Peralatan yang Diperlukan Saat Membersihkan AC

Untuk kegiatan perawatan dan perlengkapan Ventilasi Udara pada AC diperlukan sejumlah peralatan kerja dengan keadaan yang baik. Hal ini dimaksudkan supaya tidak mengalami kendala ketika mengerjakan pekerjaan. Jenis atau macam perlengkapan kerja berikut ini:

A. Tang
Tang adalah alat penting menilik macam dan ketepatgunaan kerja dalam pemakaian tang ini, maka dibuat sejumlah jenis. Jenis tang dicocokkan secara khusus diciptakan untuk satu jenis atau lebih macam kegiatan saja. Tang untuk kegiatan perawatan dan pemeliharaan listrik yang perlu adalah:
– Tang Kombinasi: untuk kebutuhan memegang, memuntir dan memotong.
– Tang Potong: dipakai untuk melakukan pemotongan kawat/bahan lain yang lunak.
– Tang Bulat: untuk kebutuhan pembulat pada kawat pada pekerjaan
instalasi listrik
– Tang lancip: untuk kebutuhan memegang benda-benda kecilyang sulit
dipegang tangan terlebih bila dipasang pada ruang yang sempit, misal
mur, sekrup, ring dan sebagainya.

B. Obeng
Obeng dipakai untuk memasang, mengencangkan dan melepas atau membuka paku sekrup saat melakukan perbaikan maupun perawatan AC. Obeng terdiri dari tiga unsur pokok yakni: pegangan, batang dan mata/ujung obeng. Biasanya obeng yang tidak jarang digunakan ialah jenis obeng kembang (+) dan obeng minus/pipih (-). Ukuran obeng dicocokkan dengan standar kepala baut yang ada.

Baca Juga: AC Split Duct Daikin

C. Kunci L
Kunci L dipakai untuk membuka baut berkepala persegi enam yang menjorok ke dalam. Umumnya baut-baut itu berukuran kecil. Disebut kunci L sebab bantuk kunci ini serupa huruf L.

D. Kunci Pas dan Kunci Inggris
Kunci pas dipakai untuk melepas dan memasang mur atau baut. Ukuran yang dipakai biasanya bermacam dan pemakaiannya dicocokkan dengan situasi di lapangan, sementara kunci inggris serupa dengan kunci pas;fungsinya yaitu guna membuka mur-baut. Bedanya kunci inggris dapat digunakan untuk segala jenis ukuran mur-baut sebatas maksimumnya.

E. Pompa Steam (Air Cleaner)
Pompa steam dipakai ketika mengerjakan perawatan AC/ventilasi udara. Peralatan ini bermanfaat menyemprotkan air bertekanan tinggi untuk mencuci komponen evaporator, filter udara dan kondensor.

F. Plastik pelindung
Plastik pelindung dipakai ketika mencuci atau membasuh bagian indoor, yang bermanfaat untuk menjaga supaya cipratan air steam tidak merusak atau mencemari perabot yang ada serta untuk menjaga rangkaian elektronik (PCB indoor) AC.

G. Service Manifold
Service manifold tidak jarang disebut juga dengan system analyzer, charging and testing unit, test gauge set, gauge manifold atau manifold saja. Berfungsi untuk mengecek tekanan dan vakum, memenuhi dan pembuangan bahan pendingin dan minyak kompresor pada sistem.

H. Pompa Vakum
Pompa vacuum dipakai untuk menciptakan system pendingin hampa udara sebelum dipenuhi refrigerant.Pemvakuman mutlak mesti harus dilakukan sebelum mengerjakan pengisian refrigerant.Penggunaan pompa vacuum ini lebih gampang mengondisikan system pendingin menjadi hampa udara

I. Tang Ampere (Clamp Tester)
Tang ampere dipakai untuk mengukur arus listrik pada saat mengerjakan perawatan atau perbaikan AC. Bagi mengukur arus listrik metodenya cukup masukkan di antara kabel (positif atau negative) ke dalam mulut tang ampere. Lihat hasil yang terukur pada skala tang ampere.

J. Thermometer
Bagi mengukur suhu di dalam lemari es atau freezer digunakan thermometer yang memiliki bulb dengan pipa kapiler yang panjang. Hanya bulb saja yangditaruh di dalam lemari es, sedang suhunya bisa dibaca dari luar. Thermometer model paku bisa ditusukkan ke dalam lokasi yang sempit, ditusukkan ke dalam daging untuk mengukur suhu pada bagian dalam dari daging tersebut.

Write a Reply or Comment