Pentingnya Instalasi Cleanroom Sesuai Standar Dalam Ruang Produksi Untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Peranan sistem tata udara udara tidak terbatas pada pendinginan untuk hunian saja. Lebih dari itu, tata udara dibutuhkan di semua ruangan yang membutuhkan pengkondisian. Salah satunya adalah di ruang produksi steril. Ruang produksi steril dibutuhkan di setiap industri terlebih lagi industri farmasi

Apa Parameter dari Tata Udara yang Dapat Memengaruhi Produk?

Bagaimana Peranan Sistem Tata Udara di Industri Farmasi?

Sistem Tata Udara adalah suatu sistem yang mengkondisikan lingkungan melalui pengendalian suhu, kelembaban, arah pergerakan udara dan mutu udara,  termasuk pengendalian partikel dan pembuangan kontaminan yang ada di udara seperti vapors dan fumes.

Sistem yang dimaksud adalah berupa AHU terdiri dari beberapa mesin/alat yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga membentuk suatu sistem tata udara yang dapat mengontrol suhu, kelembaban, tekanan udara, tingkat kebersihan, pola aliran udara serta jumlah pergantian udara di ruang produksi sesuai dengan persyaratan ruangan yang telah ditentukan.


Tujuan dari AHU tersebut adalah untuk menyediakan sistem sesuai dengan ketentuan CPOB dan memenuhi kebutuhan perlindungan produk dan proses sejalan dengan persyaratan GEP (Good Engineering Practices), seperti keandalan, perawatan, keberlanjutan, fleksibilitas, dan keamanan.


Desain Sistem AHU nantinya memengaruhi tata letak ruang yang berkaitan dengan posisi ruang penyangga udara (airlock) dan pintu. Tata letak ruang memberikan efek pada kaskade perbedaan tekanan udara ruangan dan pengendalian kontaminasi silang.


Pencegahan kontaminasi dan kontaminasi silang inilah yang merupakan suatu pertimbangan desain yang esensial dari sistem AHU. Mengingat aspek kritis ini, desain Sistem AHU harus dipertimbangkan pada tahap desain konsep industri farmasi.


Untuk mendapatkan desain Sistem AHU yang sesuai, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu : 

  • Pola alur petugas, peralatan dan material;

  • Sistem produksi yang terbuka atau tertutup;

  • Estimasi kegiatan pembuatan di setiap ruangan;

  • Tata letak ruang;

  • Finishing dan kerapatan konstruksi ruangan;

  • Lokasi dan konstruksi pintu;

  • Strategi ruang penyangga udara;

  • Strategi pembersihan dan penggantian pakaian;

  • Kebutuhan area untuk peralatan sistem Tata udara dan jaringan saluran udara (ductwork);

  • Lokasi untuk pemasokan udara, pengembalian udara dan pembuangan udara.


Jika hal tersebut sudah didapat polanya, selanjutnya kita bisa menentukan parameter sistem AHU yang dapat mempengaruhi produk:

  • suhu

  • kelembaban

  • partikel udara (viabel dan non viabel)

  • perbedaan tekanan antar ruang dan pola aliran udara

  • volume alir udara dan pertukaran udara

  • sistem filtrasi udara

Berencana Untuk Instalasi CLEANROOM?

KONTRAKTOR HVAC Siap membantu

Kami menyediakan seluruh paket lengkap instalasi cleanroom untuk semua tingkatan ISO mulai dari ISO 9 hingga ISO 1, sesuai dengan kebutuhan industri anda, untuk konsultasi klik tombol di bawah ini.

Untuk mencapai parameter tersebut, ada 3 kategori dasar untuk sistem AHU yang bisa digunakan:

  1. Sistem Fresh Air

Sistem ini menyuplai udara luar yang sudah diolah hingga memenuhi persyaratan kondisi suatu ruang, kemudian diekstrak dan dibuang ke atmosfer. Sistem ini biasanya digunakan pada fasilitas yang menangani produk/ pelarut beracun untuk mencegah udara tercemar disirkulasikan kembali.

  1. Sistem Resirkulasi

Resirkulasi yang digunakan tidak menyebabkan risiko kontaminasi atau kontaminasi silang (termasuk uap dan bahan yang mudah menguap). Kemungkinan penggunaan udara resirkulasi ini bisa diterima, bergantung pada jenis kontaminan udara pada sistem udara balik, yaitu harus ada filter HEPA yang dipasang pada aliran udara pasokan (atau aliran udara balik) untuk menghilangkan kontaminan sehingga mencegah kontaminasi silang.

  1. Sistem Extract/Exhaust

Jika memungkinkan, debu atau cemaran uap harus dihilangkan dari sumbernya. Titik tempat ekstraksi harus sedekat mungkin dengan sumber keluarnya debu. Dalam hal ini, ventilasi setempat atau ERV penangkap debu yang sesuai bisa digunakan. Area yang menerapkan aplikasi sistem ini adalah Glove boxes, atau lemari yang dilengkapi dengan tudung buangan.

Tingkatan Cleanroom Standar Internasional

Kontraktor HVAC siap membantu Anda untuk menentukan klasifikasi cleanroom

Instalasi Cleanroom direkomendasikan agar sesuai dengan kebutuhan industri anda, silahkan konsultasikan dengan menekan tombol di bawah ini:

Equipment Pendukung Instalasi  Cleanroom

1. Automatic Door

Adalah pintu kedap udara sebagai pengunci udara di dalam cleanroom agar tidak terkontaminasi udara luar ruangan. Automatic door terdiri dari beberapa jenis: automatic swing door, automatic sliding door, dan automatic vertical door

Pass Box

2. Pass Box

Pass box, adalah salah satu jenis fasilitas, yang terletak di dinding partisi ruang steril. Fungsinya adalah sebagai daerah penyangga untuk mentransfer barang antara di dalam dan di luar ruangan steril sehingga, dapat mencegah gangguan aliran udara dan tekanan udara dalam ruangan yang bersih, yang disebabkan oleh pembukaan pintu untuk meminimalkan kontaminasi selama pengangkutan bahan. Selain itu, dapat mengurangi waktu untuk operator atau petugas bergerak masuk dan keluar, untuk mencegah debu yang berasal dari luar ruangan.

3. Scrub Station

Scrub Station berguna sebagai media pembersih operator berupa air yang telah di treatment khusus sehingga menghasilkan air yang jernih dan bebas dari PH berlebih.

4. Filter

Filter berfungsi untuk menyaring udara di lingkungan sekitar agar bersih dan siap untuk disalurkan ke area lingkup yang bersih. Dalam system HVAC, udara sebelumnya disaring melalui prefilter kemudian melewati medium filter, baru kemudian disaring melalui Hepa Filter.


Penyaringan udara dilakukan secara bertahap agar efektif, yang bila langsung disaring dengan Hepa filter, maka si Hepa akan cepat ngeblok dan rusak.

Siapa yang bisa menginstalasi sistem AHU untuk ruang produksi steril?

Tentu kita butuh penyedia jasa instalasi sistem AC untuk melakukan Instalasi Sistem AHU di ruang produksi steril. 


Jasa seperti ini bisa kita dapatkan dari kontraktor. Kontraktor adalah penyedia jasa berupa pengadaan dan hal lain berhubungan dengan pekerjaan sipil. Salah satu yang bisa mereka tangani adalah instalasi sistem AC.

PT. Mechtron Mastevi Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Kontraktor HVAC adalah solusi tepat untuk instalasi sistem Tata Udara Untuk Cleanroom anda


Kontraktor HVAC adalah perusahan yang bergerak di bidang HVAC di Indonesia. 

Cakupan layanan yang ditawarkan adalah konsultasi, penjualan, pemasangan dan perawatan sistem AC, meliputi tingkat residensial hingga high rise building project.


Siapa Ahli Tata Udara Yang Direkomendasikan Untuk Anda?

PT. MECHTRON MASTEVI INDONESIA adalah solusi untuk sistem tata udara di rumah sakit. Perusahaan kami ini sering juga di sebut dengan KONTRAKTOR HVAC. Kami adalah perusahaan kontraktor yang khusus untuk menangani pengerjaan proyek HVAC ( Heating, Ventilation, & Air Conditioner) lebih familiar dengan sebutan proyek AC / Proyek Tata Udara.


PT. Mechtron Mastevi Indonesia telah berdiri sejak tahun 2005, perjalanan perusahaan selama 15 tahun ini telah dilewati dengan berbagai proyek yang dipercayakan oleh kontraktor hingga pemilik / pengelola Industri & Rumah Sakit di seluruh indonesia.


Saat ini PT. Mechtron Mastevi Indonesia telah beroperasi di 3 tempat, Yaitu di Jakarta, Medan dan Banda Aceh (untuk alamat detailnya anda bisa melihat di halaman paling bawah).

Mengapa Harus Kontraktor HVAC?

Memilih kontraktor bukan lah hal yang mudah dan perlu pertimbangan yang mendalam untuk menentukan keputusan mempercayakan proyek. Apalagi proyek yang besar pasti juga memiliki resiko yang besar pula.
Kami Kontraktor HVAC sangat layak untuk menjadi pertimbangan ada karena kami :

Berpengalaman sejak 2005

Hingga saat ini kami dipercaya untuk menangani proyek tata udara, bukan hanya di masalah tata udara di rumah sakit, tapi juga semua aspek bisnis mulai dari perumahan hingga industri.
dengan pengalaman selama 15 tahun 

Free Consultation

Anda dapat berkonsultasi tentang masalah tata udara rumah sakit anda secara gratis dengan tim ahli kami, kami akan memberikan solusi terbaik untuk anda.

Professional Contractor

Anda dapat berkonsultasi tentang masalah tata udara rumah sakit anda secara gratis dengan tim ahli kami, kami akan memberikan solusi terbaik untuk anda.

Layanan seluruh indonesia

Kami telah mengmbangkan sayap dan melayani seluruh permintaan jasa kami di seluruh daerah di indonesia dari sabang sampai merauke

Tersedia Berbagai Pilihan Layanan

Kami menyediakan berbagai pilihan layanan untuk setiap jenis dan besaran proyek

Banyak klien puas

Banyak Kontraktor & Pemilik / pengelola rumah sakit yang puas dengan pengerjaan kami, bahkan menjadi langganan dengan kami untuk setiap proyek sistem tata udara

Portofolio proyek cleanroom oleh KONTRAKTOR HVAC

PT. Ori Ginalnest Indonesia (medan)

PT. Medisafe Technologies (Medan)

PT. Tirta Sibayakindo Aqua (Berastagi)

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (Brebeg ,Cikande, Salatiga)

Proses Layanan

  1. 1
    Komunikasi & konsultasi

    Langkah awal , kami akan berkomunikasi dengan calon klien dan membicarakan segala hal mengenai projek yang ingin di jalankan
  2. 2
    Penyesuaian gambar objek proyek

    Calon klien akan diminta mengirimkan gambaran bentuk bangunan / objek proyek untuk membuat perencanaan dan perhitungan biaya
  3. 3
    Perencanaan dan penghitungan harga

    Tim ahli kontraktor HVAC akan merencanakan dan menentukan harga pengerjaan proyek lalu menyerahkannya kepada calon klien. *Harga bisa di negosiasikan hingga cocok
  4. 4
    Deal & Pembuatan Kontrak

    Apabila sudah ada persetujuan harga antara kedua belah pihak, di lanjutkan dengan pembuatan kontrak proyek
  5. 5
    Pengiriman teknisi ahli & unit , Pengerjaan Projek

    Kami akan mengirimkan unit dan teknisi ahli untuk pengerjaan proyek dan di kerjakan sesuai standar dan sesuai dengan kontrak yang di setujui hingga proyek selesai 
  6. 6
    Training Manual Book & Maintenance

    Setelah proyek selesai di kerjakan, kami memberikan training kepada pengelola proyek dalam penggunaan unit dan cara maintenance nya
  7. 7
    Serah terima

Spesial Guarantee

Garansi Sparepart unit 1 tahun

Training Manual Book & maintenance

Garansi Ketersediaan Sparepart 5 tahun

Tingkatkan Kualitas Produksi Di Industri Anda

Dengan Cleanroom yang Sesuai Standar

Sudah 15 tahun perjalanan KontraktorHVAC dalam bidang tata udara, dan sudah di percaya memegang berbagai projek tata udara di bidang Hospital, Industri, Residensial, Hingga High rise Building. silahkan konsultasikan kepada kami terkait kebutuhan anda khususnya Cleanroom atau Ruang Steril Industri, Konsultasi tidak dipungut biaya apapun, klik tombol konsultasi di bawah ini:

CONTACT US

Our Location


JAKARTA Rukan CBD Green Lake City , Blok M23, Jakarta Barat, Map It


MEDAN Jl. Mandor Simpang Krakatau No.28, Medan Timur, Map It


BANDA ACEH Jl. Prof. dr. Moh Hasan No.88, Batoh, Banda Aceh (sebelah Bank Mustaqim), Map It


No Telepon / No WA

081365778899

Email

ABOUT US

PT.Mechtron Mastevi Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang sistem tata udara atau lebih dikenal sebagai Heat Ventilation & Air Conditioning (HVAC) di Indonesia. Mulai beroperasi pada tahun 2005 pengalaman dan keahlian kami mencakup proyek perumahan, rumah sakit, industri, apartemen dll.

Meliputi Perencanaan, Pengadaan & Instalasi. Read more..