Prinsip Kerja AC Central Chilled Water System

Prinsip Kerja AC Central Chilled Water System

Setelah kita mengetahui sistem kerja AC Central Water Cooled System, ada baiknya kita juga mengetahui prinsip kerja AC Central Chilled Water System.

Apa yang membedakan AC Central Water Cooled System dan Chilled Water System adalah Panas ruangan diserap pada Cooling Coil (FCU/AHU) dan kemudian diserap oleh refrigeran sekunder (dalam hal ini adalah air) yang menyebabkan temperatur air naik. Kemudian air hangat ini dibawa ke Thermal Strorage Water Tank. Di Thermal Water Storage Tank, air hangat bercampur dengan air dingin, kemudian air campuran ini kembali bersirkulasi ke Cooling Coil. Dari Thermal Storage Tank, air campuran juga bersirkulasi ke Shell & Tube Evaporator untuk didinginkan, setelah itu, air yang dingin tersebut kembali bersirkulasi ke Thermal Storage Water Tank untuk bercampur dengan air campuran. Pada Shell & Tube Evaporator, panas dari air campuran ini akan diserap oleh refrigerant primer cair sehingga berubah fasa menjadi uap. Refrigerant uap ini setelah dikompresi di compressor akan bersirkulasi ke Shell & Tube Condenser dimana panas akan dibuang dan menyebabkan refrigerant uap mencair pada tekanan tinggi. Selanjutnya, refrigerant cair bertekanan tinggi ini akan bersirkulasi kembali menuju Shell & Tube Evaporator dengan terlebih dahulu mengalami penurunan tekanan pada Throttling Valve. Panas yang dibuang pada Shell & Tube Condenser akan diserap oleh air sebagai media penukar kalor, dan kemudian bersirkulasi menuju Cooling Tower. Air hangat ini kemudian didinginkan di Cooling Tower dan kemudian kembali bersirkulasi kembali ke Shell & Tube Condenser

Gambar Ilustrasi Sistem Kerja AC Central Chilled Water System

 

Jika Anda membutuhkan pengadaan atau perbaikan Chiller, Cooling Tower, AHU, pump, Water Tower, silakan hubungi kami.

kami menyediakan Cooling Tower dengan berbagai merk seperti LiangHo Cooling Tower, York Water Chiller, Mitsubishi Chiller.

 

Baca juga Sistem Kerja AC Central

Sistem Kerja Water Cooled Chiller dan Pompa Distribusi

admin

Write a Reply or Comment