Sistem Kerja AC Sentral

Pada unit pendingin atau Chiller yang menganut sistem pemeriksaan uap, komponennya terdiri dari kompresor, kondensor, alat perluasan dan evaporator. Pada Chiller sering kali kondensornya adalah air-cooled condenser. Udara untuk mendinginkan kondensor dialirkan melewati pipa yang kemudian outputnya didinginkan dengan evaporative cooling pada menara pendingin.

Pada komponen evaporator, jika sistemnya tidak langsung pendingin maka fluida yang didinginkan tidak langsung udara tetapi dialirkan melewati sistem pemipaan. Air yang mengalir pada evaporator dialirkan mengarah ke sistem penanganan udara (AHU) mengarah ke koil.

Prinsip kerja secara simpel pada satuan darurat adalah menyedot udara dari ruangan (kembali udara) yang kemudian dibaur dengan udara segar dari lingkungan (udara segar) dengan komposisi yang dapat disesuaikan-ubah sesuai keinginan. Filter yang digunakan adalah filter, fan sentrifugal dan koil. Setelah itu udara yang memiliki suhu yang sama memungkinkan untuk masing-masing ruangan melalui saluran (ducting) yang sudah diatur terlebih dahulu ke tempat yang jauh baik dapat terjangkau.

Baca juga: Sparepart AC York

Aliran udara pada AC Sentral

Skema sistem kerja AC sentral

Beberapa kekurangan dari sistem ini ialah jika satu komponen mengalami kerusakan dan sistem AC sentral tidak hidup maka seluruh ruangan tidak akan menikmati udara sejuk. Selain itu jika temperatur udara terlampau rendah atau dingin maka pengaturannya harus pada termostat di koil pendingin pada komponen AHU. Dari keterangan diatas, jelas sistem AC Sentral sangat bertolak belakang dengan AC Split baik dari sisi fungsi maupun dari sisi instalasi. Istilah Sistem AC Sentral diperuntukkan guna instalasi AC di satu gedung yang tidak mempunyai pengatur suhu sendiri-sendiri (misalnya per ruang). Semua dikontrol di satu titik dan lantas hawa dinginnya didistribusikan dengan pipa ke ruangan-ruangan. Dengan AC sentral yang dapat dilakukan hanya mengecilkan dan memperbanyak lubang lokasi hawa dingin AC ke ruang kita. Contoh AC sentral ialah di mall, gedung mimbar, gedung perkantoran yang luas atau di dalam bis ber AC.

Write a Reply or Comment