cleanroom

Cleanroom Hanya Ada di Rumah Sakit Saja? Ah, Kata Siapa?

KontraktorHVAC. Mungkin kita tidak asing dengan istilah cleanroom. Sebuah lingkungan yang segala sesuatunya harus dikondisikan untuk memperoleh tujuan tertentu. Tapi sekarang beredar isu bahwa ruangan streril ini hanya diperlukan untuk ruang operasi saja. Benarkah demikian?

Anggapan itu mungkin saja benar sebab saat perancangannya, seorang fisikawan Amerika bernama Willis Whitfield merasa bermasalah dengan partikel dan aliran udara yang tidak dapat diprediksi. Ia kemudian merancang sebuah ruang steril dengan aliran udara yang konstan dan disaring untuk membersihkan kotoran.

Cleanroom rumah sakit
Cleanroom

Namun dalam pengaplikasiannya, cleanroom yang merupakan lingkup kerja atau lingkungan juga bisa diterapkan di industri manufaktur, termasuk produk farmasi atau penelitian ilmiah, serta aplikasi teknik semi konduktor kedirgantaraan, dengan tingkat polusi lingkungan yang rendah seperti debu, mikroba udara, partikel aerosol, dan uap kimia.

Dalam penerapannya, cleanroom menjaga partikular bebas udara melalui penggunaan filter HEPA atau ULPA yang menggunakan prinsip aliran udara laminar atau turbulen.

Laminar, atau searah, sistem aliran udara langsung menyaring udara ke bawah atau ke arah horisontal dalam aliran konstan ke arah filter yang terletak di dinding dekat lantai ruang bersih atau melalui panel lantai berlubang yang akan diresirkulasi.

Sistem aliran udara laminar biasanya digunakan di 80% langit-langit ruang steril untuk mempertahankan pemrosesan udara secara konstan.

Bahan baja tahan karat atau bahan penumpahan lainnya digunakan untuk membangun saringan aliran laminar dan kerudung untuk mencegah partikel berlebih masuk ke udara.

Udara yang hembusannya kencang, berusaha menjebak partikel yang mungkin ada di udara dan mengarahkannya ke lantai, di mana dimasukkan filter dan untuk lingkungan ruang yang steril.

Konsultan Sistem AC / Tata Udara Rumah Sakit

Apa masalah utama sistem tata udara di rumah sakit?


Bagaimana membangun sistem tata udara di rumah sakit dan berapa biayanya ?


Konsultasikan permasalahan sistem AC/Tata Udara rumah sakit anda kepada kami. Klik tombol di bawah ini dan dapatkan informasi penting untuk Anda, pengelola rumah sakit atau kontraktor/arsitek pemegang proyek rumah sakit

Bagaimana Standar Kerja di Dalam Cleanroom?

Sebagai lingkungan yang segala sesuatunya telah dikondisikan, tentu ada standar yang diterapkan untuk bekerja dalam sebuah cleanroom. Petugas harus masuk dan keluar melalui airlock (bahkan lebih disarankan melalui air shower), dan mengenakan pakaian pelindung seperti kerudung, masker wajah, sarung tangan, juga sepatu bot.  

Peralatan di dalam Cleanroom juga dirancang untuk menghasilkan kontaminasi udara minimal. Hanya pel dan lap khusus yang  boleh digunakan dalam ruang steril. Furnitur Cleanroom turut dirancang untuk menghasilkan minimal partikel dan mudah untuk dibersihkan.

Karena cleanroom harus steril, bahan umum seperti kertas, pensil, dan kain yang terbuat dari serat alami sering dikecualikan untuk digunakan di dalamnya. Cleanroom yang baik adalah yang bebas dari mikroba yang tidak terkontrol, yaitu hanya partikel udara yang dikendalikan.

Tingkat partikel biasanya diuji dengan menggunakan penghitung partikel dan mikroorganisme yang terdeteksi dan dihitung melalui metode pemantauan lingkungan.

Untuk cleanroom tingkat rendah, hanya memerlukan sepatu khusus, dengan sol yang benar-benar halus yang tidak dilacak debu atau kotoran.

Namun, untuk alasan keamanan, sol sepatu sebaiknya tidak menimbulkan bahaya tergelincir. Akses ke cleanroom juga terbatas untuk mereka yang mengenakan setelan jas bersih

Beberapa Alat Pendukung di Cleanroom

  • Automatic Door

Image result for automatic door hospuital

Adalah pintu kedap udara sebagai pengunci udara di dalam cleanroom agar tidak terkontaminasi udara luar ruangan. Automatic door terdiri dari beberapa jenis: automatic swing door, automatic sliding door, dan automatic vertical door

  • Pass Box

Pass Box

Digunakan sebagai penyaring udara bagi seseorang yang hendak memasuki cleanroom untuk menghilangkan debu dan partikulat udara serta menghilangkan kontaminan yang dihasilkan secara internal

  • Scrub Station

Image result for Scrub Station

Scrub Station berguna sebagai media pembersih operator berupa air yang telah di treatment khusus sehingga menghasilkan air yang jernih dan bebas dari PH berlebih.

Apakah Anda seorang pengelola Rumah Sakit yang sedang mencari solusi sistem ac rumah sakit ? 

  • Filter

Filter berfungsi untuk menyaring udara di lingkungan sekitar agar bersih dan siap untuk disalurkan ke area lingkup yang bersih.

Dalam system HVAC, udara sebelumnya disaring melalui prefilter kemudian melewati medium filter, baru kemudian disaring melalui Hepa Filter.

Penyaringan udara dilakukan secara bertahap agar efektif, yang bila langsung disaring dengan Hepa filter, maka si Hepa akan cepat ngeblok dan rusak.

Demikian penjelasan tentang cleanroom, yang diharapkan tidak ada lagi kesalahpahaman di antara kita. Ohya, sekadar informasi, Kontraktor HVAC juga menyediakan perlengkapan kebutuhan untuk cleanroom. Jika ada pembelian atau bahkan inquiry project, bisa menghubungi nomer di bawah ini yaa.

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Konsultan Sistem AC / Tata Udara Rumah Sakit

Apa masalah utama sistem tata udara di rumah sakit?


Bagaimana membangun sistem tata udara di rumah sakit dan berapa biayanya ?


Konsultasikan permasalahan sistem AC / Tata Udara rumah sakit anda kepada kami. Klik tombol di bawah ini dan dapatkan informasi penting untuk Anda, pengelola rumah sakit atau kontraktor/arsitek pemegang proyek rumah sakit

2 comments

  1. […] ulasan sebelumnya, dibahas sejarah, standar kerja, dan alat pendukung untuk sebuah cleanroom. Di bagian alat pendukung tersebut, terdapat pass box yang disebut sebagai penyaring udara bagi […]

    Reply
  2. […] ulasan sebelumnya, dibahas sejarah, standar kerja, dan alat pendukung untuk sebuah cleanroom. Di bagian alat pendukung tersebut, terdapat pass box yang disebut sebagai penyaring udara bagi […]

    Reply

Write a Reply or Comment