Mengisi Freon AC Split yang Baik dan Benar

Saat anda menemukan masalah AC yang tidak dingin, salah satu hal yang mengakibatkan hal tersebut ialah kekurangan freon. andai freon AC berkurang dan tak sesuai dengan standart. Maka ada sesuatu yang terjadi yakni terbentuknya bunga es di pipa dekat dengan katup valve outdoor yang dapat mengakibatkan kompresor cepat panas dan kian lama dapat rusak. Nah, untuk hal tersebut kami bagikan teknik mengisi freon AC split sendiri dengan benar.

Cara melakukan pengisian freon AC ialah sebuah masalah yang mudah. Tentu saja asal anda tahu bagaimana cara yang tepat. Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini kami bakal berbagi tips mengenai teknik mengisi freon AC dengan cara teknik yang mudah. Sehingga masalah AC kamu yang tidak dingin dapat teratasi dengan cepat.

Di bawah ini ialah cara untuk melakukan pengisian freon AC sendiri tentunya dengan teknik yang gampang untuk anda lakukan.

1. Pasang manifold ke pentil kompresor atau outdoor
Yang perlu anda lakukan lebih dulu ialah membuka penutup pentil. Lalu pasang selang manifold ke dalam kompresor. Cara membetulkan memang lumayan mudah, yaitu dengan memasang satu selang manifold ke kompresor dan memasang selang kedua ke tabung freon.

Bila freon dengan jenis R410 dan R32 usahakan disiapkan sambungan ujung manifold yang cocok ukuran pentil pada ac jenis freon yang sama yakni R32 dan R410. Karena bila ukuran ujung selangnya nanti akan lebih banyak dari freon R22.

Selang yang dipasang mengarah ke kompresor mesti sesuai. Itu dengan kata lain selang yang terhubung ke pengisian manifold mesti terpasang secara benar. Sebab andai sampai salah selang maka jarum manifold nantinya tidak bakal bergerak.

2. Lakukan pengisian freon secara perlahan
Jangan tergesa-gesa dalam melakukan pengisian freon. Lakukan pengisian secara perlahan. Bukalah katup manifoldnya perhatikan nanti jarum manifold naik. Proses pengisiannya hjangan terlampau cepat. Jangan buka bukaan manifold secara penuh, tidak banyak saja dan tahan kemudian tutup lagi.
Lakukan pengisisan ini dengan hati-hati, santai saja jangan terlalu terburu-buru. Saat pengisian di angka 30 – 40 psi maka pipa ac nanti akan berubah menjadi es. Tapi anda tidak perlu panik karena ini ialah hal yang normal. Lakukan pengisisan terus sampai bunga es hilang, nanti ketika jarum telah diatas 40 Psi, maka es yang terdapat pada pipa dapat hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Jual Sparepart (Suku Cadang) AC York Terlengkap

3. Sesuaikan dengan tekanan freon dengan PK acnya ampere kompresor
Sebelum anda memutus tekanannya freon yang nanti bakal di isi, usahakan ketahui dulu ukuran PK ac tersebut. Dapat juga anda menggunakan tang ampere, ini supaya anda memahami batas ampere maksimal ac tersebut. Jadi anda lebih bisa menyesuaikan tekanan Freon tersebut.

Bila ukuran AC 0, 5 pk maka usahakan anda isi dengan tekanan freon 60-70 psi. Jika 3/4 dan 1 pk maksimalnya ialah 80-90 psi. Namun usahakan juga tetap harus menciptakan patokan ini berdasar pada ampere dari kompresor. Sebab bila ampere melebihi batas maka kompresor bisa terjadi overload atau memutus.

Sebagai tambahan, bahwa bila ac dengan jenis freon R32 dan R410 sebaiknya di vacum dulu. Ini supaya tidak terdapat lagi kotoran dan sisa air tetap ada tinggal di dalam pipa. Sedangkan bila R22, proses vacuum dapat di kerjakan menggunakan vacum body tanpa perangkat ataupun mesin vacum.

Demikianlah teknik mengisi freon AC sendiri dengan mudah. Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat memberikan pengetahuan untuk anda para pembaca semuanya.

Write a Reply or Comment