Perbedaan AC Split Dengan AC Portable ?

kontraktorhvac - Mungkin sebagian dari kita jarang melihat AC portable atau bahkan tidak pernah melihat sama sekali. AC yang sering kita lihat dan pakai sekarang ini yaitu menggunakan model AC Split, terdiri dari 2 unit yang fungsi dan letaknya pun terpisah. Unit indoor berada dalam ruang yang berfungsi mengeluarkan udara sejuk sedangkan unit outdoor letaknya di luar ruang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas ke luar ruangan.

Apa Itu AC Portable ?

Selain AC Split, ada juga AC Portable. Sesuai dengan namanya portable yaitu AC praktis dan mudah dibawa kemana-mana, untuk penempatanya juga tinggal di letakan di lantai. Tidak sedikit juga orang mengatakan AC portable juga AC duduk. Yah mungkin kesannya karena AC ini ditempatkan dilantai dan dalam posisi duduk yah makanya disebut ac duduk hehehe

Berbeda halnya dengan AC Split, AC split terpasang di bagian atas rumah dan tidak bisa dipindah pindah letaknya, jika ingin dipindah pun harus dibongkar terlebih dahulu. Untuk pemindahannya AC Split juga tidak segampang yang kita pikir, karena ada pipa yang menghubungkan ke outdoor.

Jika teman teman ingin AC yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana gunakanlah AC portable, sesuai dengan namanya PORTABLE. Asalkan ada sumber listrik AC portable dapat menyala dimana saja, dan ada tempat untuk pembuangan udara panasnya melalui pipa fleksibel dan buangan air ACnya juga. 

baca juga yang lainnya : Mengenal AC Commercial : AC Cassette, AC Ceiling dan AC Ducted, AC Floor Standing

Seberapa Pentingkah AC Portable ?

Oke, untuk masalah ini mari kita perhatikan aspek berikut, jika kalian membutuhkan pendingin ruangan yang bersifat tetap dan tidak ingin dibawa kemana mana contohnya seperti rumah ataupun kantor, saya sarankan sebaiknya menggunakan AC split saja. Mengapa demikian, jika kita lihat dari sisi harga AC portable jauh lebih mahal dari AC split sama kondisinya seperti laptop dan komputer, harga laptop akan lebih mahal karena laptop bersifat praktis. Begitu juga dengan AC portable.

Dan jika kita mempertimbangkan dari sisi listrik, AC portable sedikit lebih boros dibandingkan dengan AC Split. Namun jika anda memiliki kondisi sering berpindah-pindah tempat dan tetap ingin merasakan udara sejuk maka pilihan yang tepat adalah AC portable. 

AC portable fungsinya sebagai alternatif bagi kalian yang suka berpindah-pindah tempat, namun jika kita bandingkan dengan AC Split secara umum, AC split memiliki keuntungan yang lebih banyak. Jika kita bandingkan dari sisi suara, AC portable sedikit lebih berisik dibandingkan AC Split. Dan jika kalian ingin menggunakan AC portable bak penampungan air dan embun dari AC portable harus di perhatikan secara berkala. Jika bak penampungan sudah penuh harus segera dibuang.

Manakah yang Ideal, AC Split atau AC portable?

Pada dasarnya plihan apakah AC split atau AC portable yang terbaik kita tidak bisa menentukannya.

Hal tersebut tergantung kepada kebutuhan penggunanya. Setiap pilihan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda ingin merasakan udara sejuk dimana saja dan bersifat fleksibel, pilihan terbaik adalah AC portable.

Tetapi, jika anda ingin merasakan udara sejuk di rumah saja dan tidak ingin membawanya kemana-mana, pilihan terbaik adalah AC Split.

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment