Jamur di Saluran Udara? Mengapa Bisa Ada dan Bagaimana Menghilangkannya

BAU.  Memang, sering kali kita mencium baunya yang apek baru lah kemudian kita menyadari bahwa ada keberadaan jamur. Bau yang tidak biasa itu sering menjadi pertanda pertama bahwa ada jamur di saluran udara atau ventilasi udara.

Jamur dan lumut di ventilasi dan saluran udara bisa berbau basah, busuk, atau apek. Jika kita melihat masalah yang berulang, terutama di area dengan ventilasi yang buruk atau banyak kelembaban, kami merekomendasikan untuk segera melakukan pemeriksaaan.

Pada dasarnya, jamur dan lumut suka pada daerah kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, kenalilah tanda-tanda awal jamur di sekitar ventilasi AC juga di saluran. Koil kondensor menarik kelembapan keluar dari udara dan masuk ke dalam area pembuangan. Jika ini tersumbat, maka terciptalah lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan jamur.

Selain bau, ada indikasi lain keberadaan jamur, yaitu penghuni ruangan mulai menunjukkan gejala setiap kali AC menyala. Gejala bisa berupa seperti sakit kepala, mual, iritasi hidung dan tenggorokan, serta mata gatal. Dan taukah apa penyebabnya? Tidak lain dan tidak bukan adalah jamur di saluran udara atau ducting. Jamur yang cukup banyak di dalam atau di sekitar ventilasi dapat menyebar di udara, menyebabkan alergi seperti gejala tadi.

Apa yang menyebabkan jamur ada di saluran udara?

Ada 2 hal jamur tumbuh di saluran udara atau ducting, kelembapan dan suhu hangat. Lingkungan yang hangat dan lembab memiliki kondisi ideal untuk jamur berkembang. Iklim yang lembab dengan ventilasi yang buruk, atau apa pun yang memerangkap kelembapan di dinding dan menyebabkan kondensasi, dapat menumbuh kembangkan jamur pada ducting.

Berikut adalah beberapa masalah HVAC yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur:

JIKA UNIT AC TERLALU BESAR untuk ruang yang tersedia, salah satu masalah yang dapat ditimbulkannya adalah jamur pada ducting. Unit yang lebih besar dapat mendinginkan ruangan kecil terlalu cepat dan mati sebelum melembabkan udara, menyebabkan kelembapan berlebih. Kelembaban ini dapat menumpuk di kamar dan pekerjaan pada ducting.

MENYETEL AC PADA SUHU YANG SANGAT RENDAH  terkadang dapat menyebabkan jamur di sekitar ventilasi. Ketika udara dingin dari ventilasi bertemu dengan udara hangat di dalam ruangan, perbedaan suhu dapat menyebabkan  uap air di udara mengembun pada permukaan di dalam dan di sekitar ventilasi.  

Jika kelembapan itu menumpuk dan tidak pernah mengering, itu bisa menyebabkan pertumbuhan jamur. Inilah disebut perbedaan suhu dan biasanya membutuhkan sekitar 20 derajat perbedaan agar kelembaban terbentuk. Jika tidak menyadarinya untuk beberapa saat, kelembapan bisa masuk ke saluran udara atau ducting.

Namun, jika SALURAN MEMILIKI KEBOCORAN  yang memungkinkan udara hangat, perbedaan suhu ini dapat menyebabkan masalah yang sama. Perbedaan antara udara dingin di saluran dan udara hangat di dinding dapat menyebabkan kelembapan mengembun di saluran, memberi jamur lingkungan yang sempurna untuk tumbuh. 

Dalam hal ini, diperlukan pembersihan saluran yang ekstensif dengan perbaikan jamur, dan Anda pasti ingin memastikan untuk menutup kebocoran di saluran untuk mencegah masalah kembali.

Mengapa dibutuhkan profesional untuk menghilangkan jamur?

Mempekerjakan seorang profesional untuk membersihkan mungkin tampak seperti pengeluaran yang tidak perlu, tetapi teknisi dapat menangani jamur dan membantu mencegahnya datang kembali dengan lebih efektif dan aman daripada Anda yang melakukan sendiri.

Pertama-tama, MENGGOSOK JAMUR DENGAN PEMBERSIH BIASA TIDAK AKAN MEMBUATNYA HILANG. Produk pembersih biasa akan meninggalkan cukup banyak jamur sehingga mudah tumbuh kembali. Para profesional memiliki peralatan yang tepat untuk melindungi diri mereka sendiri dan rumah atau bisnis tidak hanya dari jamur, tetapi bahan kimia yang mereka gunakan untuk membersihkannya.

ANDA JUGA DAPAT MERUSAK SISTEM HVAC SECARA TIDAK SENGAJA JIKA ANDA MENCOBA MEMBERSIHKAN SENDIRI JAMUR DI SALURAN UDARA.  Para profesional tahu apa yang harus dicari dan bagaimana merawat AC Anda dengan hati-hati. Pembersih saluran kerja profesional memiliki pelatihan HVAC, sehingga mereka akan terbiasa dengan sistem Anda dan tahu cara membersihkannya tanpa merusaknya. 

Mereka juga menggunakan produk penghambat pertumbuhan jamur yang benar untuk mencegahnya datang kembali, dan mereka tahu cara membuang alat dengan benar untuk mencegah kontaminasi area lain.

Bagaimana selanjutnya mencegah jamur?

Setelah merawat jamur di saluran udara, penting untuk memastikannya tidak terjadi lagi. Mendapatkan  RENCANA PEMELIHARAAN PENCEGAHAN HVAC  adalah cara yang bagus untuk mengawasi jamur dan menjaga kesehatan sistem HVAC. 

Ini dapat membantu mencegah penyebab jamur dengan memastikan tidak ada masalah yang dapat menyebabkan kebocoran kelembapan. Perawatan rutin mencegah kerusakan dan menjaga pendinginan berjalan lancar.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk merawat HVAC adalah mempertimbangkan  LAYANAN PEMBERSIHAN SALURAN SECARA BERKALA.  Pembersihan saluran biasanya tidak termasuk dalam perawatan pencegahan rutin. 

Anda pasti membutuhkan pembersihan saluran setelah menemukan jamur di saluran udara, tetapi juga pertimbangkan untuk melakukan pembersihan yang terjadwal secara teratur, terutama jika Anda tinggal di daerah beriklim lembap atau memiliki masalah dengan jamur yang terus datang kembali.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasang PENJERNIH UDARA SINAR UV DAN / ATAU IONISASI yang dapat membunuh jamur serta partikel lain seperti virus dan bakteri. Sistem "Pasif" dapat secara efektif menghancurkan partikel pada permukaan di sistem HVAC Anda (seperti koil dan unit kipas), sementara sistem "aktif" juga dapat menghancurkan kontaminan yang ada di udara, termasuk bau dan VOC.

Jika Anda memiliki masalah dengan jamur setelah mengambil langkah-langkah ini, inilah saatnya untuk melihat penyebab mendasar dari kelembapan di rumah atau bangunan bisnis Anda, yang mungkin terakumulasi di luar sistem HVAC:

  • Jaga agar pasokan dan ventilasi balik tetap bersih dan bebas dari penghalanguntuk mencegah kondensasi yang menyebabkan jamur di ventilasi udara.
  • Pertimbangkan untuk menambahkan ventilasi di ruangan dengan kelembaban tinggi,seperti kamar mandi dan dapur.
  • Periksa kebocoran pipa di dinding. Kebocoran air yang lambat mungkin tidak langsung terlihat, tetapi seiring waktu dapat menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk jamur di saluran udara, dan juga kerusakan air di ruangan Anda.
  • Gunakan dehumidifier di lingkungan yang sangat lembab, seperti ruang kolam renang dalam ruangan atau ruang bawah tanah. Dehumidifier dapat membantu menjaga udara tetap kering untuk mencegah jamur.

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment