Ruang Isolasi : Apa Sih Fungsinya?

Selain isolasi diri, ruang isolasi adalah kata yang sering kita dengar di masa pandemic ini. Apa sebenarnya ruang isolasi dan apa fungsinya? Kali ini Kontraktor HVAC membahas ruang isolasi beserta fungsinya.

Dikutip dari Alodokter, ruang isolasi merupakan ruangan yang tata udaranya didesain khusus dan terpisah dari pasien lain. Kata isolasi bisa terdengar mengerikan bagi orang awam, seakan-akan pasien sangatlah berbahaya.

Namun sebenarnya, ruang isolasi rumah sakit diharuskan ada untuk mencegah cross-contamination atau cross-infection baik dari pasien, pengunjung, maupun tenaga medis rumah sakit.

Gubernur Edy Resmikan 15 Ruang Isolasi Tambahan

Pasien yang dirawat di ruang isolasi rumah sakit agar proses penyembuhan berlangsung optimal dan tidak ada kemungkinan penularan ke orang lain.

Karena di desain khusus, memasuki ruang isolasi tidak boleh sembarangan. Setiap rumah sakit memiliki prosedur yang berbeda dalam penentuan pasien di ruang isolasi hingga pengamanannya. Namun rata-rata ruang isolasi bisa diklasifikasikan menjadi 4, yaitu:

1. Isolasi standar

Di ruang isolasi rumah sakit yang standar, setiap orang yang keluar masuk ruangan pasien harus mencuci tangan atau membersihkan dengan hand sanitizer. Jika dibutuhkan, sarung tangan dan rompi khusus juga bisa digunakan.

2.Isolasi kontak

Isolasi kontak atau contact isolation adalah isolasi yang diperuntukkan bagi organisme yang bisa menyebar lewat tangan, seperti Clostridium difficile penyebab penyakit diare.

Itu sebabnya, petugas medis harus mengenakan rompi khusus dan sarung tangan jika memasuki ruang isolasi kontak. Jika tidak, dikhawatirkan tangan bisa menyentuh organisme menular dan tertular ke pasien berikutnya.

3. Isolasi air liur

Isolasi air liur atau droplet isolation digunakan untuk batuk atau bersin yang bisa menularkan penyakit namun dalam jarak dekat. Untuk ruang isolasi ini, petugas medis diharuskan mengenakan masker dan pelindung mata. 

Pada kasus tertentu seperti pasien yang menderita meningitis, mereka harus berada di ruang isolasi ini hingga tuntas mengonsumsi antibiotik sesuai instruksi dokter. Penyakit lain seperti flu dan batuk rejan juga bisa berada di ruang isolasi ini.

4. Isolasi droplet nuklei (airborne)

Isolasi airborne diperuntukkan bagi pasien yang menderita cacar, TBC, atau gondok. Penularan penyakit-penyakit ini lewat partikel droplet nuklei yang bisa bertahan di udara penjuru rumah sakit, bahkan yang berbeda lantai sekalipun.

Pengaturan Tata Udara Positif Dan Negatif: Desain HVAC Untuk Covid-19  

Bulan lalu, Kontraktor HVAC berkesempatan memberi informasi tentang pengaturan tata udara untuk penanganan pasien covid-19 melalui stasiun TV swasta. Ada beberapa pertanyaan yang kami terima.

Salah satunya kapan harus menggunakan tekanan udara positif, kapan harus menggunakan tekanan udara negative. Lebih jelas, kami telah ...

Pasien dengan kategori ini harus berada di ruangan isolasi. Sementara petugas medis harus mengenakan alat pelindung agar tidak menghirup organisme penyebab penyakit dan berisiko masuk ke paru-paru.

Selain beberapa jenis ruang isolasi di atas, pihak rumah sakit biasanya punya istilah penamaan dan kategorisasinya sendiri. Namun hal itu bukan masalah. Benang merahnya tetap sama, yaitu ruang isolasi sebagai ruang rawat yang mengurangi kemungkinan kontaminasi atau penularan penyakit.

Terlanjur Santai-santai Mengira Bakal Dibiayai Pemerintah, Pasien ...

Siapa yang harus dirawat di ruang isolasi?

Kondisi yang membuat seseorang harus dirawat di ruang isolasi rumah sakit adalah jika menderita penyakit yang sangat menular. Kebanyakan adalah penyakit yang penularannya bisa melalui media udara.

Artinya, orang yang menghirup udara terkontaminasi bakteri atau virus tertentu bisa tertular, bukan hanya lewat droplets yang mungkin keluar saat batuk atau bersin.

Beberapa contoh penyakit yang umumnya mengharuskan dirawat di ruang isolasi adalah:

  • Cacar
  • TBC
  • Rubella
  • Meningitis
  • Difteri 
  • Gondok
  • Salmonella
  • Keracunan makanan (jenis tertentu)
  • Pasien yang sedang atau akan menjalani operasi transplantasi

Jadi sebenarnya, Ruang isolasi tidak hanya diperuntukkan bagi penderita covid-19 saja. Ruang isolasi dengan beberapa klasifikasi tata udaranya masing-masing dikhususkan untuk pasien agar pengobatan dan pemulihannya bisa maksimal.

Kontraktor HVAC sebagai spesialis tata udara ingin terus berkontribusi untuk pemenuhan ruang isolasi di banyak rumah sakit di Indonesia.

Baca selengkapnya mengenai :Instalasi Ruang Isolasi Sesuai Standar Internasional 

KONSULTASIKAN PROYEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment