AC Berisik : Penyebab dan Cara Mengatasinya

AC Berisik : Penyebab dan Cara Mengatasinya

AC Berisik - Ngga berasa, kita sudah sama-sama memasuki tahun kedua pandemic. Sebagian orang mungkin sudah bisa beradaptasi dengan social distancing, work ataupun study from home. Namun bagi sebagian orang lagi masih terus berjuang untuk setidaknya berdamai dengan pandemic activity ini. 

Social Distancing Virus Corona Bisa Sampai Tahun 2022?

Selama social distancing, work ataupun study from home, tentu banyak “uring-uringan” alias keluhan yang menyertai. Apa saja bisa jadi bahan keluhan. Kalau ngga dari aktivitasnya yang itu-itu saja, keluhan juga bisa datang dari hal-hal kecil seperti ngga ditemukannya barang yang kita butuhkan, lupa isi token listrik sampe mati listrik, dan AC yang berisik.

Untuk urusan yang terkahir, Kontraktor HVAC bisa memberi solusi. Di luar itu, mohon maaf, semoga bisa menemukan solusinya di tempat lain yaaa..

Baca Juga : 10 Cara Menghemat Listrik AC Hingga Dua Kali Lipat | Nggak Boros Lagi!

Meski terdengar sepele, kebisingan AC bisa jadi salah satu keluhan yang dialami banyak orang. Suara aneh yang dikeluarkannya, ngga hanya bikin suasana jadi berisik. Tapi juga buat kita jadi susah untuk konsentrasi, sampe susah untuk istirahat.

Oleh karenanya, untuk mengurangi kesulitan-kesulitan itu, Kontraktor HVAC hadir. Apa sebenarnya penyebab AC berisik dan gimana cara mengatasinya?

Why Is My Central Heating Noisy? | BestHeating Advice Centre

Setiap unit AC biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi peredam suara untuk menjaga tingkat kebisingan, agar tetap berada di bawah 55 desibel. Namun meskipun begitu, masih ada beberapa unit yang bisingnya di atas 55 desibel.

Baca Juga : 7 Point Penting Mengapa Memilih AC Central

Sejak pertama kali membeli dan menginstal, kita mulai membiasakan diri dengan suara yang dihasilkan dari unit pendingin ini. Namun ketika suatu saat kita mendengar suara yang ngga biasa, hal pertama yang terjadi tetaplah panic.

Ya, ngga? Kita kemudian buru-buru mematikan unit nya, berharap saat dinyalain ulang, suaranya bakal ilang, tanpa ada tindak lanjutannya.

Tapi sebaiknya, suara berisik pada AC ngga diabaikan. Terlebih jika suaranya terdengar sangat berisik. Ngga hanya karena suaranya itu ganggu, Kita juga harus pertimbangkan kemungkinan kerusakan yang lebih parah jika unit tersebut dinyalain dan dipaksa untuk bekerja.

Tanpa memeriksa kondensor, seringkali kita ngga bisa tau pasti apa penyebab AC-nya berisik. Terlebih, kalo kita bukanlah ahlinya. Tapi tenang, ada beberapa suara-suara yang biasa terdengar dari unit AC, yang bisa diidentifikasi untuk jadi referensi awal, bagian mana yang kira-kira bermasalah.

Baca Juga : Peranan Green building Dalam Pembangunan

Ada 4 masalah paling umum yang ditemukan kalo AC kita berisik:

1.      Suara AC bercuit (mencicit) atau menggeret

2.      Suara seperti benda yang saling terbentur

3.      Suara bersuit, dan

4.      Suara berdengung

Penyebab AC bersuara mencicit atau berdecit

Suara ini biasa didengar ketika AC dinyalain, terus terdengar suara mencicit yang melengking keras yang kira-kira suaranya berasal dari logam. Biasanya suara ini ngga akan berhenti sampai AC dimatikan.

Penyebab AC berisik yang satu ini bisa diakibatkan karena bantalan motor kipas yang sudah mulai rusak sehingga perlu diganti dengan motor kipas AC baru.

Suara seperti benda yang saling terbentur

Kalo denger suara kayak gini, ada dua nih penyebabnya. Yang pertama karena kerusakan pegas pendukung pompa refrigerant dan yang kedua bisa aja karena masalah pada kipas kompresor.

Kalo kita denger suara ini dari unit outdoor saat dimatikan atau ketika sedang nyala, hal itu bisa karena pegas kompresor internalnya sudah mulai kehilangan kemampuannya.

Dalam kompresor AC yang bagian memompa refrigerant, terdapat pompa yang dipasang pada pegas pendukung. Apabila pegas ini rusak, pompa otomatis tidak tersangga.

Pada saat pompa tersebut beroperasi, suara berisiknya biasanya tidak terdengar. Namun saat AC dimatikan atau dihidupkan, pompanya akan goyah dan membentur casing kompresor. Kondisi inilah yang menghasilkan suara benturan.

Jika benturanitu kedengeran ketika AC sedang dinyalain, mungkin masalahnya bisa ada pada fan. Bagian-bagian pada fan kondensornya mungkin ada yang terlepas dan berbenturan dengan bagian dinding unit outdoor.

Penyebab AC mengeluarkan suara seperti bersiul

Kalo kita denger suara AC seperti mengeluarkan suara siulan bernada tinggi selama 10-15 menit setelah AC pertama kali dinyalain, Penyebabnya biasanya karena kompresor mengalami tekanan refrigerant yang terlalu tinggi. Tanda-tanda lain yang biasanya menyertai suara siulan dari AC adalah AC akan jadi lebih sering mati lalu hidup kembali.

Tapi jangan khawatir. Beberapa unit AC memiliki sensor yang dapat mematikan sistem jika mendeteksi tingkat tekanan internal yang terlalu tinggi. Sensor tersebut akan mematikan dan menghidupkan AC jika tekanan refrigerant nya terlalu tinggi.

 

Penyebab suara AC berdengung

Suara dengung pada AC biasanya terdengar konstan pada kondensor, baik itu ketika unit sedang bekerja ataupun tidak. Penyebabnya bisa karena masalah kelistrikan pada sistem, atau bisa juga disebabkan karena faktor lainnya seperti:

·         Motor kipas tidak bekerja. Apabila kipas outdoor tidak berputar saat blower sedang beroperasi, akan mendengar bunyi berdengung di bagian kondensor

·         Kerusakan pada thermostat atau contactor relay switch. Contactor relay switch adalah saklar bertegangan rendah yang ada di bagian dalam kondensor. Saklar ini dikendalikan oleh thermostat. Jika saklar atau thermostat rusak, AC akan mengeluarkan suara dengungan

·         Sambungan listrik antar bagian ada yang putus. Sambungan listrik yang kendor atau putus bisa menyebabkan busur listrik (electrical arcing) yang membuat AC jadi berdengung

Penyebab AC berisik lainnya

Selain beberapa penyebab di atas, ada juga AC berisik karena beberapa hal berikut ini

7 Penyebab AC Electrolux Berisik dan Cara Mengatasinya | BukaReview

Baut yang longgar

Jika baut longgar, otomatis unit AC akan bergetar saat beroperasi. Masalah AC yang satu ini bisa dengan mudah diatasi dengan mengencangkan baut yang longgar tadi.

Sabuk atau belt AC longgar

Kelonggaran tidak hanya bisa terjadi pada baut saja, belt atau sabuk AC juga bisa mengalami kelonggaran jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Suara berisik yang keluar akibat belt AC yang longgar bisa diatasi dengan menggantinya dengan yang baru.

ac-miring tidak rata

Penempatan AC yang tidak rata

Unit outdoor maupun unit indoor harus ditempatkan di tempat yang rata agar bisa bekerja secara maksimal. Khusus untuk unit outdoor, selain di tempel di tembok, unit ini biasanya juga akan di dudukan atau didukung dengan menggunakan bracket.

Apabila AC dipasang pada bracket atau tembok yang ngga rata, hal itu bisa menyebabkan AC jadi berisik setiap kali hidup. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu memindahkan unit ke tempat yang rata atau meratakan bracket agar mesin dapat bekerja secara normal.

Itulah beberapa penyebab AC berisik dan cara mengatasinya. Kalo kita merasa kesulitan untuk mengidentifikasi sumber suara, jangan ragu untuk memanggil tim Kontraktor HVAC yang akan membantu menemukan penyebab masalah dan mengatasinya.

Belum ada prediksi kapan pandemic ini selesai. Tapi kalau kita semua koorporatif untuk disiplin dalam menjalankan protocol kesehatan, bukan mustahil kondisi ini segeral berlalu. Tetap jaga kesehatan ya..

KONSULTASIKAN PROJEK ANDA KEPADA KAMI

Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami dipercaya menyelesaikan berbagai projek tata udara  dalam hal Instalasi (Heating, Ventilating, & Air Conditioning) & Pengadaan 

Diantara nya : Rumah Sakit, Apartemen, Industri, Pemerintahan, Rumah Ibadah, Perumahan.

Isi form di bawah ini untuk  mendapatkan pelayanan terbaik dari kami

Write a Reply or Comment