Cara menghitung kebutuhan PK AC berdasarkan luas ruangan terbaru

Cara menghitung kebutuhan PK AC berdasarkan luas ruangan
Ahli AC - Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan bagi para calon pembeli AC. Hal kecil seperti ini memang wajib kita ketahui ketika ingin beli AC, jika kita salah membeli AC akan menyebabkan ruang tidak dingin atau tagihan listrik jadi membengkak karena PK AC yang terlalu tinggi.

Apa itu Btu?
Oke sebelum kita menghitung kita harus paham istilah dalam AC seperti Btu. Btu merupakan besaran dingin pada AC, semakin besar Btu AC semakin dingin begitu juga sebaliknya. Jika kita memiliki ruangan yang cukup luas artinya kita harus membeli AC dengan btu yang tinggi donk. Jika kalian memiliki AC dan tidak terlalu dingin bisa jadi ini salah satu penyebabnya, btu yang terlalu rendah.

Btu berapa untuk ruangan saya?

Selanjutnya kita pertanyaan yang sering ditanyakan, bagaimana cara kita tahu Btu yang kita butuhkan untuk setiap ruangan?? oke setiap kita membeli AC akan diberi spesifikasi dari AC yang akan kita beli. Spesifikasi AC juga cukup gampang untuk dicari, kalian bisa cari disitus resmi dari setiap merek yang ingin kalian beli. Jika kalian malas mencari spesifikasinya bisa langsung konsultasi dengan kontraktorhvac 0811-6565-383

Ribet yah teman teman, padahal di judul menghitung kebutuhan PK AC kok malah jadi bahas Btu hehehe

Jadi begini, untuk menghitung kebutuhan PK, kita harus paham dengan istilah dalam dunia AC yaitu Btu. Walaupun kita orang indonesia mengenal istilah AC dengan PK, dan ketika ingin beli AC juga yang tanyakan mau berapa PK. kita harus tau peranan dari Btu, tak jarang orang tau bahwa AC dengan PK yang sama (1PK) dingin yang didapat bisa berbeda.

Pasti kalian mulai bingunkan hehehe pasti kalian mau bertanya kok bisa AC PKnya sama dinginnya berbeda?? Inilah yang perlu diluruskan bahwa dinginnya AC yang menjamin bukan PK melainnya Btu.

Lalu kenapa kebanyakan orang selalu menyebutkan PK?? Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam memahami AC, jadi standard untuk 1 PK dimuladi dari 8.500-10.500 Btu.

Oke saya akan berikan ilustrasi jika ada seorang customer ini membeli AC, dan tukang AC menyebutkan PK AC sedetail mungkin sampai dengan koma-komanya contoh merk A 0.95PK, merk B 1.05Pk dan merk C 1.15 PK jangankan customer kita yang membaca ini juga pusingkan.

Karena hal ini juga yang menyebabkan AC 1PK bisa berbeda beda dinginnya. Sudah pasti 10.500 Btu jauh lebih dingin dibandingkan 8.500 Btu. Jika kamu membeli dengan mengatakan 1Pk tidak menutup kemungkinan kamu akan dapat yang 8.500 Btu.

Baca juga yang lain : 10 Cara Menghemat Listrik AC Hingga Dua Kali Lipat | Nggak Boros Lagi!

AC 1PK berapa Btu?

Disini saya akan memberikan hitungan dasar PK dengan Btunya, ini adalah hitungan dasar yang umum digunakan. Tentu saja untuk setiap merk dan tipe berbeda-beda yah. Dan ini adalah hitungan umum dengan merk yang sering digunakan

  • AC 1/2 PK memiliki 5.000 Btu/h
  • AC 3/4 PK memiliki  7.000 Btu/h
  • AC 1 PK memiliki  9.000 Btu/h
  • AC 1,5 PK memiliki  12.000 Btu/h
  • AC 2 PK memiliki  18.000 Btu/h
  • AC 2,5 PK memiliki  24.000 Btu/h

Cara menghitung AC lebih detail

Nah yang tadi kan masih gambaran kasarnya aja tuh, sekarang kita akan mencoba menghitung kebutuhan AC dengan cara yang lebih detail dan akurat dengan bantuan Btu hehehe

Untuk Indonesia yang cuacanya semakin terik, untuk sebuah kamar idealnya dikalikan 537. Angka 537 ini juga gak datang begitu saja, angka ini didapatkan dari riset dengan melakukan R&D sehingga dibuatlah patokan angka 537.

Angka %37 hanya bisa kita gunakan dengan kondisi kamar yang normal seperti tinggi plafon 3m ini yang standar nya yah, ruangan tertutup, dan kamar hanya di huni oleh 1-2 orang saja. Dengan kondisi seperti ini akan membuat AC cukup sejuk saja yah tidak menjadi dingin dan lalu membeku hehehe

Jadi kita kondisi kamar kita berbeda maka, untuk angka yang dikalikan juga akan berbeda. Baiklan kita akan mulain mencontohkan dengan ukuran kamar 3x4 ini sama dengan luas ruangan 12 m2

Kemudian kita kalian 12*537 = 6.444 Btu/h. Dari perhitungan ini kita sudah mendapatkan Btu ruangan kita. Selanjutnya kita akan mengubahnya ke dalam PK

kalian bisa perhatikan ini

  • AC 1/2 PK memiliki 5.000 Btu/h
  • AC 3/4 PK memiliki  7.000 Btu/h
  • AC 1 PK memiliki  9.000 Btu/h
  • AC 1,5 PK memiliki  12.000 Btu/h
  • AC 2 PK memiliki  18.000 Btu/h
  • AC 2,5 PK memiliki  24.000 Btu/h

Dari sini teman-teman sudah bisa menentukan PK AC yang akan digunakan untuk kamar tersebut, jika kita menggunakan AC 1/2PK dimana hanya 5.000Btu tentu yang akan terjadi adalah ruangan tidak akan dingin sesuai yang dinginkan, walaupun harga AC 1/2PK lebih ekonomis. 

Jika sudah seperti ini, disaran kan untuk memiliki AC dengan kapasitas Btu yang lebih tinggi. Agar mendapatkan dingin yang maksimal dan tidak memaksa kerja dari kompresor ketika dinyalakan. Jika ruangan membutuhkan 6.444 Btu/h belilah AC dengan ukuran 3/4PK yang memiliki  7.000 Btu/h.

Jika kalian memaksakan AC ½ PK dengan luas ruangan 12 m2 maka yang akan terjadi ruangan tidak dingin dan AC akan cepat rusak karena kompresor dipaksa bekerja maksimal, selain itu listrik juga akan menjadi boros.

Beban AC dalam ruangan

Selain ukuran ruangan seperti tinggi platfon, ada beban lain lagi yang mempengaruhi dinginnya AC yaitu jenis lampu yang digunakan dalam kamar. Jika lampu ini menimbulkan panas maka akan berpengaruh pada dinginnya AC

kemudian banyaknya ventilasi yang digunakan. Kaca juga akan mempengaruhi dingin apakah meredam sinar matahari atau malah memasukan sinar matahari.

Selain itu rumah kita harus tau rumah kita menghadap ke barat atau utara, hal ini juga akan mempengaruhi karena umumnya menghadap barat akan lebih panas.

Peralatan elektronik seperti komputer, tv juga akan mempengaruhi teman teman. Bukan hanya jumlah orang yang didalam ruangan tersebut.

Aktivitas dalam ruangan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap dinginnya AC, semakin banyak aktivitas tentu PK yang dibutuhkan juga akan lebih tinggi.

Ini juga yang menjadi alasa kebutuhan untuk rumah dan restoran dll akan sangat berbeda. Untuk diatas adalah perhitungan untuk rumah yah teman teman, terimakasih telah membaca artikel ini

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment