Cara Mengganti Kompresor AC Split

Cara Mengganti Kompresor pada AC Split diperlukan sebuah perangkat Pengelasan yakni tabung camping gas dan tabung oxigen.

Bisa juga dilakukan dengan Pengelasan memakai Blender, bila kamu belum memiliki tabung oxigen.

Bila kamu menggunakan sistem Pengelasan dengan memakai Blender, saat kamu ingin melepaskan dua buah sambungan Pipa di kompresor, kamu harus membuka seluruh tutup body outdoor agar hawa panas dari Blender tidak terkena Kompresor. Tapi saya sarankan kamu menggunakan sistem Pengelasan dengan campuran oxigen, agar pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat.

Setelah melepaskan dua buah sambungan Pipa pada Kompresor, lepaskan tiga buah mur yg berada pada unsur bawah Kaki Kompresor dengan memakai kunci ring atau pas ukuran 12-13.

Setelah melepaskan tiga buah mur pada Kaki Kompresor, angkat kompresor keluar dari dudukannya. Penggantian kompresor harus cocok dengan Type Label yang berada pada body kompresor, atau dapat juga diganti dengan dasar persamaan Kapasitas Pendinginan.

Contoh suatu Kompresor National 1 pk dapat diganti dengan Kompresor merk Hitachi yg berukuran 1 pk juga, walaupun pada kaki kompresornya bertolak belakang dengan merk National sehingga baut pada lubang dudukan pada kaki kompresor melulu dapat digunakan 1 atau 2 buah saja. Pada saat penggantian Kompresor ganti pipa juga kapiler dan saringannya supaya Freon bisa bersikulasi dengan Lancar.

Baca Juga : Pemasangan Dan Pengadaan Chiller

Bila kamu belum mengetahui teknik pencarian Terminal Kompresor (s c r) dapat kamu lihat pada tutup Terminal Kompresor. Atau kamu bisa juga dengan mengukur tahanan 3 buah Terminal Kompresor itu dengan suatu Multitester.

Caranya ialah sebagai berikut :

Posisikan Multitester pada skala ohm x 10 ukur seluruh tahanan ketiga Terminal Kompresor sampai menemukan tahanan yang terkecil, bila sudah kamu dapatkan tahanan yang terkecil, satu terminal yang tidak tersentuh probe tester itu ialah (s) atau starting yang dihubungkan dengan Running Kapasitor. Sedangkan untuk penelusuran (r) nya ukur dari terminal (s) dengan terminal lainnya, tahanan yang terbesar ialah (r) yang juga (c) yang dihubungkan langsung dengan line Listrik.

Setelah Kompresor, Saringan dan Pipa Kapiler telah terpasang dan Nepel Pipa instalasi pun sudah terpasang pada Kran Valve, operasikan ac split. Pasang Selang Manifold warna biru pada pentil pengisian freon dan buka kran manifold warna biru / tekanan rendah. Setelah outdoor unit mendapat supply listrik lakukan Pemakuman yakni dengan teknik menutup kran valve hisap dengan kunci L hingga tertutup rapat.

 

Angin bakal keluar dari ujung selang yang berwarna kuning, diamkan hingga angin habis atau tidak terdapat lagi angin yang keluar dari ujung selang warna kuning. Setelah angin yang keluar benar-benar Habis, tutup kran manifold warna biru hingga benar-benar tertutup rapat. Buka kran Hisap yang tadinya dikunci dengan kunci L sampai terbukapenuh, kemudian pasang selang manifold warna kuning pada tabung freon. Buka kran pada Tabung Freon kemudian isikan freon dengan teknik membuka kran manifold warna biru / desakan rendah.

Lakukan Pengisian Freon sambil melihat ampere kompresor pada tang ampere, bila ampere normal lanjutkan pengisian freon.Tapi bila ampere tinggi, ganti Pipa Kapiler dengan ukuran yang lebih besar dan kerjakan pengecekan kebocoran pada sambungan kompresor yang baru di las dengan air sabun bila outdoor telah terisi dengan freon.

Write a Reply or Comment