6 Cara Mengatur Suhu AC agar Dingin dan Sejuk Maksimal

Kontraktorhvac.com – Penggunaan AC tidak lain adalah untuk kenyamanan berada di sebuah ruangan. Ruangan dengan suhu sejuk cukup membuat nyaman para penghuni ruangan tersebut.

Suhu ruangan yang diinginkan dapat diatur bersama dengan remote AC yang didapat saat pertama kali membelinya. 

Jika remote nya tidak tersedia, kita bisa menanyakan pada penjual. Yah mungkin saja penjualnya lupa memberi remote-nya, kan? Hehe.

Namun, untuk meraih suhu dingin yang tepat dan tidak berlebihan, ada beberapa hal yang meti diperhatikan bersama dengan mengfungsikan remote AC.

Apa saja? Berikut adalah langkah sesuaikan suhu AC agar dingin dan sejuk maksimal!


1. Tentukan Suhu Standar AC

Cara yang pertama adalah pilih suhu standar yang paling pas untuk ruangan. Sesuaikan suhu tersebut bersama dengan situasi suhu di luar ruangan.

Maksudnya begini, jangan terlalu jomplang antara suhu luar ruangan dengan suhu di dalam ruangan. Biasanya suhu standar AC adalah lebih kurang 22-25 derajat Celsius (°C) .

2. Turunkan Suhu AC secara Bertahap

Jika dirasa suhu AC tidak cukup maksimal, kita boleh menurunkan suhu berikut secara bertahap hingga mendapatkan suhu yang tepat.

Turunkan satu derajat lebih rendah sampai mendapatkan suhu yang tepat. Jadi jangan langsung main asal pijit ke suhu terendah, ya. Bahaya!

3. Pilih Mode Cool pada AC

Setelahnya, pastikan AC berada dalam cool mode. Karena dalam mode ini, memungkinkan AC bekerja untuk mendinginkan ruangan dengan lebih maksimal.

Biasanya, mode yang ditandai bersama dengan simbol “❆” atau postingan cool ini bisa membuat suhu di dalam ruangan jadi lebih sejuk dengan cepat.

Namun jika musim hujan, suhu udara cenderung lembab. Maka, jangan gunakan cool mode lagi, ya.  

Ganti lah settingan remote menjadi dry mode. Mengapa dry mode?

Penjelasannya ada di sini (https://kontraktorhvac.com/10-tips-agar-hemat-listrik-dan-ac-lebih-awet )

4. Atur Perputaran Kipas Menjadi Maksimal

Cara berikutnya adalah dengan memaksimalkan perputaran kipas AC.

Tapi, langkah ini boleh kita tempuh jika suhu tidak terlalu rendah atau berada di 16 derajat celcius.

Dengan sesuaikan perputaran kipas AC terhadap tingkat tertinggi maka udara dingin lebih cepat merata ke seluruh ruangan.

Namun, kita mesti perhatikan arah semburan angin AC-nya agar tidak mengarah ke tubuh yang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

5. Gunakan Juga Swing Mode pada AC

Pada unit indoor AC terdapat anggota kisi yang berguna untuk sesuaikan arah semburan angin AC.

Nah, kita bisa memaksimalkan suhu ruangan dengan mengkolaborasikan fungsi kisi AC ini.

Yaitu dengan mengfungsikan mode swing yang terdapat terhadap remote AC. Mode swing berguna untuk menggerakan kisi AC naik dan turun secara tetap dan bertahap,

Agar hembusan angin AC lebih merata dan suhu ruangan jadi cepat dingin.

6. Jangan Biarkan AC Bekerja Lebih Keras

Yha. Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi. Jangan paksa AC untuk bekerja mencpai suhu terndah jika suhu di luar ruangan sedang tinggi-tingginya. Yang namanya dipaksa, selalu ga asik kan? Gitu juga dengan AC.

Salah satu kesalahan yang sering dijalankan pengguna AC adalah memaksakan perangkat ini menyentuh suhu yang tidak ideal di kala situasi cuaca sedang panas.

Misalnya, suhu terhadap siang hari begitu panas lebih berasal dari 30 °C, tapi kita memaksakan AC bekerja di suhu 16 °C. Ini hanya akan membuat AC bekerja lebih keras, padahal yang sanggup diberikan sesungguhnya tak bakal mencapai serendah itu.

Jadi, pas cuaca sedang panas di siang hari, sebisa mungkin tidak mengatur suhu AC di bawah 20 °C. Lebih baik atur suhunya di rentang 24-25 °C.

 

Okay. Itu dia beberapa langkah untuk AC dingin dan sejuk maksimal. Selain langkah di atas, ada langkah lain untuk membuat ruangan jadi dingin lebih maksimal, yaitu dengan memilih AC yang PK-nya sesuai dengan kebutuhan ruangan.

​Contact Us !

Jika ada project yang ingin di survey atau konsultasi, silahkan hubungi kami di nomor Hp. 081365778899 & nomor telepon 06180088677 


PT. Mechtron Mastevi Indonesia

Jakarta : Greenlake City Rukan CBD Blok M23

Medan : Jl. Krakatau Simp Jl. Mandor No.28

Banda Aceh : Jl. T Hasan Dek, Batoh

Write a Reply or Comment