Pass Box

Mengenal Pass Box : Box yang Seharusnya Ada di Cleanroom

Seiring perkembangannya, pass box hadir dengan beberapa ukuran dan fitur yang berbeda-beda. Karenanya, pemasangan produk yang tepat adalah yang terpenting.

Haloo. Terima kasih telah mengunjungi web Kontraktorhvac.com. Salam kenal dari kami, Kontraktor HVAC. Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam industri AC, suku cadang AC, teknisi AC, teknisi listrik, teknisi mekanik, suku cadang mesin, split ducted, AC split, ducting, system dvms elektrical serta instalasi AC central. Download di sini untuk mengetahui kami lebih lanjut.

Di ulasan sebelumnya, dibahas sejarah, standar kerja, dan alat pendukung untuk sebuah cleanroom. Di bagian alat pendukung tersebut, terdapat pass box yang disebut sebagai penyaring udara bagi seseorang yang hendak memasuki cleanroom untuk menghilangkan debu dan partikulat udara serta menghilangkan kontaminan yang dihasilkan secara internal.

Lebih dari itu, box ini merupakan salah satu jenis fasilitas, yang terletak di dinding partisi kamar yang bersih.

Fungsinya akan menjadi daerah penyangga untuk memindahkan barang  dari dalam ke luar kamar yang bersih sehingga, dapat mencegah gangguan aliran udara dan tekanan udara dalam ruangan yang bersih, yang disebabkan oleh pembukaan pintu untuk proses pemindahan tersebut.

Box dipasang di dinding antara dua kamar untuk meminimalkan kontaminasi selama pemindahan barang.

Seiring perkembangannya, box ini hadir dengan beberapa ukuran dan fitur yang berbeda-beda. Karenanya, pemasangan produk yang tepat adalah yang terpenting. Sebagai pertimbangan dalam memilih box untuk cleanroom, berikut 10 hal yang perlu diketahui.

  1. Pass box statis, semi aktif, dan aktif

Pada dasarnya, pass box tersedia dalam 3 jenis yaitu pass box statis, semi aktif dan aktif. Perbedaan utamanya adalah penyaringan ventilasi dan kontaminasi. Pass box semi aktif disarankan ketika membuat cleanroom baru.

Pass box jenis ini menawarkan fleksibilitas. Pass box jenis ini terdapat antara cleanroom dan lingkungan yang tidak tervalidasi tingkat sterilnya dengan hepa filter. Hepa filter inilah yang menghilangkan 99,97% kontaminasi dan membantu cleanroom mencapai sertifikasi cleanroom yang lebih tinggi.

Untuk cleanroom yang sudah ada, pass box aktif bisa menjadi pilihan sebab memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk penanganan udara yang kompleks.

Sedangkan pass box statis, sangat ideal untuk ventilasi yang tidak diperlukan dalam pass box. Misalnya, digunakan antara 2 cleanrom. Pass box statis juga cocok digunakan untuk memindahkan produk yang tidak sensitive dan slow moving.

  1. Mudah Dibersihkan

Memilih box untuk cleanroom dengan permukaan yang rata jauh lebih mudah dibersihkan karena hanya ada permukaan yang rata tersebut untuk dibersihkan. Sehingga akan menghemat waktu dan menjadikannya lebih mudah untuk dirawat.

Bahan penutupnya juga harus dipertimbangkan karena tidak boleh bereaksi dengan bahan kimia apapun yang ada di dalam produk pembersih.

Konsultan Sistem AC/Tata Udara Rumah Sakit

Apa masalah utama sistem tata udara di rumah sakit?

Bagaimana membangun sistem tata udara di rumah sakit dan berapa biayanya ?

Konsultasikan permasalahan sistem AC/Tata Udara rumah sakit anda kepada kami. Klik tombol di bawah ini dan dapatkan informasi penting untuk Anda, pengelola rumah sakit atau kontraktor/arsitek pemegang proyek rumah sakit

  1. Mudah Diintegrasikan

System box yang independent sesuai dengan system dinding manapun. Rangkaian box kontraktor HVAC bekerja dengan struktur apapun, termasuk panel sandwich dan papan gypsum.

  1. Advanced Air Tightness

Penutupan yang tepat sangat penting saat memindahkan material ke cleanroom. System profil aluminium dapat menjamin advanced air tightness yang sempurna untuk cleanroom. Pass box Kontraktor HVAC pun dilengkapi dengan gasket EPDM premium.

  1. Interlocking

Interlocking adalah fitur keamanan penting dari box pelengkap cleanroom ini. System yang memastikan bahwa hanya satu pintu terbuka pada suatu waktu dengan menggunakan pin. 

Lampu indicator yang ditunjuk memberi sinyal ketika pintu di ujung lainnya dapat dibuka. Ada juga opsi lain untuk pin interlock elektronik untuk sluice system dengan tombol darurat untuk keamanan yang lebih baik

  1. Heavy Duty Body

Ketika serius berinvestasi, durability adalah kunci penting. Box dengan ketebalan 50 mm, panel aluminium tahan terhadap tekukan dan memastikan kinerja tahan lama. Menemukan bahan yang bisa tahan dari tantangan lingkungan industry adalah hal yang rumit. Namun baja stainless AISI 304L benar-benar tahan terhadap tantangan itu dan tidak reaktif terhadap bahan kimia

  1. Desain Industry Terkemuka

Pintu aluminium anodized tahan lama dan mudah dirawat. Kontraktor HVAC menciptakan pula desain untuk untuk pass box yang proses pembersihan dan penggunaanya sangat nyaman. Box cleanroom yang ringan dan rata di dinding menjadikannya bisa mengakumulasi dan menghindari debu.

Tentu membuat box menjadi sangat fungsional dan estetis.

  1. Menjaga Tekanan Udara

Drainase tekanan udara untuk mencegah tekanan berlebih akan membantu menjaga tekanan udara tetap terkendali dan memaksimalkan keselamatan

  1. Sinar UV

Sinar UV kuman dan antibakteri dapat dipasang ke dalam box untuk meningkatkan perlindungan. Radiasi ultraviolet gelombang pendek dapat menghancurkan pathogen DNA

  1. Pengiriman dan Dukungan

Setelah keputusan tentang jenis pass box diperlukan, kini saatnya untuk memilih supplier. Baik itu perusahan besar atau kecil, sebaiknya melihat pelayanan yang ditawarkan. Pastikan semua aksesori dan komponen yang diperlukan dapat dipesan dan dikirim jika ada masalah di kemudian hari.

Ini akan mencegah keharusan mengganti box atau keseluruhan pass-through dengan biaya yang jauh lebih tinggi. Periksa juga perkiraan waktu return dari pesanan hingga pengiriman.

Konsultan Sistem AC/Tata Udara Rumah Sakit

Apa masalah utama sistem tata udara di rumah sakit?


Bagaimana membangun sistem tata udara di rumah sakit dan berapa biayanya ?


Konsultasikan permasalahan sistem AC/Tata Udara rumah sakit anda kepada kami. Klik tombol di bawah ini dan dapatkan informasi penting untuk Anda, pengelola rumah sakit atau kontraktor/arsitek pemegang proyek rumah sakit

1 comment

  1. Awesome post! Keep up the great work! 🙂

    Reply

Write a Reply or Comment