Yang Bilang Pembersihan Ducting Tidak Perlu, Hati-hati !!!

Pembersihan Ducting  - Bagi para pemain HVAC, ducting adalah salah satu komponen yang familiar. Sanking familiarnya, saat di luar site pun penggunaan kata ducting masih sering terdengar. Yaa setidaknya di kalangan internal karyawan Kontraktor HVAC. Tidak jarang saat bersenda gurau dengan rekan sesama karyawan, kami men-ducting-kan sesuatu. Mulai dari ducting yang berdebu lah, kotor lah, sampai yang berjamur.

Tapi memang, ducting yang berdebu, bocor, sampai yang berjamur, adalah kondisi yang sering kami temui. Padahal, kondisi yang seperti itu tidak boleh dibiarkan, bahkan dicegah agar jangan sampai terjadi. Sebab akan berakibat ke kinerja system HVAC secara keseluruhan.

Kondisi ducting yang kotor dan berdebu diperparah dengan anggapan orang yang tidak mementingkan pembersihan ducting. Nyatanya, sebagai organ penyalur udara, ducting punya peranan penting dalam HVAC. Ducting yang baik akan mengalirkan udara baik pula. 

Begitupun sebaliknya. Oleh karenanya, mereka yang bilang ducting tidak perlu dibersihkan selayaknya harus waspada haha. Karena apa? 5 hal ini jawaban nya menurut Kontraktor Spesialis Ducting AC.

pembersihan ducting menentukan kualitan udara

1.       Ducting menentukan kualitas udara

Udara yang kita hirup, kualitasnya memengaruhi kita dengan berbagai cara. Ada efek kesehatan langsung yang mungkin sudah kita alami karena kualitas udara yang buruk, seperti masalah pernapasan, iritasi mata, hidung dan tenggorokan, sakit kepala, pusing, mual, dan kelelahan. 

Selain itu, berbicara soal kualitas udara juga dapat menyebabkan masalah kenyamanan yang tidak hanya membahayakan kesehatan, seperti bau, kelembapan tinggi, dan udara pengap yang tentunya tidak menyenangkan. 

Bahkan rumah yang kita anggap punya kualitas udara yang bagus, nyatanya tidak demikian. VOC dari pembersih rumah tangga, cat dan finishing, bahan bangunan dan karpet, dry cleaning, bensin, pestisida dan asap rokok, dapat menyebabkan polusi udara dalam ruangan. 

Belum lagi bakteri dan virus yang ditularkan melalui udara dan dapat masuk ke system. Ketika kontaminan ini ada di ruangan, mereka diedarkan oleh sistem HVAC dan tentu saja dapat menumpuk di ducting. Sekalipun sumber kontaminasi dihilangkan, kontaminan di ducting akan terus dilepaskan ke udara. Jadi, hati-hati.

pembersihan ducting terhindar dari debu

2.       Terhindar dari bau

Karena kelembapan yang tidak terkontrol, jamur bisa menumpuk di ducting. Kalau keberadaan jamur ini sudah terdeteksi, maka yang terdeteksi selanjutnya adalah bau apek. Dan solusi yang tepat adalah memeriksakan pekerjaan ducting ke teknisi HVAC. Dalam kasus ini, pembersihan menyeluruh serta perbaikan ducting mungkin diperlukan untuk menghilangkan bau apek tersebut.

3.       Mengurangi debu

Hati-hati kalau kita pernah lihat debu yang berasal dari AC. Debu itu adalah pertanda tumpukan debu dalam jumlah besar yang melapisi dinding ducting. Sudah saatnya pembersihan ducting dilakukan untuk menghilangkan debu yang terkumpul di furnitur dan di seluruh ruangan akan berkurang.

4.       Meningkatkan kenyamanan

Seperti yang kita pahami bersama, ducting yang kotor akan menghalangi fungsi peralatan HVAC. Aliran udara sangat penting untuk pengoperasian AC yang efisien.

Jika ducting tersumbat debu dan kotoran, udara akan lebih sedikit mengalir melalui ducting tersebut. Saat aliran udara berkurang, sistem harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Nah, akibatnya, kita akan merasakan area yang panas dan dingin, kelembapan yang lebih tinggi, dan sistem mengalami masalah dalam mencapai suhu yang disetel. Masi ngga mau bersihin ducting? Betaubatlah.

5.       Mengurangi kerusakan HVAC

Ducting yang tidak dibersihkan lama-kelamaan salurannya akan tersumbat. Jika salurannya tersumbat,  peralatan HVAC harus beroperasi terlalu lama di bawah tekanan aliran udara yang buruk . Dan, jika hal ini dibiarkan, operasinya dapat dengan cepat memburuk dari tidak efisien menjadi tidak berfungsi.

Misalnya, satu masalah umum yang terjadi dari aliran udara yang buruk adalah kumparan yang beku. Pernah ngga memperhatikan unit AC kita yang kerjanya terus-menerus? Akan terjadi kebocoran air kan ya? Hal tersebut memang bisa terjadi karena penumpukan es pada koil kondensor, yang terjadi saat aliran udara berkurang. Dan selanjutnya peningkatan beban pada kompresor akan menyebabkannya gagal. Yuk, tentuin jadwal untuk pembersihan ducting.  

Lalu, kapan kita membutuhkan layanan pembersihan ducting...?

Pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang konkret. Tidak seperti layanan pencegahan untuk peralatan HVAC, tidak ada jadwal yang direkomendasikan untuk layanan pembersihan ducting karena ini bergantung pada usia dan perawatan peralatan.

Misalnya gini, sistem HVAC yang tergolong baru di lokasi dengan kualitas udara yang baik, yang juga terpelihara dengan baik, mungkin tidak memerlukan layanan pembersihan ducting sama sekali. Namun, industri yang berhubungan dengan banyak kontaminan mungkin perlu dibersihkan salurannya beberapa kali dalam setahun atau bahkan lebih.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah ducting perlu dibersihkan adalah dengan memeriksanya oleh teknisi ducting profesional.

Jika mulai curiga ducting kita kotor, tanda-tanda berikut ini bisa jadi petunjuk kapan harus melakukan pemeriksaan:

1.   Debu berlebihan yang berasal dari tempat ducting dan menumpuk di permukaan

2.   Bau apek yang tertinggal

3.   Kelembaban tinggi

4.   Pertumbuhan jamur di dinding dan langit-langit ducting

Sampai disini masih ada yang bilang pembersihan ducting ga diperlukan? Kami cuma mau bilang, hati-hati. Kalo butuh jasa pembersihan atau instalasi, hubungi kami hehe. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment