August 31 2019 0Comment
Pelantikan Pengurus Ikatan Arsitek Sumatera Utara

Pelantikan Pengurus IAI Sumut: Arsitek Sumut Siap Membantu Pengawasan Pembangunan Sumut

Pelantikan Pengurus Ikatan Arsitek Sumatera Utara

Rabu, 21 Agustus 2019 lalu, KontraktorHVAC.com berkesempatan untuk menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Arsitek Indonesia di Tiara Convention Centre Medan. Selain mendengarkan arahan dari Gubernur Sumut, dalam kesempatan itu Kontraktor HVAC juga berkesempatan melihat berbagai rencana pembangunan berkelanjutan di Sumatera Utara. Sebagaimana yang disampaikan oleh Gubenur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi, Pemprovsu berencana membangun berbagai fasilitas umum, infrastruktur, hingga penataan kawasan dari berbagai lintas sektoral kedinasan. Untuk itu, gubernur berharap arsitek turut serta dalam perencanaan. Menurutnya, arsitek itu penting untuk diajak bekerja sama selain karena ilmu eksakta, mereka juga dekat dengan unsur seninya.

”Saya ingin Anda masuk ke dalam, membantu pemerintah, banyak yang mau kita bangun,” katanya.

Adapun fasilitas umum sampai penataan kawasan dari berbagai lintas sektoral kedinasan yang akan dibangun meliputi pusat olahraga, rumah sakit, infrastruktur perkotaan, tempat pengolahan sampah hingga jalan dan jembatan.

Edy juga mengungkapkan saat ini jembatan di Sumut kurang baik. Hal ini diketahui setelah mendatangkan arsitek dari luar Sumut.

“Setelah diperiksa, ternyata perlu dibongkar dengan segala persoalan kerusakannya. Makanya saya minta Anda yang berilmu ini diikutkan..” jelasnya.

Terkait harapannya pada arsitek Sumut, ketua pengurus Ikatan Arsitek Indonesia regional Sumut, Boy Brahmawanta Sembiring menyatakan siap untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan di Sumut. Ia menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 11 arsitek Sumut yang mengantongi Sertifikat Arsitek ASEAN. Dengan sertifikat itu, pemegangnya bisa menggarap pekerjaan arsitek di seluruh Negara ASEAN, termasuk Indonesia. Boy juga mengatakan optimismenya pada arsitek Sumut lainnya yang akan mendapat sertifikat itu. Dengan demikian, Sumut tidak perlu mengimpor konsultan dari luar, karena di daerah saja sudah ada dan berkualitas. Boy pun menyadari bahwa pembangunan di Sumut banyak yang mengarah pada model asal jadi, akibat gedung dan infrastruktur yang dibangun tidak berkualitas dan sesuai perencanaan. Menurutnya, kondisi ini terjadi karena kurangnya pengawasan dan koordinasi Antara pemerintah daerah, terutama Pemerintah Kabupaten dan Kota.

“Untuk menjaga itu, kita akan terus lakukan pembinaan dan penguatan. Sehingga bukan semata-mata soal uang, tetapi juga kualitas dan hitungan kita. Sedikit saja kita tidak memberikan yang terbaik, itu sudah korupsi bagi kita. Jadi kita komitmen mendukung apa yang diharapkan Gubernur,” tegasnya.

 

Selamat atas dilantiknya Pengurus Ikatan arsitek Indonesia regional Sumatera Utara. Semoga amanah yang dititipkan bisa terlaksana dengan baik. KontraktorHVAC.com sebagai perusahaan system tata udara dalam hal ini berharap untuk bisa turut berkontribusi dalam setiap pembangunan di Sumatera Utara melalui penyediaan system tata udara yang sesuai dengan kebutuhan dan bersinergi dengan arsitek di sumut.

admin

Write a Reply or Comment