Inilah 7 Masalah yang Sering Terjadi Pada AC

Kontraktor HVAC - Barang elektronik yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari tentunya memiliki masa penggunaan, termasuk juga AC. Hal ini tidak hanya dialami oleh satu atau dua orang saja, melainkan seluruh pengguna elektronik dari berbagai merk pasti mengalami hal ini.

Demikian pula mengenai masa pengguna AC, apapun merk yang kita gunakan pasti memiliki masa pakai. Apakah permasalahan seperti ini bisa diatasi???

Tentu saja bisa, bagi orang yang memahami atau ahli dibidang AC tentunya akan paham masalah seperti ini dan selalu ada solusinya.

Di artikel ini kita akan membahas masalah-masalah apa saja yang sering terjadi pada AC, beserta solusinya.

Masalah Umum Pada AC :
1. AC Netes
AC menetes bisa sebabkan karena telat melakukan service pada AC, hal ini bisa muncul secara tiba-tiba. Tidak rutin dalam melakukan servis akan menyebabkan tersumbatnya saluran pembuangan air AC di karena penumpukan debu dan kotoran pada unit indoor AC.

Tetesan air juga bisa disebabkan karena kondensasi, hal ini disebabkan adanya perbedaan suhu yang cukup tinggi di dalam pipa dan suhu yang ada di luar. Masalah kondensasi sering terjadi pada AC yang sudah berusia 5 tahun karena pembungkus pipa yang sudah tidak layak dipakai.

Jika unit AC anda mengalami hal seperti ini, solusinya rutin membersihkan filter AC dan service AC bulanan. Dan hal seperti ini sebaiknya segera langsung diperbaiki, karena jika dibiarkan maka akan menimbulkan masalah-masalah lain pada AC. Proses AC yang tidak berjalan semestinya akan mengganggu komponen lainnya.

2. AC Kurang Dingin
Jika kita membahas penyebab AC kurang dingin sebenarnya banyak sekali. Masalah ini bisa dibagi menjadi 2 bagian yaitu teknis dan non-teknis.

Jika dilihat dari masalah teknis biasanya disebabkan karena kerusakan pada kompresor AC, kurangnya tekanan freon pada AC ataupun penumpukan debu pada filter AC.
Sedangkan masalah non-teknis yang menyebabkan AC kurang dingin adalah ketidaksesuaian luas ruangan dengan PK AC, setingan remote AC yang tidak sesuai, ataupun beban panas terlalu tinggi seperti kondisi ruangan yang terpapar sinar matahari. Jika masalah seperti ini tentunya kita harus berkonsultasi pada ahli AC, AC seperti apa yang sesuai dengan ruangan yang kita miliki.

3. AC Panas
Seyogyanya kita yang tinggal di Indonesia menggunakan AC untuk mendapatkan udara sejuk dalam ruangan. Tapi jika anda mendapatkan udara yang berbeda seperti mengeluarkan panas yang membuat kita tidak nyaman di ruangan hal ini bisa terjadi karena kompresor AC yang mengalami overheat (panas yang berlebih). Umumnya jika kompresor bermasalah makan akan mengeluarkan suara yang keras dan angin yang dikeluarkan lemah dan hangat.
Masalah seperti ini disebabkan karena ada komponen AC yang bermasalah seperti tekanan freon yang sangat tinggi atau bocornya sistem pada AC.

Jika hal seperti ini terjadi sebaiknya kompresor AC diganti karena AC yang panas akan mengeluarkan daya listrik yang jauh lebih banyak. Untuk mengganti kompresor AC disarankan berikan pada ahli AC.

Baca juga artikel lainnya : Penyebab dan Cara Mengatasi Kondensasi Pada AC

4. AC Tidak Dapat Nyala atau Mati
Jika kita mengalami masalah AC yang tidak bisa menyala atau bahkan tidak bisa dimatikan, hal ini bisa disebabkan karena AC hidup jangka lama dan dibiarkan begitu saja. Hal seperti ini tentunya akan menyebabkan motor AC rusak.

5. AC Error
Error tidaknya hanya terjadi pada manusia dan komputer, AC juga bisa mengalami hal seperti itu. Error akan menyebabkan AC tidak berkerja semana mestinya.

Kode Error yang ditampilkan AC menunjukan adanya kesalahan. Namun, penyebab umum error pada AC adalah kebocoran.

Untuk mengatasi hal seperti ini, kita harus melakukan pengecekan pada AC :

  • Matikan AC dan lepaskan sambungan AC pada listrik
  • Selanjutnya periksa refrigerant, apakah ada yang bocor
  • Periksa Sensor AC
  • Periksa papan PCB unit AC

6. AC Bocor

Jika kita berbicara ac bocor tidak hanya behubungan dengan air saja. Masalah AC bocor juga berhubungan pada instalasi pada jalur gas freon yang diselimuti pipa sanitasi. Jika sudah seperti ini gas freon (cloroflurocarbon) akan keluar dan jika dihirup oleh manusia dapat menyebabkan masalah pasa kesehatan seperti pada mata, hidung, lidah, tenggorokan, dan lain-lain.

Jika sudah seperti ini, sangat disarankan untuk memanggil ahli AC untuk menanganinya.

7. AC Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap

Masalah AC yang mengeluarkan Aroma tidak sedap biasanya disebabkan oleh 4 hal :

  • Komponen AC yang kotor atau jarang dibersihkan tentunya akan mengeluarkan bau tak sedap
  • Kebocoran freon juga dapat menimbulkan bau yang tak sedap
  • korsleting atau arus pendek yang terjadi pada ac juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap
  • dan bau yang tak sedapat juga dapat ditimbulkan dari bangkai binatang yang menempel pada AC seperti, kecoa, cicak, dll binatang lainnya.

Jika kalian merasa ada bangkai binatang, kalian bisa mencoba membuka filter AC dan membersihkannya. Jika kalian merasa bangkai binatang ada di komponen lain, disarankan untuk memanggil ahli saja.

Itulah beberapa masalah yang umum terjadi pada AC, jika kalian ada masalah lain jangan ragu untuk konsultasi kepada kami.

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment