Pembagian Zona pada Sarana Ruang Operasi Rumah Sakit

Membaca kata zone, saya teringat pada zona yang juga terdapat pada sarana ruang operasi rumah sakit yang baru saya baca. Niatnya, hasil bacaan tersebut akan saya rangkum dan bagikan. Namun niat itu jadi sebatas wacana karena terdistraksi beberapa agenda. Saya jadi ngerasa punya hutang.

Standar kamar operasi menurut kemenkes
Standar kamar operasi menurut kemenkes

Beberapa hari lalu, saya iseng scrolling Instagram hingga menemukan sebuah postingan dari seorang teman. Dalam postingan tersebut terdapat komentar dari orang yang saya tau adalah kekasih teman saya. Komentarnya menyayangkan sang kekasih yang dalam postingannya tidak menandainya. “Ga kau tag ya aku. Tukang foto zone kali bah” komentarnya.

Membaca kata zone, saya teringat pada zona yang juga terdapat pada sarana ruang operasi rumah sakit yang baru saya baca. Niatnya, hasil bacaan tersebut akan saya rangkum dan bagikan. Namun niat itu jadi sebatas wacana karena terdistraksi beberapa agenda. Saya jadi ngerasa punya hutang. Tapi wacana itu berakhir karena saat ini rangkumannya sedang saya kerjakan dan sebentar lagi selesai. Yeay!!

Jadi, pembagian zona pada sarana ruang operasi rumah sakit menurut Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit, Ruang Operasi Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan Kementerian Kesehatan RI adalah sebagai berikut.

Ruangan-ruangan pada bangunan Ruang Operasi Rumah Sakit dibagi ke dalam 5 (lima) zona:

1 =  Zona Tingkat Resiko Rendah (Normal)

2 =  Zona Tingkat Resiko Sedang (Normal dengan Pre Filter)

3 =  Zona Resiko Tinggi (Semi Steril dengan Medium Filter)

4 =  Zona Resiko Sangat Tinggi (Steril dengan prefilter, medium filter dan hepa filter, Tekanan Positif) 5 =  Area Nuklei Steril (Meja Operasi)

  • Zona Tingkat Resiko Rendah (Normal)

 Zona ini terdiri dari area resepsionis (ruang administrasi dan pendaftaran), ruang tunggu keluarga pasien, janitor dan ruang utilitas kotor.   Zone ini mempunyai jumlah partikel debu per m3 > 3.520.000 partikel dengan diameter 0,5 μm (ISO 8 – ISO 14644-1 cleanroom standards Tahun 1999)

  • Zona Tingkat Resiko Sedang (Normal dengan Pre Filter)

Zona ini terdiri dari ruang istirahat dokter dan perawat, ruang plester, pantri petugas, ruang tunggu pasien (holding), ruang transfer dan ruang loker (ruang ganti pakaian dokter dan perawat) merupakan area transisi antara zona 1 dengan zone 2.   Zone ini mempunyai jumlah maksimal partikel debu per m3 3.520.000 partikel dengan dia. 0,5 μm (ISO 8 – ISO 14644-1 cleanroom standards Tahun 1999)

  • Zona Tingkat Resiko Tinggi (Semi Steril dengan Medium Filter)

Zona ini meliputi kompleks ruang operasi, yang terdiri dari ruang persiapan (preparation), peralatan/instrument steril, ruang induksi, area scrub up, ruang pemulihan (recovery), ruang linen, ruang pelaporan bedah, ruang penyimpanan perlengkapan bedah, ruang penyimpanan peralatan anastesi, implant orthopedi dan emergensi serta koridor-koridor di dalam kompleks ruang operasi.  Zona ini mempunyai jumlah maksimal partikel debu per m3 adalah 352.000 partikel dengan dia. 0,5 μm (ISO 8 – ISO 14644-1 cleanroom standards Tahun 1999)

  • Zona 4 Tingkat Resiko Sangat Tinggi (Steril dengan Pre Filter, Medium Filter, Hepa Filter)

Zona ini adalah ruang operasi, dengan tekanan udara positif. Zone ini mempunyai jumlah maksimal partikel debu per m3 adalah 35.200 partikel dengan dia. 0,5 μm (ISO 7 – ISO 14644-1 cleanroom standards Tahun 1999).

  • Area Nuklei Steril Area ini terletak dibawah area aliran udara kebawah (;laminair air flow) dimana bedah dilakukan.

Area ini mempunyai jumlah maksimal partikel debu per m3 adalah 3.520 partikel dengan dia. 0,5 μm (ISO 5 s/d ISO 6 – ISO 14644-1 cleanroom standards Tahun 1999).

 

Okedeh. Demikian zona yang selesai saya rangkum kan. Semoga bermanfaat dan segera PO instalasi system HVAC untuk standar kamar operasi menurut kemenkes ke sini. 

Dan semoga tidak ada zona di antara kita.

2 comments

  1. […] Ruang operasi rumah sakit dapat diklasifikasikan sebagai cleanrooms, tetapi Fungsi utama mereka adalah untuk membatasi jenis tertentu kontaminasi daripada kuantitas partikel berada. Cleanrooms digunakan dalam isolasi pasien dan operasi di mana risiko infeksi ada. […]

    Reply
  2. […] tujuan tertentu. Tapi sekarang beredar isu bahwa ruangan streril ini hanya diperlukan untuk ruang operasi saja. Benarkah […]

    Reply

Write a Reply or Comment