November 23 2019 0Comment
AC VRV/VRF

Kontraktor HVAC di Aceh : Ingin Fokus pada Pemeratan Teknologi Sistem Tata Udara

Belum lama Presiden Joko Widodo mengenalkan 7 staff khusus kepresidenan yang berasal dari kalangan millennial. Saat ditanya oleh wartawan terkait visi misi dan bocoran program kerja, mereka kompak dan antusias pada pemerataan teknologi informasi di seluruh Indonesia sebagai tujuan bersama. Yang tentunya, semua dikemas dan disajikan dalam gaya kekinian khasnya anak muda alias millennial.

 

Memang, pemerataan hingga sekarang menjadi salah satu dari banyak PR yang harus diselesaikan. Hal itu pula yang menjadi latar belakang Kontraktor HVAC untuk berekspansi ke Banda Aceh.

AC VRV/VRF

 

Minggu lalu, tepatnya 13 November 2019, Kontraktor HVAC melakukan pengenalan produk dengan teknologi terkini ke beberapa teknisi dan stakeholder di Banda Aceh. Kegiatan dikemas dalam bentuk seminar. Seminar tersebut merupakan rangkaian acara dalam peresmian kantor Kontraktor HVAC di Banda Aceh. Dalam kesempatan tersebut, Kontraktor HVAC bekerja sama dengan principle Daikin cabang Medan. Salah satu pembicara dari Daikin menjelaskan bahwa sudah saatnya wilayah-wilayah Indonesia merasakan teknologi terkini untuk system tata udara. Sebagaimana yang diketahui bersama, system tata udara yang dibutuhkan setiap ruangan tentu lah berbeda. Sistem tata udara untuk ruangan steril seperti ruang operasi misalnya. Merujuk pada Permenkes No 24 tahun 2016, parameter Ventilation and Air Conditioning (VAC) di ruangan operasi yang  wajib dipenuhi adalah

  • Tekanan udara : positif  (+) umumnya 10-15Pa
  • Temperatur ruangan : 19° – 24° C
  • Total Pertukaran Udara minimum : 4-20 ACH (4x saat ruangan tidak digunakan, 20x saat ruangan digunakan)
  • Kelembaban relatif : 30% – 60%
  • Jumlah partikel debu : Kelas 1.000 – 10.000/ft3  (ISO 5-6 / Class 1.000 FED STD 209E) Cleanroom Standards 1999)
  • Distribusi udara : laminair air flow diatas meja Operasi

 

Terkait hal ini, Kontraktor HVAC menyarankan penggunaan VRV AHU untuk ruang operasi yang sudah sesuai standart Permenkes. Jadi, AC yang digunakan bukan lagi AC jenis split yang tidak memenuhi standart.

 

Ada pula untuk penggunaan komersil seperti hotel dan perkantoran atau bangunan lainnya yang memerlukan control tata udara yang handal dan energy efesiensi. Dalam teknologi tata udara kini sudah tersedia Variable Refrigerant Flow/Volume yang mengedepankan kenyamanan dan kemudahan. Pengaplikasian teknologi tata udara jenis ini dapat mengatur jumlah refrigerant dalam sistem jalur pipa AC, sehingga memberikan tingkat efisien dan fleksibilitas dalam pendinginan tata udara. Secara garis besar, VRV atau VRF merupakan sistem AC berteknologi inverter dengan sistem kombinasi outdoor yang mencakup beberapa indoor. Teknologi VRV/VRF ini juga  memiliki sekian keunggulan yang mengedepankan kenyamanan dan kemudahan, di antaranya

 

View this post on Instagram

VRV (Variable Refrigerant Volume) adalah hak patennya Daikin, model yang sama juga ada di manufaktur yang lain dengan nama yang berbeda, misalnya VRF (Variable Refrigerant Flow system) punya LG, YORK, Hitachi, Panasonic . Pada dasarnya keduanya sama, mengontrol jumlah aliran refrigeran yang mengalir ke Evaporator dan memvariasikan kecepatan putaran Kompresor, fan motor pendingin Kondenser, fan motor sirkulasi udara di Evaporator . Intinya ya menyetel kondisi sistem supaya sesuai dengan kondisi beban 💪 Ops Tidak hanya itu AC Central VRV/VRF sudah bisa mengkontrol AC per unit, jadi Tidak perlu hidup semua AC nya . Ada yg sudah upgrade ke sistem VRV/VRF? Yuk kontak Kita, punya semua merk AC yang Anda perlukan. Beritahu Spesifikasi kebutuhan Anda, Desain Engineer kami siap membantu. . Call : 081365778899 . #meterkubik #sistemtataudara #sistemhvac #ruangoperasi #udarasegar #penanganan #ducting #hepafilter #tekananudara #aliranudara #ducting #ahu #industrifarmasi #kontraktorhvac #ductingmedan #puduct

A post shared by HVAC AhliPendingin & TataUdara (@kontraktorhvac) on

  1. Sistem Pipa Refrigerant

Pendingin udara ini mempunyai komponen utama yakni sistem pipa refrigerant yang mampu untuk menangani kasus-kasus jalur pipa yang panjang baik secara horizontal maupun secara vertical, dan berkapasitas besar. Kinerja refrigerant merupakan komponen utama sebagai bahan pokok dalam sistem kerja AC.

  1. Kompresor Inverter (Hemat Listrik)

Komponen yang tidak kalah penting berperan dalam sistem kerja AC VRV atau VRF adalah kompresor berteknologi inverter. Komponen ini mampu meminimalisir konsumsi daya tanpa mengurangi kualitas pendinginan serta pemanasan parsial. AC VRV atau VRF merupakan sistem terbaik dan tercanggih dalam aspek tingkat efisien pengunaan daya listrik dalam pengaplikasian pendinginan tata udara.

  1. Sistem Kombinasi Outdoor dengan Multi Indoor

AC sistem VRV atau VRF merupakan sistem AC yang menggunakan sistem kombinasi outdoor AC yang compact untuk beberapa jumlah indoor yang digunakan. Dan sistem AC VRV atau VRF memberikan berbagai macam pemilihan jenis indoor AC dan kapasitas dalam satu sistem outdoor, sesuai dengan kebutuhan dan desain sistem AC di berbagai macam kasus.

  1. Space Saving dalam Penempatan Outdoor AC

Outdoor AC sistem VRV atau VRF memberikan keleluasaan dalam penempatan atau pemosisian outdoor AC. Jalur pipa refrigerant yang berkemampuan besar dalam kapasitas panjang pipa, dan kombinasi outdoor yang mampu mencangkup banyak indoor, maka AC VRV atau VRF dapat memberikan flexibilitas pada pemakai atau pemilik untuk menempatkan outdoor AC dengan keleluasaan sesuai dengan kondisi dan keterbatasan.

  1. Kompetensi ekspansi modular

Sistem kerja yang tak kalah canggih dan menarik dari jenis pendingin ini adalah kompetensi ekspansi modular yang dimiliki. Kemampuan ini sangat penting diterapkan terutama bagi proyek-proyek besar yang berkembang dengan beberapa tahapan penyelesaian

  1. Perawatan atau Maintenance yang Lebih Mudah

Sistem AC VRV atau VRF yang menggunakan teknologi tingkat tinggi juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur otomotas yang memberikan kemudahan pada teknisi AC khusus VRV atau VRF untuk membaca kode error jika terjadi kerusakan, dengan demikian teknisi dapat mengetahui dan menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat.

Perawatan cuci AC dipermudah dengan sistem AC VRV atau VRF yang menggunakan outdoor yang compact sehingga tidak perlu mencuci outdoor sebanyak outdoor seperti menggunakan sistem konvensional atau split biasa.

  1. Back-up Kompresor

Setiap outdoor AC VRV atau VRF dilengkapi dengan back-up kompresor di setiap module outdoor, sehingga jika terjadi kerusakan atau failure tidak menyebabkan sistem AC mati total. Dengan demikian teknisi dapat diberikan waktu dalam merespon panggilan untuk memperbaiki kerusakan sistem AC.

  1. Ramah Lingkungan

AC VRV atau VRF telah mengaplikasikan teknologi ozone free. Artinya, tidak seperti jenis pendingin udara konvensional yang mampu merusak lapisan ozon. Pendingin uara jenis VRV sangat ramah lingkungan dan tidak menyebabkan kerusakan ozon yang dapat memicu pemanasan global.

Pada akhirnya, dengan berekspansinya Kontraktor HVAC ke Banda Aceh, diharapkan pemerataan teknologi dalam bidang system tata udara juga dapat terealisasi. Meski tidak mudah, tentu ini menjadi langkah awal yang tentu baik.

 

#Daikin

#KontraktorHVAC

#Millenial

#ACVRV

#VRF

#VRV

admin

Write a Reply or Comment