen untuk turut membantu penanganan pasien terinfeksi Corona dengan pengadaan Ruang Isolasi Bertekanan Negative.


Ruang isolasi ini juga membantu menekan angka penularan agar tidak semakin banyak

HEPA FILTER

HEPA filter diperlukan di ruang isolasi untuk pemurnian udara. Tujuannya agar virus, bakteri, dan partikel buruk di udara lainnya tidak cepat menyebar dan berkembang biak.


HEPA adalah akronim dari High Effeciency Particulate Air, yang berarti, HEPA filter adalah filter udara dengan particulate efisiensi yang tinggi.

Filter jenis ini baik untuk digunakan sebagai pembersih atau implementasi ruang-ruang dengan pengkondisian udara khusus.


Selain HEPA, ada 2 jenis filter lainnya yaitu Pre dan Medium Filter. Namun untuk bisa mendapat klaim HEPA, filter tersebut harus diuji melalui Institut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lingkungan . 


Hasil dari pengujian tersebut adalah yang menyatakan bahwa HEPA filter mampu menangkap 99.97% partikel terkecil 0.3 mikron atau yang lebih besar.


HEPA filter menangkap kontaminan udara dalam jaring serat yang kompleks. Metode tangkapnya juge berbeda, bergantung pada ukuran partikel. Cara yang dimaksud adalah impaksi, inersia, difusi, intersepsi atau pengayaan.


Kontaminan yang lebih besar terperangkap melalui inersia dan pengayaan. Partikel-partikel tersebut bertabrakan dengan serat dan menjadi terperangkap saat mecoba melakukan perjalanan melalui serat.


Partikel yang berukuran sedang ditangkap oleh serat melalui intersepsi saat mereka bergerak melewati filter.

Sedangkan partikel yang lebih kecil dihamburkan saat mereka melakukan perjalanan melalui filter hingga akhirnya bertabrakan dengan serat dan terperangkap.

Exhaust Fan 

Adapun untuk menjaga tekanan agar berada di titik negative, dibutuhkan exhaust fan. Exhaust fan merupakan jenis kipas angin yang tidak hanya menciptakan udara, tapi juga memiliki fungsi membantu sirkulasi udara dalam ruangan agar tetap bersih dan segar.


Dalam ruang isolasi, Exhaust fan berada pada suatu titik dalam sistem saluran yang akan memastikan saluran berada di bawah tekanan negatif selama pengkondisiannya di dalam ruangan.


Exhaust fan bekerja dengan cara menyedot atau menghisap udara. Alat ini berbeda dengan jenis kipas angin biasa yang hanya menciptakan angin saja. Setelah menyedot atau menghisap udara di dalam ruangan alat ini akan mengalirkan udara kotor tersebut dan membuangnya ke luar ruangan.


Penyedotan dan pembuangan udara kotor akan membuat kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik. Hal ini karena volume udara kotor di dalam ruangan menjadi berkurang.


Kemudian udara bersih dari luar rungan akan masuk ke dalam ruangan melalui lubang ventilasi dan menggantikan udara kotor yang telah terhisap. Proses ini terjadi berulang kali selama exhaust fan tepasang dengan baik.


Selama proses penghisapan, pemurnian, dan pembuangan udara, pembuangan udara kotor tidak boleh menbahayakan orang-orang atau staf di luar ruangan.

Oleh karenanya, dibutuhkan  teknik kontrol tambahan untuk membersihkan udara yang diindikasikan dari penilaian risiko dari ruang isolasi.


Teknik control itu dinamakan Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI) yang diletak di saluran exhaut udara dari sistem HVAC yang juga  terpasang Filter HEPA untuk filtrasi udara.

UV Light

UVGI, adalah akronim dari Ultraviolet Germicidal Irradiation yang merupakan metode desinfeksi menggunakan sinar ultraviolet gelombang pendek.


Metode ini digunakan untuk membunuh atau menonaktifkan mikroorganisme dengan enghancurkan asam nukleat dan mengganggu DNA mereka. UVGI digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pemurnian makanan, udara, dan air.


Keseluruhan equipment ini merupakan satu kesatuan dari kebutuhan ruang isolasi. Seperti yang sudah dikatakan, memang seharusnya ruang isolasi yang baik ada di setiap rumah sakit untuk pencegahan penularan berbagai penyakit dan infeksi.


Terlebih, penyebaran virus corona yang kini menjadi pandemi global. Berbagai penanganan untuk pencegahan memang diperlukan agar penyebarannya bisa dihentikan. Salah satunya penanganan preventif yang diusulkan oleh gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.


Kontraktor HVAC mendukung kebijakan ini. Jika ada rekanan atau pengelola rumah sakit yang merencanakan instalasi ruangan isolasi, bisa terlebih dahulu berdiskusi dengan tim kami. Kontraktor HVAC siap membantu untuk menyediakan equipments dan instalalasi ruang isolasi.

Kontraktor HVAC Spesialis Instalasi Ruang Isolasi

Selama masa pandemic Corona, kami berkomitmen untuk turut membantu penanganan pasien terinfeksi Corona dengan pengadaan Ruang Isolasi Bertekanan Negative.


Ruang isolasi ini juga membantu menekan angka penularan agar tidak semakin banyak

Komitmen Kontraktor HVAC untuk turut membantu mengurangi penyebaran Covid-19

Selama masa pandemic Corona, kami berkomitmen untuk turut membantu mengurangi penyebaran Virus Corona dengan pengadaan

  • Transport Isolation Chamber
  • Sterilization Chamber
  • Portable Container Isolation Room
  • Biosafety Laboratorium

Transport Isolation Chamber

Transport Isolation Chamber adalah alat transportasi yang safety untuk pasien yang diduga telah positif COVID-19 untuk melindungi para medis dari penularan Virus Corona yang diderita pasien saat menjemput pasien dari tempat tinggal ke rumah sakit.


Transport Isolation Chamber dari Kontraktor HVAC telah terdaftar di Kemenkes untuk Izin Edar Alat Kesehatan, Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga.

Surat informasi produk nya bisa dilihat dan download di bawah ini

MINIMALISIR RESIKO PENULARAN VIRUS CORONA DENGAN sterilization CHAMBER

Untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, Sterilization Chamber digunakan untuk menyemprot APD para garda depan penanganan pasien terinfeksi, 


Sterilization Chamber ini berbentuk seperti lorong yang di dalamnya telah dipasang alat untuk mengeluarkan cairan disinfectant yang berfungsi untuk sterilisasi APD yang melewatinya.


Sterilization Chamber berguna untuk diletakkan di rumah sakit atau di mana saja tempat penanganan pasien Covid-19. Bila pengguna mengaharuskan dirinya untuk sterilisasi APD, bisa menggunakan alat yang di dalamnya dilengkapi sensor ini. 



Di bawah ini adalah gambar Sterilization Chamber  dalam bentuk 3D.

Portable Container Isolasion Room

Selain menyediakan ruang isolasi di dalam gedung, Kontraktor HVAC juga menyediakan instalasi Portable Container Isolation Room.

Portable Container Isolation Room lebih efisien waktu dalam pengerjannya. Hanya membutuhkan waktu 7 hari sejak material tersedia


Untuk mencegah berkembang biak dan tumbuh suburnya mikroorganisme penyebab penyakit, terutama di ruang Isolasi, maka diperlukan sistem tata udara khusus untuk menghindarkan penularan penyakit dan memperoleh tingkat kenyamanan termal.


Sistem tata udara khusus terdiri dari beberapa parameter yang perlu dikontrol, yaitu pengaturan temperatur, kelembaban udara, jumlah udara ventilasi, kebersihan dan tekanan positif dan negatif di dalam ruangan serta distribusi udara di dalam ruangan.


Pencanangan oleh Badan Kesehatan Dunia sebagai upaya pencegahan dan perlindungan terhadap petugas medis agar tidak terpapar mikroorganisme jenis baru ini, para tenaga kesehatan harus memakai APD/PPE (Personal Protective Equipment).


Ruang perawatan isolasi dilengkapi :

1.    Ruangan antara kedap udara (airlock) dan tekanan ruangan dibuat -5Pa terhadap koridor, sedangkan ruangan perawatan isolasi pasien termasuk toilet di dalamnya dibuat tekanan -15Pa.


2.    Koridor direkomendasikan memiliki tekanan positif, karena fungsinya sekaligus sebagai airlock yang ke-2, dan sebagai area tempat tenaga kesehatan memonitor pasien sehingga diharapkan sistem tata udara di koridor dapat mengurangi kontaminan yang dibawa oleh petugas kesehatan setelah keluar dari ruangan pasien.


3.    Pada ruang utilitas kotor, tekanan udara dibuat berjenjang yaitu ruangan spoelhook dibuat tekanan -10Pa dan airlock kotor dibuat -5 Pa.

Konsultasikan Kebutuhan Anda Segera

Kami siap membantu anda dalam pengadaan dan instalasi Portable Container Isolasion Room

Kami melayani Klien dari seluruh Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk berkonsultasi

Biological safety Laboratorium Level 3

Rapid dan Swab test dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus atau tidak. Dari rapid atau swab test, yang bisa memberikan hasil akurat adalah swab test.


Namun untuk melakukan swab test, diperlukan sebuah laboratorium yang memenuhi standar keamanan yang memadai. Tujuannya agar tidak menimbulkan bahaya kesehatan, baik bagi para peneliti juga ligkungannya. Lalu, seperti apa standar keamanan untuk melakukan swab test virus corona?


Lab Biosafety merupakan area kerja laboratorium dengan ventilasi udara yang telah direkayasa untuk mengamankan pekerja yang bekerja dengan sampel material, lingkungan kerja dan sampel material dari kemungkinan bahaya terkontaminasi atau menimbulkan penyebaran bakteri atau virus yang bersifat patogen.

PROJEK RUANG ISOLASI YANG SEDANG BERJALAN

RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH PANGKAL PINANG

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH GUNUNG SITOLI NIAS

RUMAH SAKIT PHC PELINDO MEDAN

RSUD IR SOEKARNO BANGKA BELITUNG

RSUD IDAMAN BANJAR BARU

RUMAH SAKIT PABATU TEBING TINGGI

RSUD AL-IHSAN BANDUNG

RSUD PANDEGA - PANGANDARAN

RSUD Labuha Halmahera

RSUD kota Batam

RSUD. MESUJI - Lampung

RSUD. sibolga

RSUD. sidempuan

RSUD. Dr. M. Djamil Padang

RSUD PANIAI - PAPUA

rs sungai rumba sumatera

Konsultasikan Kebutuhan Anda Segera

Kami siap membantu anda dalam pengadaan dan instalasi Ruang Isolasi Kontainer, Transport Isolation Chamber, Sterilization Chamber atau Biosafety Lab 

Kami melayani Klien dari seluruh Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk berkonsultasi