10 Cara Menghemat Listrik AC Hingga Dua Kali Lipat | Nggak Boros Lagi!

Salah satu barang elektronik yang cukup besar menguras daya listrik yaitu AC. Benar gak??? Penggunaan AC sangat berdampak pada tahilan listrik setiap bulannya, atau jika kalian pengguna token. Saat menggunakan AC pasti cepat habiskan.

Oke artikel ini akan membantu masalah kalian tentang tagihan listrik, baca terus sampai habis yah 

Sebagai pengguna AC, yang tinggal di iklim tropis pastinya kamu dan AC tidak bisa dipisahkan, apalagi jika kalian warga medan. Yang kalau gunung sinabung meletus panasnya pasti bertambah hehehe

Dan kalian pasti lebih memilih untuk di rumah yang sejuk dan bisa menikmati udara segar dari AC

Fungsi AC pada umumnya memang untuk memberikan udara sejuk, tapi bukan berarti untuk mendapatkan udara sejuk dari AC yang kita miliki lalu sesukamu menyetel suhu AC paling rendah dan dengan mode cool, dan tidak sedikit orang membuat kecepatan kipas AC yang sangat tinggi

Kebiasaan seperti tentu akan membuat listrik kalian jadi boros. Mungkin kalian bertanya kenapa sih bisa boros bukannya sama aja yah?? kebiasaan buruk di atas akan menyebabkan kompresor Ac bekerja cukup keras.

Oke saya kasih ilustrasi, jika kalian mengendarai sebuah sepeda motor dengan kecepatan yang cukup tinggi tentunya akan berpengaruh sama banyaknya minyak yang akan habiskan. Nah AC juga sama seperti sepeda motor.

Lalu, bagaimana cara menghemat listrik terhadap penggunaan AC?

1. Pilihlah AC Hemat Energi

Jika kalian berencana untuk membeli AC, cari informasi mengenai AC yang akan kalian beli baik itu dari internet maupun pada sales yang menjual AC tersebut, tanyakkan secara detail. 

Mungkin tidak sedikit kita yang berpikir jika membeli AC dengan tipe A dengan merek X akan sama dengan merek Y dengan tipe A. Meskipun tipe yang kalian beli sama tentunya fitur yang disediakan oleh setiap merek pasti akan berbeda beda.

Jadi ketika kalian membeli AC, carilah AC dengan fitur hemat energi. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terdapat listrik yang akan kita keluarkan setiap bulannya.

Selanjutnya carilah AC low watt yang dilengkapi kompresor dengan penggunaan daya listrik yang kecil

AC hemat energi tentunya akan dapat menghemat penggunaan listrik 20 sampai 30% setiap bulannya.

catatan : disini perlu kalian ketahui bahwa penggunaan AC yang low watt memiliki harga yang lebih mahal dari AC standar dan proses pendinginan terhadap sebuah ruangan tentunya akan lebih lama jika dibandingkan dengan AC standar. Hal ini disebabkan karena penggunaan daya listrik yang kecil

Baca disini mengenai AC GREE 


2. Pilih AC dengan PK Rendah

Ini jadi persoalan lagi yah, banyak orang  yang karena takut tidak dingin akhirnya memilih AC dengan PK yang tinggi.

kita mulai dari pengertian PK, PK kepanjangannya yaitu  Paard Kracht yaitu daya yang dibutuhkan untuk setiap AC

Pada umumnya, AC berukuran 1PK memiliki besaran daya dari 380 watt sampai dengan 700 watt. Semakin kecil ukuran PK AC yang kalian beli, maka semakin kecil juga daya listrik yang dikeluarkan.

salah satu cara untuk menghemat biaya pengeluaran listrik adalah memakai AC yang PKnya rendah yaitu ½ PK

Kamu masih bingung memilih AC sesuai dengan luas ruangan mu?? 

Berikut adalah panduan umum dari memilih PK AC agar tidak boros:

  1. 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  2. 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  3. 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  4. 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  5. 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

 

Misalkan, rumah kamu memiliki AC berdaya 500 watt dengan rata-rata penggunaan sekitar 12 jam per harinya.

Sementara itu, tarif listrik adalah Rp1.352 per kWh.

Jadi seperti ini penghitungannya:

Total daya listrik : Besar watt x lama pemakaian x 30 hari

Jadi, 500 watt x 12 jam per hari x 30 hari.

Hasilnya, kamu akan menghabiskan daya listrik sebanyak 180.000 watt atau sama dengan 180 kWh dalam sebulan.

Kemudian, kalikan hitungan tadi dengan tarif listrik dasar yaitu, Rp1.352.

Tarif Listrik per Bulan: Total daya listrik 1 bulan x tarif dasar

Jadi, 180.000 watt x Rp1.352 = Rp243.360 per bulannya.

Angka tersebut baru untuk satu AC saja.

Bayangkan, jika terdapat dua atau lebih AC di rumah?

3. Hindari Mengatur Suhu di Bawah 24 Derajat

Cara menghemat listrik berikutnya yaitu dengan mengatur suhu AC yang kita gunakan. Gunakan suhu di 24 derajat celcius, ini adalah settingan suhu paling rendah yang kami rekomendasikan. Apabila kalian menyetel suhu di bawah 24 deraja celcius hal tersebut akan membuat kerja kompresor semakin tinggi dan menyebabkan tagihan listrik mu semakin boros.

Gunakan saja di 24 derajat celcius, hal tersebut sudah sangat cukup untuk menyejukan ruangan yang kamu miliki.

4. Cara Menghemat Listrik AC dengan Membersihkan Secara Teratur

Penggunaan AC secara rutin tentunya akan menimbulkan kotoran/debu pada AC tersebut. Debu dapat menghambat udara yang akan dikeluarkan oleh AC. AC yang kotor/memiliki banyak debu tentunya akan membuat kerja dari kompresor semakin tinggi, yang nantinya hal ini akan sangat berpengaruh konsumsi daya listrik. Oleh karena itu, rutin lah dalam membersihkan filter AC setiap bulannya dan untuk keseluruhan AC dapat dibersihkan 3 bulan sekali

5. Jangan Lupa Pasang Timer AC

Jika kamu adalah salah satu orang yang suka lupa mematikan AC, alangkah lebih baik gunakan timer pada AC yang kamu gunakan.

AC dibuat untuk memberikan kesejukan pada penggunanya saat berada pada ruangan tersebut, tetapi apabila ruangan tidak digunakan agar konsumsi listrik mu tidak besar gunakan timer setiap harinya. Cara ini tentunya akan membantumu untuk menghemat listrik setiap harinya

6. Hindari Buka Tutup Ruangan Ber-AC

Selanjut cara hemat berikutnya adalah hindari buka tutup ruangan yang AC-nya sedang menyala. kebiasaan buka tutup ruangan tentunya akan menyebabkan udara sejuk didalam ruangan jadi tidak maksimal. Pada saat membuka pintu tentunya hawa panas dari luar akan masuk kedalam ruangan. Untuk menstabilkan hal tersebut tentunya butuh waktu. 

Jika kebiasaan buruk buka tutup ini sering dilakukan, AC akan sangat sulit mencapai suhu dingin yang kalian inginkan. Dan hal ini tentunya akan membuat AC terus menerus bekerja keras untuk mendapatkan suhu dingin.

7. Jangan Langsung Menyalakan AC Bila Baru Dimatikan

Selanjutnya cara ketujuh, jangan langsung menyalakan AC yang baru saja dimatikan atau juga kebiasaan hidup mati AC secara tiba tiba.

Penyebab dari kebiasaan seperti ini, selain menyebabkan kompresor cepat rusak. Konsumsi daya listrik juga akan tinggi. Karena pada saat AC dinyalakan tentu saja kompresor akan memberikan kinerja maksimalnya, dan ketika lagi bekerja dimatikan secara tiba-tiba, lalu dihidupkan lagi. 

Seperti pembahasan sebelumnya jika kompresor bekerja dengan maksimal tentu akan membuat konsumsi daya listrik tinggi. Berikan jeda beberapa menit untuk menyalakan AC kembali.

Dengan melakukan hal ini, AC yang kalian miliki tentunya akan awet dan konsumsi daya listrik akan hemat

8. Cara Menghemat Listrik AC dengan Membersihkan Ruangan

Hemat listrik tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kebersihan ruangan. Ruangan berdebu tentu akan mempengaruhi kebersihan dari filter AC. Akibat dari filter AC yang cepat kotor tentunya akan berimbas pada kinerja kompresor.

Jadi hal ini akan selalu berhubungan dan berkaitan teman teman.

9. Tutup Gorden

Dengan menutup gorden tentu akan membantu kinerja Ac untuk memberikan udara sejuk lebih cepat. Sinar matahari yang terpancar melalui jendela akan mengurangi kinerja AC dalam memberikan udara sejuk.

Hal ini akan menyebabkan AC sulit dalam memberikan udara sejuk dan kerja dari kompresor akan selalu tinggi.

10. Cara Menghemat Listrik AC Lewat Mode Khusus

Kalian tahu mode dry??

Fungsi dari mode dry menjaga kelembaban ruangan dan kesejukan ruangan secara otomatis.Dengan menggunakan mode ini tentunya suhu akan stabil, sirkulasi angin AC tidak akan putus dan tidak menimbulkan biaya listrik yang tinggi.Dalam keadaan udara kering , AC yang di stel dengan mode dry akan otomatis berubah dan meniupkan angin dingin tanpa menjalankan kompresor loh, kerenkan !!!

Mode ini sangat direkomendasikan untuk menghemat biaya tagihan listrik kalian setiap harinya.

Nah itu dia 10 cara menghemat listrik. Menurut saya hal ini sangat mudah diterapkan dan tentunya akan memberikan 2 dampak positif pada kalian yaitu AC menjadi awet dan hemat listrik tentunya.

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment