ac central rumah

AC CENTRAL UNTUK RUMAH TINGGAL

Air conditioner (AC) telah menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi rumah kalangan menengah ke atas di perkotaan, hal ini disebabkan karena suhu di daerah perkotaan sangat menyengat.

AC perumahan yang umumnya kita kenal yaitu ac split, letak kompresornya berada luar disebut sebagai unit outdoor dan unit indoor (wall mounted split) biasa disebut sebagai penghembus udara berada di dalam, untuk menghubungkan  outdoor unit dan indoor unit kita menggunakan pipa dengan sedikit menjebol dinding. 

kalian bisa bayangkan jika kita memiliki 3-4 ruangan yang memerlukan AC untuk menyejukan ruangan tersebut. akan terlalu banyak pipa yang akan kelihatan dan akan terlalu banyak dinding yang akan di jebol. selain itu untuk unit outdoor akan banyak memakan tempat.

berbeda halnya dengan bangunan komersial seperti mall atau perkantoran, mereka menggunakan sistem AC central. AC central yaitu sistem pendinginan ruangan yang dikendalikan dari satu titik atau tempat lalu di distribusikan secara terpusat ke seluruh isi gedung dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan dan isinya dengan menggunakan saluran udara/ducting AC. 

Sekarang di perumahaan sangat lazim menggunakan AC split dengan sistem 1 kompresor untuk 1 wall mounted split di dalam ruangan. Jika ingin menggunakan 3 AC dalam 1 rumah , maka akan ada 3 kompresor (unit outdoor) . Dampak dari hal ini selain tidak sedap untuk dipandang juga memakan banyak tempat.

ac split

karena masalah tersebut muncullah sebuah inovasi sistem AC central pada perumahaan. Jadi lebih praktis, dapat mempercantik design interior rumah anda, pendinginan yang nyaman dari aliran udara yang baik karena menggunakan ceiling duct untuk menghindari udara berhembus langsung ke tubuh manusia dan juga dengan static pressure yang lebih tinggi dibandingkan dengan unit wall mounted, pendinginan dapat dilakukan dengan lebih nyaman dan merata.

Jadi Sirkulasi udara dan aliran udara yang lebih baik dapat menjangkau ruangan hingga setiap sudut dengan menggunakan AC tipe duct dengan return dibawah unit.

ac central duct split

dari sisi tempat sudah pasti lebih sedikit, maintainance lebih gampang, dan untuk pendinginannya jauh lebih baik. Jadinya bukan hanya lebih praktis, secara desain juga lebih bagus, peletakan outdoor makin terbatas dan selain itu sistem AC tersebut juga cocok untuk perumahan. Pilihan paling pas AC central rumah, jadi bagus baik secara estetika maupun fungsinya.

AC Central rumah menggunakan sistem refrigerant

Untuk sistem refrigerant, unit AC Central rumah dikenal dengan Split Duct. cara kerjanya mirip dengan sistem ducting/pipa, dan setiap keluaran udaranya memakai diffuser. Dan untuk mengatur besar kecilnya udara yang keluar memakai element khusus yaitu damper.

duct split

AC Central sistem refrigerant banyak dipakai oleh client Kontraktor HVAC karena distribusi dinginnya merata pada setiap ruangan. Komponen yang dipakai juga tidak terlalu banyak hanya menggunakan unit indoor, condensing unit/outdoor AC dan ducting AC atau saluran AC.

Kalau kita bandingkan dengan jenis AC lainnya, AC ducting memiliki banyak kelebihan. Beberapa di antaranya adalah

Minimalis suara bising
Saat sedang menyala, ac jenis ducting tidak menimbulkan suara berising layaknya ac jenis lainnya. Komponen ac central rumah jalannya sangat halus bahkan ketika terjadi masalah atau trouble tidak menimbulkan suara bising 

Ruangan terlihat lebih rapi
Untuk AC central rumah instalasinya tidak terlihat, ruangan yang dipasang pending jenis ac ducting akan terlihat jauh lebih rapi, baik dari sisi kabel maupun pipa. Dalam pemasangan penyejuk ruangan instalasi akan dilakukan di dalam maupun di luar ruangan, meskipun begitu AC central rumah terlihat lebih rapi.

Instalasi indoor tidak terlihat
Kelebihan AC split duct yang selanjutnya adalah instalasi dalam ruangan atau indoor yang tidak terlihat. Kabel-kabel yang diperlukan dalam proses instalasi ac ducting dibungkus dalam pipa yang tersusun rapi. Tipe ac ini juga tidak membutuhkan banyak komponen atau kabel instalasi sehingga terlihat lebih sederhana.

Demikian penjelasan panjang tentang AC Central rumah atau AC Central Daikin. Sistem dan unit yang digunakan kini memang banyak mengalami perubahan. Oleh karenanya, pengetahuan akan kebutuhan sangat dibutuhkan sebelum pengambilan keputusan. Dengan adanya uraian ini semoga bisa membantu beberapa dari kalian yang berencana menginstall sistem pendingin AC Central rumah. Jika ada kebutuhan atau perbaikan, silakan hubungi nomor di bawah dan tim Kontraktor HVAC siap membantu.

 

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment